redesain-navbar Portlet

Blog

5 Tips Hemat Membelanjakan Uang Jajan - Mudah Dikerjakan, Cobain Yuk!

Bijak dalam membelanjakan uang saku adalah skill yang dapat dipelajari.

Tips Hemat, photo by Tamanna Rumee on Unsplash

Bagaimana cara menghemat uang saku? Kalau pertanyaan ini sempat singgah di benakmu, besar kemungkinan uang sakumu terbatas. Woops!

Bukan, bukan begitu, Sobat Pintar. Terbatas ataupun tak terhingga (maunya gitu, ya!), tetap saja kita harus cermat dalam mengelola uang. Anggap saja sebagai latihan – kalau Sobat masih bertanya-tanya apa manfaat mengatur uang saku. Jika mampu mengatur uang saku atau uang jajan kita saat ini, kelak kita akan dipercaya untuk mengelola jumlah uang yang lebih besar. How does it sound to you? Cukup memompa semangatmu untuk belajar cara menghemat uang?

So, bagaimana cara menghemat uang saku atau uang jajan  – tanpa kita harus jadi pelit? Berikut ini langkah-langkah cara hemat dalam membelanjakan uang jajan, Sobat.

 

1. Bikin Daftar Belanja

cara menghemat uang saku

Photo by Suzy Hazelwood on Pexels

Sebenarnya langkah pertama cara hemat dalam membelanjakan uang jajan ini tak sekedar mendaftar apa saja barang-barang yang ingin dibeli. Justru, pada langkah awal ini kita harus bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Misalnya, Sobat membutuhkan sepasang sepatu olahraga. Kalau menuruti keinginan, mudah saja kita mengincar sepatu merk tertentu yang harganya jauh di atas jumlah uang saku kita.

Itulah pentingnya kita punya daftar belanja, Sobat. Cara hemat membelanjakan uang jajan yang terpenting adalah dengan memilah apa yang benar-benar dibutuhkan dan apa yang sebenarnya hanya menjadi penggoda uang saku kita. Segera hapus si penggoda dari daftar belanjaan, ya!

 

2. Bandingkan Harga

cara menghemat uang saku

Photo by geralt on Pixabay

Cara hemat membelanjakan uang jajan adalah mau bersusah payah, taking your time, untuk komparasi harga barang yang akan dibeli. Bisa jadi, misalnya, sepasang sepatu olahraga di toko A lebih murah ketimbang sepatu yang sama di toko B. But of course, cara ini butuh waktu. Selain uang, yang kita butuhkan adalah kesabaran.

Still, it's worth the fight, Sobat. Bukankah hemat artinya berhati-hati dalam membelanjakan uang? It's not the amount of money we spent today, but the habit we're building along the years that counts. You'll thank yourself later on.

 

3. Gunakan Tawaran Potongan Harga

cara menghemat uang saku

Photo by Tamanna Rumee on Unsplash

Gunakan promo, voucher, poin, atau apapun jenis potongan harga yang ditawarkan. Cara menghemat uang jajan yang cerdik ini wajib diterapkan saat berbelanja. Bahkan bagi mereka yang suka berburu berbagai macam potongan harga, cara hemat membelanjakan uang jajan ini akan terasa menyenangkan – fun and adventorous, even.

Yang perlu diingat, jangan membeli sesuatu hanya karena potongan harga yang ditawarkan. Selalu kembali ke daftar belanjamu dulu sebelum memeriksa potongan harga. Kalau tidak, kita akan membeli bermacam-macam barang yang hanya berakhir di gudang. Sayang sekali, bukan?

 

4. Pilih yang Murah, tapi Berkualitas

cara menghemat uang saku

Photo by Clem Onojeghuo on Unsplash

This trick is a bit tricky. Tak mudah untuk menemukan barang yang murah dengan kualitas di atas rata-rata. Tapi tak mudah bukan berarti tak mungkin dilakukan kan, Sobat? Cara menghemat uang jajan ini hanya butuh kesabaran dan kecerdikan kita pada saat yang sama.

But you know what, Sobat. In some cases, it's much simpler. Misalnya, alih-alih memilih alat tulis yang berbentuk lucu dengan harga di atas rata-rata, kita bisa memilih alat tulis dengan bentuk sederhana namun kuat dan bisa bertahan lama. Bukankah ini cara menghemat uang jajan sekolah yang sangat mudah?

 

5. Sisihkan buat Ditabung

cara menghemat uang saku

Photo by Lalmch on Pixabay

Idealnya sih, kita segera menabungkan sebagian dari uang saku yang kita terima. But is it an easy thing to do? Sayangnya, tidak. Jujur deh, kebanyakan kita takkan berpikir tentang menabung setelah menerima uang saku. Kalau begitu, bagaimana tips menabung untuk pelajar?

Punya celengan bisa menjadi langkah awal yang sangat sederhana untuk mulai menabung, Sobat Pintar. Lama-kelamaan, kita akan terlatih dan merasa ringan menyisihkan uang jajan ke rekening tabungan. Ibaratkan saja cara menghemat uang seperti ini dengan kekuatan ototmu saat berolahraga. Semakin sering dilakukan, semakin mudah dikerjakan.

 

Nah, dari langkah-langkah cara hemat dalam membelanjakan uang jajan di atas, manakah yang lebih mudah dikerjakan sekarang, Sobat Pintar? Or else, will you do all the suggested tips above? Selamat mencoba, ya!

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
Good
00
Good
00
test
00
test 2
00
hallo
00

CssBlog

metablog-web Portlet