redesain-navbar Portlet

null

Blog

6 Alasan Siswa Perlu Belajar secara Mandiri

Belajar secara mandiri memberi manfaat jangka panjang bagi siswa.

Alasan Siswa Perlu Belajar secara Mandiri, image via 

Terpisah oleh jarak dalam pembelajaran jarak jauh, guru tak bisa memantau siswa sebaik ketika kegiatan belajar mengajar dilakukan di kelas. Tapi inilah saat yang tepat untuk mendorong siswa agar belajar secara mandiri. Apa sebabnya?

 

1. Kesempatan untuk Belajar tentang Bagaimana Caranya Belajar

Tak bisa dipungkiri, sebagian pembelajaran di kelas bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian. Maka ketika mendapat kesempatan untuk belajar secara mandiri, siswa menjalani proses sendiri untuk menemukan caranya belajar – bukan semata-mata untuk persiapan ujian.

 

2. Fokus Belajar secara Mandiri Terletak pada Proses

Alih-alih fokus pada tujuan, sebagaimana pembelajaran di kelas, belajar secara mandiri membuat siswa lebih memperhatikan proses belajar yang dijalaninya. Banyak tokoh dunia yang menginspirasi dengan proses jatuh bangun yang mereka alami sebelum akhirnya meraih kesuksesan. Maka menjalani proses belajarnya sendiri merupakan pengalaman berharga bagi siswa.

 

3. Fleksibilitas Belajar untuk Tingkat Intelegensi yang Berbeda

Sebagai guru, menyamakan tempo belajar di kelas sudah menjadi tugas sehari-hari. Masing-masing siswa memang memiliki kecepatan belajar yang berbeda. Namun melalui belajar secara mandiri, setiap siswa memiliki kesempatan untuk belajar sesuai dengan tempo belajarnya sendiri.

 

4. Siswa Mengembangkan Berbagai Life Skills, Termasuk Manajemen Waktu

Pembelajaran di kelas memberi kenyamanan bagi siswa karena tak ada distraksi yang berarti. Belajar dalam suasana di luar kelas, sebaliknya, menuntut siswa untuk pandai-pandai merencanakan, memilih prioritas, bahkan mengejar tenggat ditengah bermacam distraksi yang ada. Keterampilan menghadapi berbagai tantangan belajar ini akan dibutuhkan pada masa mereka berada dunia kerja nantinya.

 

5. Siswa Belajar Sesuai dengan Minatnya Sendiri

Ada siswa yang belajar karena tuntutan eksternal dari sekolah. Ada pula siswa yang belajar karena minat, motivasi yang tumbuh dari dalam dirinya sendiri. Bila didasari oleh minat sendiri, seperti pada belajar mandiri, hasil belajar siswa tentu lebih baik lagi.

 

6. Siswa Mengenali Kelebihan dan Kekurangannya Sendiri

Seiring belajarnya secara mandiri, siswa memiliki kesempatan untuk mengenal dirinya sendiri dengan lebih baik. Maka seiring waktu, siswa dapat mengenali kelebihan dan kekurangannya.

 

Belajar secara mandiri merupakan proses belajar yang jauh dari kenyamanan dan kesempurnaan, jauh dari suasana di kelas. Saat belajar secara mandiri, tak jarang siswa harus terantuk batu hingga berulang kali. Namun tempaan ketidaknyamanan seperti inilah yang membuat siswa menjadi pembelajar tangguh sepanjang hayatnya.

 

 

 

 

Disadur dari:

https://www.opencolleges.edu.au/informed/other/teachers-or-facilitators-10-reasons-why-educators-should-step-out-of-the-way-and-encourage-independent-learning/

60

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp