APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Prospek Kerja Teknik Industri dan Kisaran Gajinya Periode 2020/2021

Beberapa profesi menawarkan prospek yang membuat Jurusan Teknik Industri menarik untuk dipilih.

Prospek Kerja Teknik Industri, image credit bongkarn thanyakij

Prospek kerja Teknik Industri yang luas menjadi salah satu alasan kenapa jurusan ini sangat diminati di jenjang pendidikan tinggi. Bagaimana tidak, peluang kerja Teknik Industri mencakup bidang manufaktur, manajemen industri, serta tekno ekonomi dan sistem industri.

Teknik Industri sendiri merupakan salah satu jurusan teknik interdisipliner. Maka tak perlu heran bila Sarjana Teknik dari jurusan ini memang serba bisa. Karena itulah, tak mengherankan bila prospek kerja Teknik Industri pun memiliki kriteria 'interdisipliner.'

Apa sajakah ragam pekerjaan Teknik Industri? Untuk menjawab rasa penasaranmu, Sobat, berikut ini lima prospek kerja Teknik Industri dalam periode 2020/2021 dan perkiraan berapa gajinya dalam setiap bulan.

 

1. Engineering Manager

Engineering merupakan salah satu divisi perusahaan dengan prospek Teknik Industri yang baik. Selain alumni Teknik Industri, Sarjana Teknik dari Jurusan Teknik Mesin atau Teknik Listrik biasanya juga ada di divisi ini.

Pada umumnya jabatan Engineering Manager diraih setelah seorang Sarjana Teknik memiliki pengalaman minimal lima tahun bekerja di bidang engineering. Memang bukan peluang kerja Teknik Industri bagi fresh graduate, tapi sepadan dengan gaji yang dibawa pulang – di Indonesia berkisar antara Rp4 jutaan hingga Rp10 jutaan per bulan.

Seorang manajer di Divisi Engineering bertugas menyusun sumber daya dan rencana kerja suatu proyek. Adalah tanggung jawab seorang Engineering Manager untuk memastikan ketuntasan proyek-proyek penting dan tugas-tugas engineering. Selain menguasai seluk beluk pekerjaan Teknik Industri, Engineering Manager perlu memiliki problem solving skill yang baik.

 

2. Project Manager

Inilah prospek Teknik Industri yang tak kalah menggiurkan: Project Manager. Seorang Project Manager memiliki tanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, dan men-direct agar suatu proyek tuntas dikerjakan. Project Manager pula yang harus memastikan bahwa proyek tersebut tepat waktu, sesuai budget, dan dalam lingkup yang tepat.

Tim yang di-direct oleh seorang Project Manager biasanya lebih besar daripada tim di bawah seorang Engineering Manager. Communication skill yang baik sangat dibutuhkan pada jabatan Project Manager ini. Tak hanya komunikasi dengan seluruh anggota tim, tapi pekerjaan Teknik Industri yang satu ini membutuhkan komunikasi yang baik dengan para stakeholders.

Bagaimana dengan penghasilan Project Manager? Pengalaman kerja memiliki peran penting dalam menentukan besaran gaji seorang Project Manager. Prospek Teknik Industri ini berpeluang menghasilkan Rp4 jutaan hingga Rp17 jutaan per bulan.

 

3. Quality Controller

Quality control memastikan kualitas produk yang dihasilkan sudah memenuhi spesifikasi yang ditetapkan perusahaan, atau bahkan lebih baik. Barangkali Sobat Pintar pernah melihat video tentang uji ketahanan atau kekuatan suatu benda – helm, misalnya? Nah, begitulah gambaran pekerjaan Teknik Industri dalam quality control.

Alumni Teknik Industri yang kemudian bekerja sebagai seorang Quality Controller dikenal sebagai Quality Control Engineer. Jika Sobat Pintar nanti menjalani pekerjaan Teknik Industri ini, tugasmu adalah memeriksa apakah produk yang akan dilepas ke pasar sudah memenuhi standar kualitas yang ditentukan.

Berapa gaji yang ditawarkan oleh prospek kerja Teknik Industri ini? Penghasilan yang dibawa pulang oleh seorang Quality Controller Staff berkisar antara Rp1 jutaan hingga Rp10 jutaan per bulan.

 

4. Product Analyst

Walaupun biasanya 'dikuasai' oleh alumni Ekonomi, ternyata bidang bisnis dan marketing menyimpan peluang kerja Teknik Industri yang tak dapat diabaikan. Adalah Product Analyst, sebuah pekerjaan yang memerlukan kemampuan analisismu dalam menginterpretasikan market data.

Berdasar pada hasil analisisnya, seorang Product Analyst mengembangkan strategi marketing yang paling tepat untuk suatu produk. Tugas Product Analyst juga untuk membandingkan antara produk tersebut dengan tren industri agar nantinya perusahaan memperoleh keuntungan. Apakah prospek Teknik Industri ini menarik buatmu, Sobat?

Sedari analisis produksi, pengendalian kualitas produksi, optimalisasi dan maintenance alat-alat produksi, manajemen produksi, hingga penilaian keseluruhan produksi, seluruhnya menjadi tugas seorang Product Analyst. Tak heran, pekerjaan Teknik Industri ini mampu menghasilkan antara Rp2 jutaan hingga Rp11 jutaan per bulan.

 

5. Health and Safety Officer

Safety is a crucial part of a project. Itulah sebabnya Health, Safety, and Environment (HSE) Engineer, Officer, maupun Manager menjadi prospek kerja Teknik Industri yang penting pula. Peran Health and Safety Officer adalah mencegah kecelakaan kerja maupun berbagai penyakit yang ditimbulkan dan berada dalam lingkup pekerjaan.

Selain menerbitkan dokumen yang mengatur keamanan kerja, tugas HSE Officer dalam prospek Teknik Industri ini mencakup inspeksi reguler, investigasi kecelakaan kerja, pelatihan keamanan kerja, dan masih banyak lagi. Pada umumnya, menganalisis lokasi proyek dan mengatur prosedur kerja agar tetap aman bagi semua pekerja menjadi tugas divisi HSE.

Pekerjaan Teknik Industri ini mampu menghasilkan antara Rp1 jutaan hingga Rp11 jutaan per bulan. Tentu saja, pengalaman kerja dan jabatan memiliki bobot penting dalam menentukan besaran gaji.

 

 

Perlu dicatat, setiap perusahaan dan bidang usaha memiliki kisaran gaji yang tak bisa dibandingkan secara langsung. We can't compare an orange to an apple, can we? Boleh jadi pekerjaan Teknik Industri di perusahaan A menghasilkan rupiah yang berbeda dari pekerjaan di perusahaan B.

Ada lebih banyak hal lain yang mempengaruhi seberapa besar penghasilan yang kita bawa pulang. Jadi, alangkah baiknya bila angka-angka di atas kita gunakan sebagai gambaran seperti apa kira-kira prospek kerja Teknik Industri yang akan kita jalani nanti.

Who knows, barangkali dalam empat tahun ke depan setelah Sobat Pintar lulus kuliah, prospek Teknik Industri akan banyak berubah bila dibandingkan dengan prospek pada periode 2020/2021. So, why don't we keep our mind open and look beyond those figures?

100

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog