APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

6 Sertifikat Untuk SNMPTN 2022/2023

Beberapa sertifikat lomba merupakan bukti prestasi yang dapat digunakan untuk mengikuti SNMPTN.

sertifikat untuk snmptn, Photo by Felipe Gregate on Unsplash

Sertifikat untuk SNMPTN dibutuhkan guna membuktikan prestasi kita. Sobat Pintar tentu sudah tahu bahwa hanya siswa dengan prestasi unggul yang dapat mengikuti SNMPTN. Tapi prestasi unggul itu membutuhkan pembuktian, kan? Nah, apa sajakah sertifikat yang bisa dilampirkan di snmptn? Apalagi selama kita school from home, mungkin kamu juga bertanya-tanya apakah sertifikat webinar berguna untuk SNMPTN?

Sejujurnya, seunggul apapun prestasi kita, kriteria kelulusan SNMPTN tetap menjadi salah satu misteri terpelik abad ini. Pasalnya, lolos tidaknya kita di SNMPTN sepenuhnya menjadi hak universitas untuk memutuskan. Yang bisa kita lakukan adalah berdoa dan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi setiap detail persyaratan, seperti melampirkan berbagai sertifikat penghargaan yang kita punya, demi memperbesar peluang lolos di SNMPTN.

Saking semangatnya, terkadang kita sampai menyertakan sertifikat lomba peringatan kemerdekaan Indonesia di kelurahan atau sertifikat lomba menggambar di TK dulu. Eh, enggak sampai segitunya kan, Sobat?

Asal kamu tau nih, tidak semua jenis sertifikat penghargaan bisa kita lampirkan untuk SNMPTN. Kalau begitu, apa saja jenis sertifikat untuk SNMPTN itu? Berikut ini lima kandidat terbaiknya, Sobat Pintar.

 

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional

sertifikat peserta untuk snmptn
Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Salah satu sertifikat untuk SNMPTN yang terbilang cukup berbobot ialah sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kini disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN), bidang ilmu yang dilombakan oleh Kemendikbud meliputi Ekonomi, Fisika, Astronomi, Kimia, Matematika, Geografi, Kebumian, Biologi, dan Informatika.

Sekalipun Sobat Pintar memiliki sertifikat lomba untuk seluruh bidang ilmu tersebut, misalnya, tak perlu melampirkan seluruh sertifikatmu itu untuk SNMPTN. Cukup lampirkan sertifikat penghargaan yang relevan dengan prodi yang dipilih dan yang kamu dapatkan dalam tiga tahun terakhir.

Next, pilih sertifikat penghargaan yang dimenangkan minimal di tingkat kabupaten/kota. Kalau ada lomba yang dimenangkan di tingkat provinsi, nasional, atau bahkan internasional, sebaiknya pilih salah satu saja, Sobat. Tentunya, sertifikat SNMPTN yang terbaik adalah yang kamu peroleh pada kompetisi di tingkat yang lebih tinggi.

Bagaimana kalau belum pernah memenangi satupun olimpiade-olimpiade tersebut? Enggak apa-apa, Sobat Pintar. Lampirkan saja sertifikat lomba yang pernah diikuti. Itu sudah menunjukkan bahwa kamu pernah mewakili sekolah dan menjadi peserta OSN.

 

2. Sertifikat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional

sertifikat snmptn
Photo by Steven Lelham on Unsplash

Selain sertifikat OSN, sertifikat O2SN atau Sertifikat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional juga merupakan salah satu sertifikat yang bisa dilampirkan di SNMPTN. Jika OSN lebih mengacu pada prestasi akademik, O2SN adalah bukti prestasimu di bidang nonakademik. Sertifikat O2SN bisa diperoleh dari kejuaraan atletik, pencak silat, karate, renang, bulu tangkis, atau yang lain. Sama seperti sertifikat OSN, sebaiknya sertifikat untuk SNMPTN 2022 yang kamu lampirkan adalah yang diperoleh dari kompetisi O2SN pada tingkat tertinggi.

 

3. Sertifikat Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

sertifikat osis
Photo by Jacob Mejicanos on Unsplash

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah ajang kompetisi dan pengembangan prestasi yang cukup bergengsi. Juara FLS2N pernah dikirim untuk mengikuti kompetisi internasional (the 10th International Cultural Competition Celesta 2014) pada bidang paduan suara, seni tari tradisional, dan seni lukis. Dua emas dan satu perak berturut-turut dimenangkan pada saat itu. Nah, bila Sobat Pintar meraih prestasi serupa, lampirkan sertifikat paduan suara, tari, lukis, maupun sertifikat lomba seni lain yang diperoleh untuk mengikuti SNMPTN.

 

4. Sertifikat Lomba Debat

lampiran sertifikat untuk snmptn
Photo by Miguel Henriques on Unsplash

Lomba debat Kemendikbud ada dua, yaitu Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National School Debating Championship (NSDC). LDBI menggunakan format Asian Parliamentary Debate, sedangkan NSDC menggunakan format World Schools Debate. Jika memenangi lomba debat ini, khususnya NSDC, Sobat Pintar tak hanya akan memperoleh sertifikat lomba. Lima belas best speakers NSDC akan mengikuti seleksi delegasi Indonesia untuk World Schools Debate Championship (WSDC) – and it could be you, Sobat Pintar!

Seleksi LDBI dan NSDC dilakukan secara daring dan berjenjang mulai dari tingkat sekolah, provinsi, hingga nasional. Jangan ragu mengikuti salah satunya Sobat, karena sertifikat lomba LDBI ataupun NSDC adalah sertifikat yang bisa dilampirkan di SNMPTN.

 

5. Sertifikat Pengurus MPK, OSIS, atau Ekstrakurikuler

sertifikat lomba
Photo by Papaioannou Kostas on Unsplash

Thankfully, lampiran sertifikat SNMPTN tak hanya prestasi akademik. Selain sertifikat O2SN, Sobat Pintar juga dapat melampirkan sertifikat OSIS, MPK, atau ekstrakurikuler tertentu di sekolah. Misalnya, kamu menjadi sekretaris MPK atau wakil ketua OSIS. Sertifikat penghargaan yang menunjukkan status kepengurusanmu di organisasi sekolah itu adalah salah satu jenis sertifikat yang bisa dilampirkan di SNMPTN. Perlu digarisbawahi, sertifikat tersebut menunjukkan peranmu sebagai pengurus ya, Sobat – bukan sekedar anggota.

Asal kamu tahu, sertifikat penghargaan yang dimaksud adalah surat keterangan tertulis yang menyatakan dan membuktikan kepemilikanmu atas suatu prestasi atau keturutsertaanmu atas suatu kegiatan (lomba atau kompetisi). Sedangkan dalam penggunaan istilah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, penghargaan lebih mengacu pada piagam yang diberikan.

 

6. Sertifikat Seminar atau Webinar


Photo by Jaime Lopes on Unsplash

Kalau kamu bertanya-tanya apakah sertifikat seminar berguna untuk SNMPTN? Jawabannya tak sesederhana iya atau tidak, Sobat Pintar. Mengacu pada definisi penghargaan yang telah disinggung di atas, sepertinya lebih tepat menyebut sertifikat yang kamu peroleh dari seminar atau webinar sebagai piagam penghargaan.

Namun abaikan dulu perkara perbedaan piagam dan sertifikat. Yang pasti, sertifikat seminar atau webinar yang memenuhi syarat sertifikat untuk SNMPTN 2022 adalah yang menyatakan bahwa kamu bukan sekadar sebagai peserta. Selain itu, sertifikat penghargaan tersebut juga menyatakan dengan jelas apa nama acara, siapa pihak penyelenggaranya, dan memiliki nomor sertifikat yang berbeda bagi setiap pemiliknya.

 

Nah, sudah memutuskan akan menggunakan sertifikat apa saja untuk SNMPTN mendatang, Sobat Pintar? Jika masih ada sertifikat yang bisa dikejar, segera siapkan diri untuk mengikuti kompetisinya agar mendapatkan sertifikat untuk SNMPTN 2022, ya!

180

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog