redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Jurusan Teknik Baru di Universitas Airlangga

Mulai tahun akademik 2020/2021, Unair membuka Fakultas Teknik dengan lima jurusan baru.

Jurusan Teknik Baru di Universitas Airlangga, image credit Tri Vevandi

Yakin, Sobat Pintar sudah tahu akan memilih jurusan atau prodi apa saat kuliah nanti? Atau justru merasa yakin tak ada satupun jurusan atau prodi yang dirasa mampu memenuhi ekspektasimu? Ah, mungkin satu dari lima jurusan atau prodi baru di Universitas Airlangga ini adalah jawaban dari harapanmu selama ini.

 

1. Teknik Industri

Sudah banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini, tapi Unair baru akan membukanya pada tahun akademik 2020/2021 nanti. Teknik Industri sendiri merupakan optimalisasi proses dan sistem industri. Dalam bidang ilmu ini kita belajar bagaimana peran organisasi dan manusia dalam mengoptimalkan produktivitas dan efisiensi industri.

Lantas, apa yang membuat Teknik Industri Unair berbeda dari jurusan yang sama pada perguruan tinggi yang lain? Teknik Industri Unair diproyeksikan akan menjadi Teknik Industri yang advanced, yang mampu bersaing pada tingkat nasional dan internasional.

 

2. Teknik Elektro

Sobat Pintar memiliki minat pada ilmu kelistrikan? Nah, Unair membuka Jurusan atau Program Studi Teknik Elektro mulai tahun 2020. Jika Sobat suka belajar tentang konsep, proses perancangan, pengembangan, dan pembuatan alat-alat listrik dan elektronik, Teknik Elektro akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar.

Selain mempelajari tentang kelistrikan, mahasiswa Teknik Elektro belajar tentang elektromagnet dan elektronika serta bagaimana menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya Sobat yang lelaki memiliki minat pada ilmu kelistrikan seperti ini. Dan memang, Unair ingin mendongkrak jumlah mahasiswa lelaki di kampusnya – salah satunya melalui jurusan ini.

 

3. Rekayasa Nanoteknologi

Teknologi nano adalah iptek yang mengontrol zat, material, dan sistem pada skala nanometer. Satu nanometer sama dengan satu per satu miliarmeter – 50.000 kali lebih kecil daripada ukuran rambut kita!

Teknologi nano memungkinkan kita untuk membuat suatu zat dalam ukuran yang sangat kecil sehingga sifat dan fungsinya dapat dimanipulasi sesuai kebutuhan kita. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan teknologi nano, seperti dalam pengobatan kanker, penciptaan sumber tenaga baru, industri tekstil, produksi barang-barang yang jauh lebih kuat, dan lain-lain.

Teknologi nano sudah menjadi bagian dari produk komersial dunia saat ini. Negara-negara maju sudah membutuhkan jutaan pekerja teknologi nano. Sayangnya, kita masih jauh tertinggal dalam penelitian dan penguasaan industri teknologi nano. Padahal, teknologi nano merupakan teknologi masa depan yang cukup menentukan.

Sejauh ini, hanya Unair yang memiliki jurusan atau prodi khusus tentang teknologi nano. Di ITB, teknologi nano dipelajari di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STI)

 

4. Teknik Sains Data

Selain teknologi nano, sains data merupakan salah satu jurusan atau prodi masa depan. Sains data sendiri merupakan bidang multidisipliner yang melibatkan Matematika, Statistika, hingga Teknik Informatika. Oleh karena itu, banyak data engineer, data analyst, maupun profesi-profesi lain dalam ilmu data yang merupakan alumni dari jurusan-jurusan tersebut.

Sains data memang dapat dipelajari sebagai salah satu peminatan pada jurusan-jurusan diatas. Namun sebagai jurusan atau program studi yang berdiri sendiri, sains data baru ada di Unair.

ITS memiliki Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data, tapi fakultas ini terdiri dari Departemen Matematika, Statistika, dan Ilmu Aktuaria. Dalam ilmu data, analisis kuantitatif memang diterapkan pada Matematika, Statistika, dan Aktuaria.

Sementara pada Teknik Informatika, lebih banyak dipelajari tentang arsitektur data dan fungsi database yang mencakup extract, transform, dan load (ETL). Nah, seluruhnya kini dapat kita pelajari di Teknik Sains Data Unair.

 

5. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Are you familiar with Siri, Cortana, or Alexa? Ketiganya merupakan wujud nyata Artificial Intelligence yang dapat kita nikmati hari ini. AI sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di negara-negara maju, tapi kita masih jauh tertinggal. Mengingat banyak yang harus kita kejar, AI menyimpan potensi besar dimasa mendatang.

Unair menggabungkan AI atau kecerdasan buatan dengan robotika kedalam satu jurusan atau program studi. Teknik robotika sendiri memungkinkan kita menciptakan mesin yang dapat bekerja sendiri. Lantas bagaimana bila mesin tersebut dapat belajar dan meningkatkan kemampuannya sendiri? Your imagination is the limit, Sobat!

 

Itulah lima jurusan atau program studi baru di Fakultar Teknik Universitas Airlangga. Kelimanya mulai menerima mahasiswa baru untuk tahun akademik 2020/2021 melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Nah, apakah Sobat sekarang harus menimbang ulang pilihan jurusan kuliah karena hadirnya jurusan-jurusan baru ini?

130

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
UNAIR <3
00
text
00
text
00
text
00
text
00
ext
00
ext
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp