APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Manfaat Bermain Game

Pada kadar yang tepat, bermain game dapat memberi manfaat.

Manfaat Bermain Game, photo via www.theverge.com

Kapan terakhir kali Sobat Pintar bermain game? Berapa lama rata-rata Sobat memainkan game favorit? Bagaimana tanggapan orang-orang sekitar saat Sobat bermain game?

Pada umumnya, bermain game dianggap sebagai kegiatan yang hanya membuang waktu – dan uang. Memang dampak buruknya, mulai dari sekedar bolos sekolah hingga meninggal dunia, tampak nyata. Tapi tahukah Sobat, ternyata bermain game memiliki dampak positif secara medis! What are they?

 

1. Meningkatkan Semangat Hidup

Laman jalantikus mengutip hasil penelitian University of Utah yang menyebutkan bahwa game dengan gerakan fisik ringan dapat meningkatkan semangat hidup anak-anak penderita kanker. But of course, you don't have to have a cancer to reap such benefit.

 

2. Mengubah Kebiasaan Buruk

Beberapa kondisi medis disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Khusus pada keadaan obesitas, asma, dan kelainan syaraf motorik, game dengan gerakan fisik dapat memberi manfaat positif.

Game yang mendorong aktivitas fisik lebih aktif memiliki sifat teraputik yang dapat mengubah kebiasaan buruk. Dengan kata lain, game fisik pelan-pelan dapat mengubah kebiasaan buruk seseorang yang tak terlalu banyak bergerak. After all, health has so much to do with lifestyle, doesn't it?

 

3. Meningkatkan Kreativitas

Bermain game strategi mengasah kemampuan Sobat dalam memecahkan masalah. Memang pada awalnya kejelian untuk menyelesaikan konflik hanya terbatas pada game, namun kebiasaan berpikirnya lambat laun akan terbawa juga dalam kehidupan sehari-hari.

When you play the game creatively, it's highly likely that you're quite creative too in your daily life. Jalantikus menyebutkan bahwa penelitian pada 2013 membuktikan peningkatan problem solving dan nilai sekolah pada remaja yang memainkan game strategi – It's time to check your game's genre, Sobat!

 

4. Membantu Mengatasi Depresi

Seseorang yang mengalami depresi sulit merasa senang dan bahagia. Disisi lain, bermain game sederhana dapat memicu pelepasan hormon dopamin di otak. Pada dosis yang tepat, dopamin dapat memperbaiki suasana hati, sehingga seseorang yang mengalami depresi dapat merasa lebih baik.

Selain itu, bermain game dapat mengaktivasi sistem syaraf parasimpatik. Sistem syaraf ini berperan dalam penurunan ketegangan yang dialami akibat stres. Bisa dicoba untuk mengatasi rasa sedih, Sobat?

 

5. Meningkatkan Fokus

Did you play a battle game, but couldn't keep your focus? No, you wouldn't last long. Konsentrasi adalah poin penting dalam bermain game – especially battle games.

Dengan kata lain, game melatih Sobat mengatur dan menjaga fokus. Bila tingkat konsentrasi yang sama diterapkan pada tugas yang harus dituntaskan, bayangkan betapa bagus hasilnya, Sobat!

 

Selama dilakukan dalam kewajaran, bermain game dapat berkontribusi pada kesehatan otak dan mental. Bermain game pun dapat menumbuhkan karakter kompetitif – as long as you don't cheat! Bahkan, ada orang-orang yang berpenghasilan besar dengan bermain atau bahkan membuat game. So, how do you benefit yourself from your games, Sobat?

400

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
rekomendasi game?
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog