APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Kampus di Bali yang Menyediakan Prodi Bisnis Digital

Sekarang Sobat Pintar bisa kuliah Bisnis Digital di Bali.

Bisnis Digital adalah salah satu jurusan impian banyak calon mahasiswa saat ini. Kalau kamu juga berminat kuliah Bisnis Digital, pertanyaan pentingnya, di manakah kamu ingin kuliah, Sobat Pintar? Khusus buat kalian yang bercita-cita kuliah di Bali, berikut beberapa rekomendasi kampus bisnis digital yang ada di provinsi eksotis ini.

 

1. Politeknik Negeri Bali (PNB)

Sebagai sebuah perguruan tinggi vokasi, Politeknik Negeri Bali (PNB) menerapkan 60%-70% praktik dan 30%-40% teori. Ada beragam pilihan kelas yang ditawarkan oleh PNB, yaitu Kelas Reguler, Internasional, Kerjasama, RPL, dan Spesialisasi. Buat kalian yang pengin mengikuti Kelas Reguler, tersedia pilihan Program D2, D3, dan D4 di bidang teknik dan niaga seperti Manajemen Bisnis Pariwisata, Teknik Otomasi, Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Administrasi Bisnis, Manajemen Bisnis Internasional, dan lain sebagainya.

Bisnis Digital PNB merupakan Program D4 yang mendidik calon-calon business digital entrepreneur, digital marketing specialist, hingga digital office manager. Perkuliahan di salah satu program studi di PNB ini dirancang sedemikian rupa sehingga mahasiswa dapat mengembangkan keahlian terapan dengan pendekatan kreatif di bidang bisnis digital.

 


 

2. Politeknik Internasional Bali (PIB)

Politeknik Internasional Bali (PIB) juga merupakan salah satu kampus Bisnis Digital yang ada di Bali. Tak hanya dikenal dalam industri digital dan kreatif, PIB juga merupakan kampus vokasi di bidang pariwisata. Saat ini PIB menaungi Program D3 Seni Kuliner, D4 Event Management, D4 Manajemen Perhotelan, serta D4 Bisnis Digital yang akan resmi dibuka pada awal tahun 2023.

Bisnis Digital PIB menyiapkan mahasiswanya agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan di bidang marketing management maupun digital business. Beberapa mata kuliah yang dipelajari mahasiswa Bisnis Digital PIB antara lain Digital Literacy, Digital Economy, Cyber Security, Graphic Design, Digital Marketing, Market Analysis, Web Programming, Content Creator, Brand Marketing, Start-Up Design,  dan lain sebagainya.

Dalam kurikulumnya, Bisnis Digital PIB memberi kesempatan kepada mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan internship, sebuah pengalaman belajar yang khusus dimiliki oleh mahasiswa program pendidikan vokasi. Oleh sebab itu, alumni Bisnis Digital PIB memiliki kompetensi dan pengalaman untuk nantinya berkarier sebagai data analyst, marketing analyst, product manager, ataupun menjadi start-up technopreneur.

 

3. Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

ITB STIKOM Bali adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Bali, di bawah naungan Yayasan Widya Dharma Shanti. Dikenal sebagai kampus Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), ITB STIKOM membuka prodi-prodi Informatika dan Komputer seperti Sistem Komputer, Sistem Informasi, dan Teknologi Informasi. Namun tak hanya jurusan-jurusan TIK, ITB STIKOM juga membuka Prodi Bisnis Digital.

Bisnis Digital ITB STIKOM adalah Program Sarjana yang meluluskan calon-calon profesional seperti digital marketing specialist, digital strategist, business analyst, market analyst, maupun product manager. Sejak 2021, Bisnis Digital ITB STIKOM menerapkan kurikulum Outcome-Based Education (OBE) dengan mata kuliah seperti Customer Relationship Management, Digital Marketing, Web Programming, Database, Data Analytic, Digital Startup, dan lain-lain.

 


 

4. Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI)

Dikenal dengan kependekan IPBI, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Bali adalah perguruan tinggi swasta yang dinaungi oleh Yayasan Dharma Widya Ulangun. Sejalan dengan visi misi yayasan, kampus perhotelan di Bali ini fokus pada pendidikan dan pelatihan di bidang manajemen hospitaliti.

IPB Internasional membuka Program D3, D4, dan S1 di bidang manajemen hospitaliti seperti Pariwisata dan Kewirausahaan. Bisnis Digital sendiri merupakan salah satu Program S1 yang dirancang untuk menyiapkan lulusannya agar mampu mengelola usaha pariwisata berbasis teknologi informasi. Beberapa mata kuliah yang dipelajari di Bisnis Digital IPBI antara lain e-Tourism, e-Marketing, e-Business, e-Hospitality, e-Tour Operator, dan lain-lain. Alumni Bisnis Digital IPBI diproyeksikan untuk menjalani berbagai profesi seperti digital sales manager, content creator, digital media developer, digital tourism business planner, dan masih banyak lagi.

 

5. Universitas Bali Internasional (UNBI)

Sebelum menjadi Universitas Bali Internasional, perguruan tinggi swasta di Bali ini dahulunya adalah Institut Kesehatan Medika Persada Bali. Dikenal dengan kependekan UNBI, kampus ini menjalankan kegiatan pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia (AHBI).

Kini sebagai sebuah universitas, UNBI tak hanya fokus pada pendidikan di bidang kesehatan. Namun lebih luas lagi, UNBi juga membuka prodi-prodi seperti Psikologi, Informatika, dan tentu saja, Bisnis Digital. Dalam rangka mempersiapkan para lulusannya untuk berkarier di bidang social media marketing, start up digital, hingga menjadi entrepreneur, UNBI menyusun kurikulum perkuliahan yang mengedepankan penggunaan teknologi digital yang aplikatif, komprehensif, dan integratif. Mata kuliah Bisnis Digital di UNBI antara lain Sistem Informasi, Web Technology, Analisis Bisnis Digital, Supply Chain Management, Digital Business Project, e-Business, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa kampus bisnis digital yang ada di Bali. Dari daftar ini, apakah kamu sudah menemukan kampus impianmu, Sobat Pintar?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog