APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Kampus Swasta di Banjarmasin

Ketahui apa saja kampus-kampus swasta yang ada di Kota Banjarmasin.

kampus swasta di banjarmasin, Photo by Tia on Unsplash

Kampus swasta di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, itu apa saja? Penting banget nih, buat Sobat Pintar yang bakal kuliah di kota ini.

Tau ngga sih, memilih tempat kuliah terbaik itu sama pentingnya dengan memilih jurusan kuliah. Ada berbagai barometer yang bisa kamu gunakan untuk memilih tempat kuliah, salah satunya akreditasi institusi yang menjadi kewenangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Nah, kali ini yuk cari tau lebih banyak tentang lima perguruan tinggi swasta di Banjarmasin berikut, termasuk akreditasi institusinya.

perguruan tinggi swasta di Banjarmasin
Photo by freestocks on Unsplash

1. Universitas Sari Mulia

Universitas Sari Mulia lebih dikenal dengan kependekannya, UNISM. Universitas swasta di Banjarmasin berdiri sebagai hasil penggabungan antara Akademi Kebidanan (AKBID) Sari Mulia Banjarmasin dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Sari Mulia. Sejak berbentuk akademi dan sekolah tinggi hingga menjadi sebuah universitas di Banjarmasin pada tahun 2018, Yayasan Indah Banjarmasin berperan sebagai yayasan yang pengelola.

Lantas apa saja pilihan jurusan kuliah di Universitas Sari Mulia? Salah satu universitas yang ada di Banjarmasin ini membuka Program D3 Kebidanan serta D4 Bidan Pendidik dan Promosi Kesehatan. Untuk Program S1-nya, Sobat Pintar yang ingin kuliah di Banjarmasin dapat memilih Jurusan Akuntansi, Farmasi, Hukum, Kebidanan, Keperawatan, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Sistem Informasi, Teknik Industri, dan Teknologi Informasi. Universitas Sari Mulia saat ini terakreditasi B oleh BAN PT.

universitas yang ada di banjarmasin
Photo by Mateus Campos Felipe on Unsplash

2. Universitas Achmad Yani

Universitas Achmad Yani dikenal dengan kependekan Uvaya. Universitas swasta di Banjarmasin ini didirikan pada tahun 1983 oleh Yayasan Pendidikan Universitas Achmad Yani Kalimantan Selatan. Universitas Achmad Yani memiliki dua lokasi kampus, yakni di Banjarmasin dan Banjarbaru. Meskipun memiliki kampus di Banjarbaru, Universitas Achmad Yani lebih dikenal sebagai universitas di Banjarmasin – bukan universitas di Banjarbaru.

Lantas apa saja pilihan jurusan kuliah, baik di kampus Banjarmasin maupun Banjarbaru? Universitas Achmad Yani membuka Program S1 Administrasi Pendidikan, Agribisnis, Bimbingan dan Konseling, Budidaya Perairan, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Teknik Sipil. Pilihan jurusan yang cukup populer untuk kuliah di Kalimantan nih, Sobat.

kampus yang ada di banjarmasin
Photo by Caleb Hernandez Belmonte on Unsplash

3. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan, atau Stikes Suaka Insan, dikelola oleh Yayasan Suaka Insan Suster-Suster Santo Paulus dari Chartres. Pada awalnya yayasan mendirikan Program Sekolah Penjenang Kesehatan Umum (SPKU), kemudian Pendidikan Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), Pendidikan Kebidanan, hingga Akper. Akhirnya pada tahun 2006, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan resmi berdiri sebagai salah satu kampus di Banjarmasin.

Dari perkembangan institusinya, kamu bisa menebak apa saja pilihan jurusan kuliah yang saat ini dibuka di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan, Sobat Pintar? Perguruan tinggi swasta di Banjarmasin ini menaungi Program D3 Keperawatan serta S1 Fisioterapi dan Ilmu Keperawatan. Kampus Banjarmasin ini sekarang terkreditasi B oleh BAN PT.

kampus tempat kuliah di banjarmasin
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

4. Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin

Akademi Maritim Nusantara (Amnus) Banjarmasin didirikan oleh Yayasan Pendidikan Maritim Indonesia (Yaperindo) pada tahun 1997. PTS di Banjarmasin ini menaungi satu Program D3, yakni Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan. Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin saat ini terakreditasi Baik.

PTS yang ada di Banjarmasin
Photo by Sumeet B on Unsplash

5. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sultan Adam

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sultan Adam, yang lebih dikenal dengan kependekan Stihsa, berdiri pada tahun 1983. Pada awalnya kampus swasta di Banjarmasin ini merupakan kelas paralel Fakultas Hukum Unlam, hingga akhirnya Yayasan Pendidikan Tinggi Sultan Adam (YPTSA) resmi berperan sebagai pengelola.

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sultan Adam saat ini menaungi Program S1 Ilmu Hukum. Jika setelah lulus kuliah nanti kamu ingin lanjut kuliah Banjarmasin di Ilmu Hukum juga, Sobat Pintar enggak perlu pindah kampus, loh. Status akreditasi institusi kampus di Banjarmasin ini sekarang adalah C.

 

Itu dia, lima perguruan tinggi swasta di Banjarmasin yang bisa menjadi referensi pilihanmu untuk kuliah di Banjarmasin, Sobat Pintar. Apakah ada salah satunya yang menjadi incaranmu? Atau, barangkali kamu menggunakan tolok ukur lain buat memilih dan menentukan tempat kuliah terbaik menurut kriteriamu sendiri?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog