APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Manfaat Tes IQ

Mengikuti tes IQ penting, tak hanya untuk mendapatkan skor semata.

Photo by Gertrūda Valasevičiūtė on Unsplash

Cara mengetahui IQ kita itu gimana, sih? Kamu pernah kepikiran berapa IQ-mu ga, Sobat Pintar? Kalau sekadar penasaran saja, kita semua pasti pernah sekali waktu pengin tau berapa persisnya skor IQ kita masing-masing. Asal kamu tau nih, rentang IQ normal manusia itu berada di antara 85 sampai 115. Skor IQ di atas 130 sudah dianggap tinggi.

Tau ga sih, Sobat. Albert Eisntein yang terkenal jenius itu IQ-nya berkisar antara 160 hingga 180. Eitts! Tunggu dulu. Angka itu cuma perkiraan saja karena di masa hidup Einstein belum ada tes IQ seperti sekarang. Nah, selagi kita sekarang punya cara mengetahui IQ dengan akurat, kenapa enggak memanfaatkannya sebaik mungkin?

 

Bagaimana Cara Mengetahui IQ?

cara mengetahui iq kita
Photo by Arun Prakash on Unsplash

Biarpun dikenal jenius, Einstein sendiri enggak pernah benar-benar tau berapa IQ-nya hanya karena ketiadaan tes IQ di masa hidupnya. Beruntung kita sekarang, bahkan dapat dengan mudah mengikuti tes IQ online akurat di mana pun dan kapan pun.

Eh, emangnya apa itu tes IQ? Tes IQ adalah tes psikometrik yang dirancang untuk mengukur kemampuan kognitif seseorang dalam memecahkan masalah, pemahaman bahasa, logika, pengolahan informasi, dan kemampuan belajar. Tes IQ terdiri dari serangkaian soal atau pertanyaan yang biasanya mencakup berbagai macam kemampuan seperti verbal, numerik, spasial, dan memori.

Skor IQ diperoleh berdasarkan perbandingan antara kinerja seseorang dalam tes IQ dengan kinerja rata-rata orang dalam kelompok usia yang sama. Memang, skor IQ selama ini biasanya diasosiasikan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Padahal, hasil tes IQ sebenarnya dapat memberikan lebih dari sekadar angka dan klasifikasi tingkat kecerdasan.

 

Apa Manfaat Tes IQ?

tes iq online akurat
Photo by Randy Tarampi on Unsplash

Sering dikaitkan dengan tingkat kecerdasan seseorang, skor IQ atau hasil tes IQ sebenarnya dapat digunakan untuk memahami kemampuan intelektual diri kita sendiri, Sobat Pintar. Ada sederet manfaat tes IQ yang dapat kita peroleh, seperti di bawah ini.

1. Memahami kemampuan intelektual

Tes IQ dapat membantu kita memahami seberapa baik kemampuan intelektual diri kita sendiri. Ada berbagai aspek kemampuan yang diukur dalam tes kecerdasan ini, seperti kemampuan berpikir logis, memahami, memecahkan masalah, berkomunikasi, dan memperoleh pengetahuan.

2. Identifikasi potensi kekuatan dan kelemahan akademik

Hasil tes IQ dapat membantu mengidentifikasi potensi kekuatan dan kelemahan akademik kita. Hasil tes IQ juga bisa menjadi tambahan referensi yang sangat berguna saat kita harus memilih program studi atau jurusan di perguruan tinggi.

3. Menentukan pekerjaan atau pelatihan yang sesuai

Tak hanya jurusan kuliah, hasil tes IQ juga dapat sangat membantu saat kita pengin mengetahui bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan ataupun kepribadian kita. Kamu pengin mengikuti pelatihan atau kursus tertentu? Hasil tes IQ yang kamu peroleh bisa dijadikan rujukan untuk memilih pelatihan atau kelas kursus yang tepat.

4. Identifikasi kebutuhan belajar

Sebenarnya kamu lebih cocok belajar online atau offline? Kamu lebih cepat memahami materi pelajaran dengan menonton video atau membaca buku? Gaya belajar yang paling pas buatmu itu yang seperti apa? Nah, kamu bisa mendapatkan referensi yang dibutuhkan melalui tes IQ yang komprehensif. Semakin komprehensif tes IQ yang kamu ikuti, semakin lengkap pula referensi yang bisa kamu dapatkan dari hasil tes IQ tersebut.

5. Mengembangkan potensi intelektual

Seberapa baik kemampuanmu dalam memecahkan masalah? Apakah kamu merasa sudah cukup kreatif? Bagaimana pula kemampuanmu dalam menganalisis dan berpikir kritis? Apakah kamu punya keterampilan sosial yang cukup baik? Semua itu dapat diketahui melalui tes kecerdasan yang tak sekadar menghitung skor IQ, Sobat. Hasil tes psikologi seperti ini dapat membantu kita menentukan program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

 

Di Mana Mengikuti Tes Psikologi Lengkap?

biaya tes iq 2023
Photo by Clay Banks on Unsplash

Telah disebutkan sebelumnya, sekarang kita bisa dengan mudah mengikuti tes IQ online akurat di mana pun dan kapan pun, seperti Tes Psikologi Paket Unggul (Potensial, Passion, & Personality) atau 3P. Saat ini biaya tes IQ 2023 di Aku Pintar tinggal Rp150.000,00 saja.

Tes Psikologi 3P ini sudah termasuk konseling bersama psikolog yang berpengalaman, jadi jangan tunggu besok buat kasih tau Papah Mamah tentang pentingnya tes IQ anak. Lagian, kalau ada peluang uang sakumu enggak kepotong, kenapa mesti tunggu besok, sih?

11
70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog