APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Tips Menghadapi Ujian

Tips Ujian

photo via www.itepexam.com

Ujian! Satu kata ini saja sudah cukup jadi momok buat mayoritas pelajar dan mahasiswa. Mau ulangan harian atau kuis maupun UN/ UNBK atau ujian kompre, tetep aja namanya ujian – nggak ada asyik-asyiknya, deh.

Sayangnya, yang namanya ujian tuh tetep aja wajib dilalui. Tinggal gimana kamu menyikapinya, agar hasilnya bisa maksimal tanpa stres berlebihan. Nah, berikut ini langkah-langkahnya.

 

1. Bikin Rencana Belajar

Jangan belajar untuk mempersiapkan ujian hanya pada malam sebelumnya. Selain cara ini tak efektif, kamu juga akan lebih lelah keesokan harinya saat ujian karena kurang istirahat.

Jadi, buatlah jadwal belajarmu sendiri jauh-jauh hari – sebulan atau seminggu sebelumnya, misalnya. Kamu pasti dapat jadwal ujian, kan? Jadi nggak sulit bikin rencana belajar, yang sulit adalah menepatinya.

 

2. Belajar dengan Cermat

Salah satu cara belajar cermat adalah dengan menyusun dan menepati jadwal belajar sebelum ujian berlangsung. Cara lainnya, tinggal sesuaikan saja dengan tipe belajarmu.

Kalau kamu tipe visual, cobalah membuat kartu-kartu berisi garis besar pelajaran dengan warna warni menarik. Kemudian, tempelkan kartu-kartu tersebut di beberapa tempat di rumah, misalnya di pintu kulkas, kaca wastafel, pintu kamar, dan lain-lain. Kalau kamu tipe audio, cobalah menciptakan mnemonik atau jembatan keledai yang mudah diingat untuk membantu hafalan.

Berganti lokasi belajar juga dapat dikategorikan sebagai belajar cermat karena kamu takkan mudah merasa jenuh. Disamping itu, suasana yang berbeda akan memicu otak untuk lebih aktif sehingga kamupun akan lebih mudah menyerap materi pelajaran.

 

3. Meminta Bantuan

Mengandalkan diri sendiri itu memang bagus, tapi kamu juga harus tahu kapan saatnya meminta bantuan. Tak ada salahnya belajar kelompok bila memang cara itu membuatmu memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Bahkan bila perlu, mintalah catatan atau handout dari guru atau dosen, supaya kamu tak terlewat poin-poin penting yang mungkin muncul dilembar soal ujian.

 

4. Perhatikan Kebutuhan Fisikmu

Jangan lupa badanmu juga butuh istirahat. Kamu butuh tidur cukup supaya kondisimu bugar saat ujian.

Jangan melewatkan sarapan pagi sebelum ujian. Jika memungkinkan, pilihlah makanan sehat yang tak memperberat sistem pencernaanmu seperti jus, buah, roti, atau telur.

 

5. Penuhi Kebutuhan Spiritualmu

Memiliki kehidupan spiritual yang sehat akan membantumu menjadi orang yang bisa bersikap lebih positif. Kamupun takkan mudah galau saat menghadapi ujian didepan mata.

 

Last but not least, persiapkan perlengkapan ujianmu minimal sejak sehari sebelumnya – pensil, penghapus, kalkulator, kamus, atau apapun yang sekiranya akan kamu butuhkan. Tampaknya sepele, tapi melihat semua perlengkapanmu siap dapat membuatmu merasa lebih tenang. Jadi, nggak ada ceritanya stres gara-gara ujian.

0
280

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog