APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Universitas Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia: Lihat Peluangmu Lolos SBMPTN 2020

Penting untuk memiliki pertimbangan yang matang dalam memilih kampus kuliah Arsitektur.

Universitas Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia, image via tyler.temple.edu

Friedrich Silaban, Achmad Noeman, dan Soejodi Wirjoatmodjo adalah sedikit dari tokoh arsitek kebanggan bangsa. Masjid Istiqlal, Masjid Salman ITB, dan gedung MPR-DPR Senayan, beruturt-turut adalah salah satu dari karya-karya fenomenal mereka.

Jika Sobat Pintar memiliki minat besar pada dunia arsitektur, nama-nama diatas tentu tak asing – bahkan mungkin menginspirasi. Tak perlu tanggung-tanggung, kejar impianmu dengan belajar Ilmu Arsitektur pada jurusan arsitektur terbaik di negeri ini. Ingin tahu PTN-PTN mana saja yang terkenal memiliki Jurusan Arsitektur terbaik di Indonesia?

 

1. Universitas Brawijaya

Sebelum berdiri sebagai satu jurusan dibawah Fakultas Teknik, Arsitektur UB pernah menjadi bagian dari Jurusan Teknik Sipil. Pada SBMPTN 2020, Arsitektur UB akan menerima 68 saja calon mahasiswa baru. Dengan peminat pada SBMPTN 2019 yang mencapai 1.057 orang, persaingan masuknya akan cukup ketat, Sobat.

Is it worth the fight? Tentu saja! Apalagi, jurusan ini sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

 

2. Universitas Sebelas Maret

Arsitektur UNS merupakan bagian dari Fakultas Teknik. Sama-sama memiliki akreditasi A dari BAN-PT seperti Arsitektur UB, bagaimana ketetatan SBMPTN 2020 di Arsitektur UNS?

Pada jalur SBMPTN, daya tampung Arsitektur UNS mencapai 60 kursi. Sedangkan peminat jurusan ini pada SBMPTN 2019 ialah sebesar 963.

 

3. Universitas Gadjah Mada

Apakah Sobat Pintar ingin belajar disalah satu Jurusan Arsitektur terbaik di Indonesia? Why don't you consider Arsitektur UGM, Sobat? Arsitektur merupakan salah satu jurusan unggulan di UGM yang telah terakreditasi A dari BAN-PT. Artinya, bukan hanya kebanggaan tersendiri menjadi mahasiswa baru Arsitektur UGM.

Akan tetapi, kita harus mau berjuang sungguh-sungguh agar lolos pada SBMPTN 2020 nanti. Apalagi, UGM hanya meluangkan 28 kursi bagi calon mahasiswa baru dijalur SBMPTN. Peminat jurusan ini pada SBMPTN 2019 hanya 576 orang, tapi nilai yang masuk tentu tak bisa dikatakan rendah. Maka, passing grade Arsitektur UGM juga cukup tinggi.

 

4. Universitas Sriwijaya

Sumatera juga punya Jurusan Arsitektur yang patut dipertimbangkan, Sobat. Adalah Arsitektur Unsri, sebuah jurusan berakreditasi A BAN-PT di Fakultas Teknik yang baru dibuka pada tahun 2001. Dengan daya tampung sebanyak 45 kursi pada SBMPTN 2020 dan peminat 530 peserta pada SBMPTN 2019, mungkin peluangmu lolos disini lebih besar.

 

5. Universitas Diponegoro

Tak seperti Arsitektur Unsri, Arsitektur Diponegoro terbilang lebih berumur. Seiring waktu, prestasi Arsitektur Undip tak hanya berupa akreditasi A BAN-PT. Architectural Summerschool adalah salah satu kegiatan kerja sama yang pernah dilakoni Arsitektur Undip dengan organisasi luar negeri, Uzo Nishiyama Memorial Library.

Bercita-cita lolos SBMPTN 2020 di Arsitektur Undip, Sobat? Akan ada 74 calon mahasiswa baru dijurusan ini, melalui jalur SBMPTN saja. Sementara itu, peminat Arsitektur Undip pada SBMPTN 2019 mencapai 985 orang.

 

Dengerin Podcast Kepoin Profesi dan Jurusan tentang Arsitektur

Apakah Arsitektur terbaik hanya ada pada kelima PTN diatas? Tentu tidak, Sobat. You don't need to limit your options to the five universities above. Jangan lupa, masih ada PTS. Namun ada baiknya berdiskusi dulu dengan orang tua tentang biaya kuliah Jurusan Arsitektur di PTS.

Pada akhirnya, kita tak harus belajar di universitas Arsitektur terbaik di dunia. Di mana pun nantinya belajar Ilmu Arsitektur, Sobat Pintar akan tetap memperoleh pengetahuan yang bermanfaat. Bukan begitu, Sobat?

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog