APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 PTN Terbaik di Sumatera

PTN-PTN di luar Jawa memiliki kualitas yang tak kalah dengan PTN di Jawa.

PTN Terbaik di Sumatera, image via ceramahmotivasi.com

Apa saja PTN terkemuka di Jawa? Sobat Pintar dapat dengan mudah menjawab pertanyaan ini, bukan? Tapi bagaimana dengan PTN ternama di luar Jawa, misalnya di Sumatera? Sudahkah Sobat tahu tentang lima PTN berikut ini?

 

1. Universitas Andalas

Biasa disingkat Unand, PTN ini berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Diresmikan pada tahun 1955, Unand merupakan universitas tertua di luar Jawa. Ketika itu, Unand menjadi PTN ke-4 yang telah diresmikan oleh pemerintah. Pada tahun 2018, Unand termasuk kedalam 10 PTN terbaik versi Kemenristekdikti.

Saat ini Unand terdiri dari 15 fakultas, yaitu Hukum, Pertanian, Kedokteran, MIPA, Ekonomi, Peternakan, Ilmu Budaya, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Farmasi, Teknologi Pertanian, Kesehatan Masyarakat, Teknologi Informasi, Keperawatan, dan Kedokteran Gigi. Sebagian besar fakultas tersebut berkampus di Limau Manis, Kota Padang.

 

2. Universitas Sumatera Utara

Inilah PTN di Padang Bulan, Kota Medan: USU. Bila Sobat Pintar ingin menjadi mahasiswa Statistika, USU punya jurusan ini – satu-satunya D3 Statistika di dunia. Selain D3 Statistika, keistimewaan USU juga terletak pada Fakultas Kedokteran. Didirikan sebagai fakultas pertama di USU, hingga kini FK USU masih menjadi satu-satunya FK di Sumatera.

Pastinya, FK bukan hanya satu-satunya fakultas di USU. Masih ada pula Fakultas Hukum, Pertanian, Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran Gigi, Ilmu Budaya, MIPA, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, Psikologi, Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, serta Keperawatan.

 

3. Universitas Syiah Kuala

Lebih dikenal sebagai Unsyiah, PTN ini berlokasi di Kota Pelajar dan Mahasiswa (Kopelma) Darussalam, Banda Aceh. Pada masa Kesultanan Turki, Kerajaan Aceh dibawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda dikenal sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan.

Kini, Unsyiah tetap menunjukkan kualitasnya pada sebelas fakultasnya. Seluruhnya yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran Hewan, Hukum, Teknik, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kedokteran, Kedokteran Gigi, MIPA, Ilmu Sosial dan Politik, serta Kelautan dan Perikanan.

 

4. Universitas Riau

Sering disingkat UR, PTN ini berada di Pekanbaru sejak tahun 1962. Masyarakat setempatlah yang pada mulanya menginginkan sebuah PTN di Pekanbaru, sehingga terbentuk Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Riau dan kemudian Yayasan Universitas Riau.

PTN yang terlahir dari proses panjang tersebut kini memiliki sembilan fakultas: Kedokteran, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Teknik, Hukum, Ekonomi, Pertanian, dan MIPA. Menariknya, Ilmu Keperawatan berdiri sendiri sebagai sebuah program studi – bukan fakultas.

 

5. Universitas Lampung

Unila juga terlahir dari keinginan warga dan tokoh masyarakat setempat. Pada tahun 1960-an, sudah banyak putra-putri Lampung yang harus melanjutkan pendidikan ke Jawa setelah lulus SMA. Maka, melalui kepanitiaan dan yayasan pula, Unika kemudian lahir.

Pada awal berdirinya, Unila memiliki tiga fakultas, yaitu Ekonomi, Sosial, dan Hukum. Saat ini, Unila terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, MIPA, dan Kedokteran.

 

Itulah lima PTN terbaik di Sumatera. Kelimanya telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Bagaimana dengan PTN-PTN lain? Sobat Pintar ingin tahu? Gunakan Kampus Pintar saja, Sobat!

200

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog