CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak, Apa Sajakah Itu?

Hak dan kewajiban orang tua terhadap anak yang wajib dipenuhi

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Titel sebagai orang tua tidak hanya sebuah sebutan saja. Menjadi orang tua artinya memiliki serangkaian tanggung jawab yang harus dipenuhi kepada anak-anak yang dilahirkan dan dibesarkannya. Anak yang merupakan titipan dari Tuhan memiliki hak-hak yang harus diberikan mulai dari bayi hingga dewasa nanti. 

Nah, supaya Ayah Bunda dapat memberikan hak-hak anak dengan baik, maka perlu diketahui apa saja sih kewajiban orang tua kepada anaknya. Jangan sampai kita menyia-nyiakan anugerah dari Allah yang dihadirkan dalam kehidupan kita, ya!

Apa saja hak anak yang wajib dipenuhi oleh orang tua? Berikut ini adalah 5 kewajiban orang tua terhadap anaknya yang perlu diketahui oleh Ayah dan Bunda:

1. Memberikan Nama yang Baik


Foto oleh Heiner dari Pexels

Jasa terbesar ibu dan Ayah tidak cukup hanya dengan melahirkan anak ke dunia saja. Ayah dan Bunda, hal pertama yang harus dilakukan untuk memenuhi kewajiban sebagai orang tua terhadap anak memberikan nama yang baik. Nama seorang anak akan melekat kepadanya hingga ia dewasa nanti. Nama adalah identitas seseorang. Sehingga Ayah dan Bunda wajib memberikan nama yang baik, yang dapat menjadi kebanggaan anak tersebut. Jangan sampai nama yang kita berikan justru menjadi beban bagi anak. Berikanlah nama yang memiliki arti yang baik. Jangan sampai nama yang kita berikan menjadi bahan bercandaan atau bulian bagi mereka.

2. Memberikan Sandang, Pangan, dan Papan

Tanggung jawab orang tua terhadap anak yang kedua adalah memberikan sandang, pangan dan papan. Kewajiban orang tua kepada anak yang tidak boleh diabaikan adalah memberikan pakaian yang kayak, makanan yang sehat dan bergizi, serta tempat tinggal yang aman dan nyaman. Hal ini bukan berarti sandang, pangan, dan papan yang diberikan harus mewah dan mahal ya. Tidak semua orang tua memiliki harta yang berlimpah. Bagaimana dengan orang tua yang tidak beruntung? Apakah gugur kewajibannya memberikan kehidupan yang layak bagi anak? Tentu saja tidak. Orang tua harus berusaha memenuhinya dengan sekuat tenaga. Anak akan melihat bagaimana orang tua berusaha memenuhi kebutuhannya dan menjadikan mereka hormat dan menyayangi orang tuanya.

3. Memberikan Pendidikan

Tanggung jawab orang tua terhadap anaknya selain memberikan nama dan memberikan sandang, pangan, dan papan adalah memberikan mereka pendidikan yang baik. Di dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak yang berbunyi Negara, Pemerintah, Pemerintah Daerah, Keluarga, dan Orang Tua wajib memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada Anak untuk memperoleh pendidikan.

Memberikan pendidikan yang baik sehingga anak-anak kelak akan siap hidup mandiri dan menjadi orang yang baik merupakan bentuk kasih sayang orang tua terhadap anak. Membiarkan anak tidak mengenyam pendidikan, apalagi dengan sengaja tidak menyekolahkan anak supaya mereka dapat bekerja dan menghasilkan uang untuk orang tuanya padahal orang tua mampu, tentu saja tidak dibenarkan.

Ada banyak pilihan untuk memberikan pendidikan pada anak. Orang tua dapat mendidik secara mandiri di rumah, atau menyekolahkan anak ke lembaga-lembaga pendidikan yang baik. Ingat yang baik, ya Ayah Bunda. Dan yang baik tidak harus mahal.

4. Memberikan Pendidikan Agama

Selain memberikan pendidikan umum, tugas orang tua terhadap anak adalah mengajarkan pada mereka tentang pendidikan agama. Bahkan pernah dikatakan oleh Albert Einstein, yang merupakan seorang ilmuwan terkenal, bahwa ilmu tanpa agama buta, dan agama tanpa ilmu lumpuh. Ilmu umum dan ilmu agama tidak boleh dipisahkan karena keduanya akan saling menguatkan dan menjadikan anak menjadi generasi yang berkualitas.

Ilmu umum menempa dan membekali mereka dengan pengetahuan, sedangkan ilmu agama adalah filter yang akan membentuk pribadi dan karakter anak menjadi orang yang baik. Jika anak kelak menjadi seorang pengusaha, mereka akan menjadi pengusaha yang baik, jika mereka kelak menjadi abdi negara, mereka juga akan menjadi abdi negara yang baik dengan bekal ilmu dan agama yang dimilikinya.

5. Memberi Teladan yang Baik dan Mengajarkan Anak tentang Nilai-Nilai dan Karakter yang Baik

kewajiban orang tua adalah melahirkan, mendidik, dan mengasuh anak
Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Peran orang tua selanjutnya adalah mengajarkan anak tentang nilai-nilai dan karakter yang baik. Anak harus diajarkan tentang kedisiplinan, kemandirian, sopan santun, dan nilai-nilai baik lainnya. Orang tua tidak akan selamanya dapat mendampingi anak. Pada saatnya, anak harus mampu hidup mandiri dan mengambil keputusan untuk kehidupannya sendiri. Oleh karena itu anak perlu diajarkan sedini mungkin.

Bagaimana caranya? Dengan memberikan teladan yang baik tentunya. Orang tua adalah contoh bagi anaknya. Tidak heran jika ada anak yang melakukan tindakan tidak baik, maka hal pertama yang disorot adalah bagaimana perilaku orang tuanya. Pepatah lain mengatakan buah tidak jatuh jauh dari pohonnya. Yuk, Ayah bunda, kita berikan contoh yang terbaik untuk anak!

Demikianlah Ayah dan Bunda 5 kewajiban orang tua yang wajib ditunaikan kepada anak. Jasa orang tua dalam melahirkan, mendidik, dan membesarkan anak sangat besar. Mari terus berusaha dan belajar untuk dapat memenuhi semua hak-hak anak. 

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog