redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Sertifikat untuk SNMPTN 2021/2022

Beberapa sertifikat lomba merupakan bukti prestasi yang dapat digunakan untuk mengikuti SNMPTN.

sertifikat untuk snmptn, Photo by Felipe Gregate on Unsplash

Lampiran sertifikat untuk SNMPTN dibutuhkan guna membuktikan prestasi kita. Sobat Pintar tentu sudah tahu bahwa hanya siswa dengan prestasi unggul yang dapat mengikuti SNMPTN. Namun seunggul apapun prestasi kita, kriteria kelulusan seleksi tetap menjadi misteri. Keberhasilan kita di SNMPTN sepenuhnya menjadi hak universitas untuk memutuskan.

Oleh karena itu, kita berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi setiap detail persyaratan agar peluang lulus SNMPTN juga semakin besar. Saking semangatnya, terkadang kita sampai menyertakan sertifikat lomba peringatan kemerdekaan Indonesia di kelurahan atau sertifikat lomba menggambar di TK dulu. Eh, enggak sampai segitunya kan, Sobat?

Well intinya, tidak semua jenis sertifikat bisa kita lampirkan untuk SNMPTN. Kalau begitu, sertifikat apa saja untuk SNMPTN? Berikut ini lima kandidat terbaiknya, Sobat Pintar.

 

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional

sertifikat peserta untuk snmptn
Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Salah satu sertifikat untuk SNMPTN yang terbilang cukup berbobot ialah sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kompetisi nasional Kemendikbud ini meliputi Olimpiade Ekonomi, Fisika, Astronomi, Kimia, Matematika, dan lain sebagainya. Sekalipun Sobat Pintar memiliki sertifikat kompetisi seluruh olimpiade, misalnya, tak perlu melampirkan seluruh sertifikatmu untuk SNMPTN. Cukup lampirkan sertifikat lomba olimpiade yang relevan dengan prodi yang dipilih.

Next, pilih sertifikat lomba yang dimenangkan minimal di tingkat kabupaten/kota. Kalau ada lomba yang dimenangkan di tingkat provinsi, nasional, atau bahkan internasional, sebaiknya pilih salah satu saja, Sobat. Tentunya, sertifikat untuk SNMPTN yang sebaiknya digunakan adalah pada kompetisi di tingkat yang lebih tinggi.

Bagaimana kalau belum pernah memenangi satupun olimpiade-olimpiade tersebut? Enggak apa-apa, Sobat Pintar. Lampirkan saja sertifikat lomba olimpiade yang pernah diikuti. Itu sudah menunjukkan bahwa Sobat pernah mewakili sekolah dan menjadi peserta OSN.

 

2. Sertifikat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional

sertifikat snmptn
Photo by Steven Lelham on Unsplash

Selain sertifikat OSN, sertifikat O2SN atau Sertifikat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional juga bisa dilampirkan untuk SNMPTN. Jika OSN lebih mengacu pada prestasi akademik, O2SN adalah bukti prestasimu di bidang nonakademik. Sertifikat O2SN bisa diperoleh dari kejuaraan atletik, pencak silat, karate, renang, bulu tangkis, atau yang lain. Sama seperti sertifikat OSN, sertifikat O2SN yang sebaiknya dilampirkan di SNMPTN adalah yang diperoleh pada tingkat kompetisi tertinggi.

 

3. Sertifikat Pengurus MPK, OSIS, atau Ekstrakurikuler

sertifikat lomba
Photo by Papaioannou Kostas on Unsplash

Thankfully, lampiran sertifikat SNMPTN tak hanya prestasi akademik. Selain sertifikat O2SN, Sobat Pintar juga dapat melampirkan sertifikat OSIS, MPK, atau ekstrakurikuler tertentu di sekolah. Misalnya, Sobat menjadi sekretaris MPK atau wakil ketua OSIS. Sertifikat yang menunjukkan status kepengurusanmu di organisasi sekolah dapat digunakan sebagai sertifikat peserta untuk SNMPTN.

Perlu digarisbawahi, sertifikat tersebut menunjukkan peranmu sebagai pengurus ya, Sobat – bukan sekedar anggota. Ketentuan ini juga berlaku untuk ekskul seperti Pramuka. Lebih baik lagi jika menjadi ketua Pramuka dan pernah memenangi lomba, Sobat Pintar dapat melampirkan sertifikat ketua Pramuka sekolah dan sertifikat lomba Pramuka sekaligus.

 

4. Sertifikat Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

sertifikat osis
Photo by Jacob Mejicanos on Unsplash

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah ajang kompetisi dan pengembangan prestasi yang cukup bergengsi. Juara FLS2N pernah dikirim untuk mengikuti kompetisi internasional (the 10th International Cultural Competition Celesta 2014) pada bidang paduan suara, seni tari tradisional, dan seni lukis. Dua emas dan satu perak berturut-turut dimenangkan pada saat itu. Nah, bila Sobat Pintar meraih prestasi serupa, lampirkan sertifikat paduan suara, tari, lukis, maupun sertifikat lomba seni lain yang diperoleh untuk mengikuti SNMPTN.

 

5. Sertifikat Lomba Debat

lampiran sertifikat untuk snmptn
Photo by Miguel Henriques on Unsplash

Lomba debat Kemendikbud ada dua, yaitu Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National School Debating Championship (NSDC). LDBI menggunakan format Asian Parliamentary Debate, sedangkan NSDC menggunakan format World Schools Debate. Jika memenangi lomba debat ini, khususnya NSDC, Sobat Pintar tak hanya akan memperoleh sertifikat lomba. Lima belas best speakers NSDC akan mengikuti seleksi delegasi Indonesia untuk World Schools Debate Championship (WSDC) – and it could be you, Sobat Pintar!

Seleksi LDBI dan NSDC dilakukan secara daring dan berjenjang mulai dari tingkat sekolah, provinsi, hingga nasional. Jangan ragu mengikuti salah satunya Sobat, karena sertifikat lomba LDBI ataupun NSDC dapat digunakan untuk mengikuti SNMPTN.

 

Nah, sudah memutuskan akan menggunakan sertifikat apa saja untuk SNMPTN mendatang, Sobat Pintar? Jika masih ada sertifikat yang bisa dikejar, segera siapkan diri untuk mengikuti kompetisinya agar mendapatkan sertifikat untuk SNMPTN 2022, ya!

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet