APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Kampus Swasta di Sumatera

Sobat Pintar tetap bisa kuliah di kampus-kampus swasta terbaik di Pulau Sumatera.

kampus swasta di Sumatera, Photo by Ibadah Mimpi on Unsplash

Kuliah di Sumatera, khususnya di kampus swasta, pilihannya di mana saja, sih? Ngomongin soal pilihan kampus, seperti kampus swasta di Sumatera, bisa sangat personal, Sobat Pintar. Pilihan kampus yang cocok buat kamu belum tentu cocok pula buat orang lain, dan sebaliknya. Namun ada beberapa perguruan tinggi swasta di Sumatera yang terhitung favorit, nih. Apa saja kampus-kampus tersebut?

perguruan tinggi swasta di Sumatera
Photo by Herlambang Tinasih Gusti on Unsplash

1. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Universitas swasta di Sumatera ini berdiri pada tahun 1957 di bawah persyarikatan Muhammadiyah. Lebih sering disingkat Umsu, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara merupakan satu-satunya PTS di Sumatera yang terakreditasi A saat ini.

Kampus utama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara beralamat di Jl. Kapt. Mukhtar Basri No. 3 Medan, 20238
Sumatera Utara. Untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah di Sumatera pada Program D3, universitas di Sumatera ini menyediakan satu jurusan saja, yaitu Manajemen Pajak.

Berbeda halnya dengan Program S1. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menawarkan banyak pilihan jurusan, antara lain Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Bimbingan dan Konseling, Ekonomi Pembangunan, Hukum, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Kesejahteraan Sosial, Manajemen, Manajemen Bisnis Syariah, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Perbankan Syariah, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknologi Hasil Pertanian, dan Teknologi Informasi. Banyaknya pilihan jurusan ini turut menjadikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sebagai salah satu PTS terbaik Sumatera.

universitas swasta terbaik di medan
Photo by Herlambang Tinasih Gusti on Unsplash

2. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Ingin menjadi guru dan kuliah di salah satu kampus swasta terbaik di Sumatera, Sobat Pintar? Tak perlu khawatir, ada Institut Pendidikan Tapanuli Selatan yang berlokasi di Jl. Sutan Mhd. Arif, Kel Batang Ayumi Jae, Kec. Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Kampus swasta di Sumatera ini merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Al-Iman yang berdiri pada tahun 1982.

Lebih dikenal dengan singkatan IPTS, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan menaungi Program S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, dan Pendidikan Vokasional Informatika. Akreditasi institusi terkini dari perguruan tinggi swasta di Sumatera ini adalah B.

universitas swasta di sumatera barat
Photo by Avel Chuklanov on Unsplash

3. Institut Teknologi Del

PTS di Sumatera ini berdiri pada tahun 2001 dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat pedesaan daan pelosok agar sama-sama dapat menikmati pendidikan yang berkualitas. Lokasi kampus Institut Teknologi Del, atau lebih dikenal dengan IT Del, berada di Jl. Sisingamangaraja, Sitoluama Laguboti, Toba Samosir Sumatera Utara. Institut Teknologi Del hadir sebagai salah satu PTS terbaik Sumatera dengan akreditasi B, sehingga para pelajar, khususnya dari Sumatera, tak lagi harus kuliah ke Jawa.

Kamu juga ingin, atau tetap, kuliah di Sumatera, Sobat Pintar? Institut Teknologi Del menawarkan pilihan Jurusan Teknologi Informasi dan Teknologi Komputer pada Program D3. Pada Program D4, salah satu kampus swasta terbaik di Sumatera ini membuka Jurusan Teknik Informatika dan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak.

Bagaimana dengan pilihan jurusan kuliah pada Program S1? Institut Teknologi Del juga menyelenggarakan perkuliahan untuk Program S1 Informatika, Manajemen Rekayasa, Sistem Informasi, Teknik Bioproses, Teknik Elektro, dan Teknik Manajemen Rekayasa. Pilihan jurusan yang ada di kampus swasta di Sumatera ini incaran banyak calon mahasiswa ngga sih, Sobat?

pts terbaik sumatera
Photo by Herlambang Tinasih Gusti on Unsplash

4. Universitas Medan Area

Dari namanya, kamu tentu sudah menebak kalau Universitas Medan Area adalah salah satu universitas swasta terbaik di Medan. Disingkat UMA, Universitas Medan Area menyelenggarakan kegiatan akademiknya sejak tahun 1981 dengan akreditasi institusi terkininya berstatus B. Saat ini Universitas Medan Area memiliki dua lokasi kampus, yaitu di Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate/Jalan Gedung PBSI, Medan dan Jalan Sei Serayu Nomor 70 A/Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan.

Kedua kampus tersebut menjadi tempat kuliah mahasiswa-mahasiswa dari Program S1 Administrasi Publik, Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Arsitektur, Biologi, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Psikologi, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil. Jika kamu ingin melanjutkan kuliah ke Program S2, salah satu universitas swasta terbaik di Sumatera ini juga menawarkan beragam jurusan, Sobat.

universitas swasta terbaik di sumatera
Photo by Muhammad Haikal Sjukri on Unsplash

5. Universitas Adzkia

Universitas swasta di Sumatera Barat ini semula bernama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Adzkia dan dikelola oleh Yayasan Adzkia Sumatera Barat (YASB). Sejak berdiri pada tahun 1994, yayasan ini mengelola sebuah Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam yang kemudian berkembang menjadi Akademi Kependidikan Islam Adzkia (AKIA). Dari sebuah akademi, institusi pendidikan tinggi ini kemudian berkembang menjadi sekolah tinggi, dan kemudian menjadi Universitas Adzkia seperti sekarang.

Kini Universitas Adzkia berkampus di Jl. Raya Taratak Paneh No.7 Korong Gadang, Kalumbuk, Kec. Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat. Universitas swasta di Sumatera Barat yang terakreditasi B ini membuka Program S1 Informatika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Sistem Informasi, dan Teknik Industri.

 

Itulah lima perguruan tinggi swasta di Sumatera yang bisa menjadi tambahan referensimu untuk kuliah, Sobat Pintar. Jadi, bakal kuliah di Sumatera atau di tempat lain, nih?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog