redesain-navbar Portlet

Blog

6 Faktor yang Menentukan Terpilihnya Suatu Jurusan Kuliah

Hasil survei Aku Pintar dan Katadata Insight Center mengungkap beberapa faktor penting dalam pemilihan jurusan kuliah.

Jurusan Kuliah, photo by Pixabay on Pexels

Pada pada 20-29 Maret 2021 yang lalu, Aku Pintar bersama Katadata Insight Center melakukan Survei Perilaku Siswa dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan. Survei tersebut dilakukan di 32 propinsi di Indonesia pada 1153 siswa usia 15 sampai 18 tahun dari sekolah negeri (68,4%) dan swasta (31,6%), terdiri dari 49,4% laki-laki dan 50,6% perempuan.

Ada beberapa poin menarik dari hasil survei tersebut, Sobat Pintar. Apa saja itu?

 

1. Minat Menentukan Pilihan Jurusan Kuliah

Ternyata siswa sekarang tahu betul apa minat, bakat, dan kemampuan dirinya sendiri. Sebanyak 64% responden mengutamakan mengejar jurusan kuliah yang diminati. Tampaknya pemilihan jurusan di sekolah menengah telah memberi mereka pengalaman. Iya, 72% responden mengatakan bahwa saat ini mereka sudah berada di jurusan sekolah yang sesuai dengan minat mereka. Hanya 20,6% responden yang mengatakan bahwa jurusan sekolahnya saat ini adalah pilihan orang tua.

Nah, Sobat Pintar termasuk dalam persentase yang mana, nih? Selamat ya, buat Sobat yang merasa sudah berada di jurusan yang tepat. Artinya, Sobat sudah mampu mengenal dan memahami diri sendiri dengan baik. Namun kalaupun tidak, masih belum terlambat untuk mengetahui minat, bakat, dan kemampuanmu sekarang.

 

2. Pertimbangan Teman Itu Penting

Selain minat, bakat, dan kemampuan, ternyata siswa jaman now banyak berdiskusi dengan teman saat memilih jurusan kulliah. Bahkan, diskusi dengan teman lebih berpengaruh pada keputusan jurusan yang dipilih (73,4% responden) ketimbang pertimbangan orang tua (49,7% responden). Ini relate banget denganmu nggak, Sobat?

 

3. Teknik Menjadi Jurusan Kuliah Terfavorit

Dari diagram lingkaran di atas, tampak bahwa Teknik adalah jurusan kuliah yang paling banyak dipilih (16,2% responden). Persaingan ketat nih, Sobat! Dua jurusan berikutnya yang terhitung berada pada tiga terketat yaitu jurusan-jurusan pendidikan/keguruan dan kedokteran.

Jurusan-jurusan pendidikan/keguruan diantaranya yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Geografi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Sejarah, dan lain-lain. Sementara jurusan-jurusan kedokteran mencakup Pendidikan Dokter (umum), Pendidikan Dokter Hewan, dan Pendidikan Dokter Gigi.

 

4. Kuliah di Mana Itu Penting

Sudah tahu jurusan kuliah yang akan dipilih, terus kuliahnya di mana, nih? Ternyata reputasi perguruan tinggi berpengaruh dalam menentukan pilihan tempat kuliah (42% responden). Tahukah Sobat, kampus mana yang paling difavoritkan?

Sebanyak 81,5% responden memilih kampus negeri, dan juaranya adalah Universitas Gajah Mada (13,4% responden). Kampus-kampus favorit berikutnya berturut-turut yaitu Universitas Indonesia (7,8% responden), Institut Teknologi Bandung (3,9% responden), Universitas Padjadjaran (3,8% responden), Universitas Airlangga (2,9% responden), Universitas Brawijaya (2,7% responden), dan lainnya.

Kampus incaranmu berada dalam persentase di atas, Sobat? Eits, masih boleh loh, buat kepo-kepo sama kampus-kampus yang lain.

 

5. Pertimbangan Lainnya saat Memilih Jurusan Kuliah

Survei Perilaku Siswa dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan yang dilakukan oleh Aku Pintar dan Katadata Insight Center juga mengungkap hal-hal penting lainnya. Menurut panel ahli Katadata Insight Center, Mulya Amri, Ph.D., ada dua lagi faktor penting yang menentukan terpilihnya suatu jurusan kuliah selain didorong oleh minat. Dua faktor utama tersebut yaitu peluang pekerjaan setelah lulus dan gaji besar yang diperkirakan akan didapatkan dengan bekerja di bidang jurusan. Faktor lain yang memengaruhi pemilihan jurusan kuliah yaitu jenjang karier, status/reputasi pekerjaan setelah lulus, dan reputasi jurusan tersebut.

Ketersediaan beasiswa juga turut menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah (29,7% responden). Lantas, seberapa besar pengaruh orang tua dalam memilih jurusan kuliah saat ini? Ternyata pilihan orang tua menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah bagi 25,7% responden saja.

 

6. Kepercayaan Diri dalam Memilih Jurusan Kuliah

Hasil survei Aku Pintar bersama Katadata Insight Center menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan diri siswa masa kini. Melimpahnya informasi tentang pendidikan tinggi turut memupuk kuatnya rasa percaya diri tersebut.

Umumnya, siswa mendapatkan informasi melalui media sosial (73%), website perguruan tinggi (54,6%), alumni (37,3%), dan aplikasi pendidikan (34,7%).

Nah, apakah Sobat Pintar adalah siswa yang percaya diri itu? Sudah mantapkah dengan pilihan jurusan kuliahmu, Sobat?

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
farmasi soshum? bukannya saintekm?
00

CssBlog

metablog-web Portlet