redesain-navbar Portlet

Blog

6 Ide Ice Breaking Online di Kelas Daring

Dijamin, Kelas Tidak Akan Garing

Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Ice breaking saat pembelajaran daring? Kenapa tidak! Saat sekolah dilaksanakan secara online, banyak siswa mengeluh bosan jika hanya mendengarkan gurunya berceramah dari awal pelajaran hingga kelas selesai. Untuk membangkitkan gairah siswa saat belajar Guru pintar harus memberikan kegiatan ice breaking.

Ide ice breaking online yang menarik dapat Guru pintar dapatkan dari mana saja, misalnya dari internet, diskusi dengan rekan kerja, atau Guru pintar ciptakan sendiri. Semua level siswa menyukai kegiatan permainan ice breaking. Yang harus Guru pintar lakukan adalah menyesuaikan jenis game ice breaking yang sesuai dengan usia dan karakteristik siswa.

Ice breaking di kelas online tentu saja ice breaking virtual. Guru pintar tidak perlu pusing, Ice breaking pembelajaran jarak jauh tidak harus dilakukan dengan perangkat canggih. Ice breaking sederhana di kelas juga dapat menjadi kegiatan ice breaking seru jika Guru pintar mempersiapkan dengan matang. 6 ide ice breaking berikut ini dijamin membuat kelas daring tidak garing.


Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

1. Tebak Lagu

Kegiatan ice breaking satu ini sangat mudah dilakukan. Guru pintar dapat melakukan permainan tebak lagu menggunakan berbagai aplikasi, bahkan whatsapp sekalipun. Bagaimana caranya? Pastikan semua siswa on atau aktif mengikuti pembelajaran di waktu yang disepakati. Guru pintar dapat menyanyikan potongan lagu kemudian dikirim melalui pesan suara. Kemudian siswa t menebak judul lagu dengan mengetik di kolom chat.

Bagaimana jika menggunakan platform telekonferensi seperti zoom atau Google meet? Ini lebih mudah lagi. Guru pintar hanya tinggal memutar bagian video sebuah lagu dan biarkan siswa menebak judulnya. Guru pintar dapat meminta siswa mengetik judul lagu di kolom chat atau menyebutkan langsung secara lisan.

2. Tebak Gambar

Ice breaking untuk anak SD ini juga dapat diterapkan untuk semua level siswa. Kegiatan ice breaking tebak gambar dapat dilakukan menggunakan berbagai media yang tersedia di rumah atau menggunakan powerpoint. Jika Guru pintar tidak memiliki waktu membuat powerpoint, kegiatan tebak nama benda dapat dilakukan dengan menunjukkan bendanya secara langsung atau menggambarkannya di selembar kertas.

Jika Guru pintar menggunakan platform zoom, manfaatkan fitur whiteboard dalam aplikasi tersebut. Hal ini lebih menarik karena lebih orisinil atau bahkan Guru pintar dapat meminta siswa menggambar benda secara bergantian untuk ditebak oleh teman lainnya.

3. Don’t Smile or Sing

Ide ice breaking satu ini dapat dilakukan baik di kelas daring maupun di kelas luring.  Kegiatan ini hanya dapat Guru pintar lakukan jika Guru pintar dapat melihat semua wajah siswanya meskipun melalui layar laptop saja. Bagaimana caranya?

Guru pintar menginstruksikan setiap siswa untuk tidak tertawa dalam waktu yang ditentukan. Pada saat tersebut, Guru pintar dapat menceritakan cerita lucu, atau menunjukkan mimik muka yang dapat mengundang tawa. Siswa yang gagal menahan senyum atau bahkan tertawa harus menyanyi untuk menghibur temannya.

4. Singing A Song

Ice breaking online bukan menyanyi seperti biasa. Guru pintar dapat menuliskan beberapa judul lagu kemudian menggunakan aplikasi aplikasi wheel of name atau random Picker lainnya yang tersedia secara gratis di internet. Yang harus Guru pintar lakukan hanyalah memutar roda atau memainkan aplikasi random picker lainnya dan menunggu hingga aplikasi tersebut berhenti pada salah satu judul lagu. Siswa yang pertama mengangkat tangan, menyanyikan lagu sesuai dengan judul yang muncul kemudian mendapat poin atau bintang.

5. Sambung Kata

Permainan ini sangat mudah untuk dilakukan, bahkan bisa dilakukan melalui fitur chat saja. Caranya Guru pintar sebagai moderator memberikan satu kata terlebih dahulu. Setiap siswa yang ditunjuk wajib menuliskan kata baru yang berawalan huruf terakhir dari kata sebelumnya.

Untuk meningkatkan tingkat kesulitannya, Guru pintar dapat memilih tema agar ice breaker online ini menjadi lebih seru. Misalnya tema yang dapat digunakan adalah nama negara di dunia, nama hewan, nama buah-buahan, dan lain sebagainya. Jika ingin lebih seru lagi, Guru pintar dapat menggunakan kata dalam bahasa asing, seperti Inggris, Perancis, mandarin, dan lain-lain.

6. Simon Says

Ternyata permainan simon says dapat juga dilakukan di kelas daring. Permainan ini sangat mudah dan praktis karena Guru pintar tidak memerlukan alat atau bahan pendukung apapun. Yang Guru pintar butuhkan hanyalah suara Guru Pintar dan koneksi yang baik sehingga permainan dapat berjalan lancer.

Caranya sangat gampang. Jika Guru pintar menyebutkan sebuah perintah dengan diawali kata Simon says” berarti siswa harus melakukannya. Sebaliknya, jika instruksi yang diberikan tidak di awali “Simon says” maka siswa yang tetap melaksanakan instruksi dianggap gagal.

Ice breaking
Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Masih banyak lagi kegiatan ice breaking online yang dapat guru terapkan di kelas daring. Yang harus diingat adalah, jangan sampai kegiatan ice breaking berlangsung lebih lama dari kegiatan pembelajaran itu sendiri. Atur waktu sebaik-baiknya sehingga siswa merasa senang dan bersemangat belajar.

1
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
sangat membantu
00

CssBlog

metablog-web Portlet