APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

6 Jalur Pendaftaran yang Sedang Dibuka Selain SNMPTN 2022

Pilih jalur masuk kuliah yang sesuai untukmu.

jalur masuk ptn 2022, Photo by NeONBRAND on Unsplash

Jalur masuk PTN 2022 ada macam-macam, tentu kamu sudah tahu. Kalau yang barusan selesai itu SNMPTN. Bagaimana dengan jalur masuk yang lain? Adakah jalur yang sedang dibuka selain SNMPTN? Eitts, jangan bilang SBMPTN ya, Sobat Pintar. Sebab sebenarnya ada jalur masuk perguruan tinggi selain SNMPTN dan SBMPTN. Nah, apa aja tuh?

 

1. SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri)


Photo by Ivan Lau on Unsplash

Kalau kamu ingin masuk kuliah pada Program D3, inilah salah satu opsimu. Tetapi perlu digarisbawahi, SNMPN itu jalur undangan, Sobat Pintar, jadi kamu harus punya nilai rapor yang bagus dan direkomendasikan oleh sekolahmu. Udah gitu, SNMPN 2022 juga hanya dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2022. Jalur masuk kuliah ini sedang diikuti oleh 44 politeknik dengan tujuh rumpun program studi, yakni teknik, pertanian, administrasi, kemaritiman, pariwisata, kesehatan, dan multimedia. Pendaftaran SNMPN ditutup tanggal 18 Maret 2022.

 

2. SBUB (Seleksi Bibit Unggul Berprestasi) Universitas Diponegoro


Photo by ODAYAKA GUREI on Unsplash

Jalur pendaftaran Undip ini ditujukan bagi calon mahasiswa Program Sarjana dan Vokasi (termasuk Program Studi di Luar Kampus Utama). SBUB 2022 dapat diikuti oleh tak hanya siswa lulusan tahun 2022, tetapi juga mereka yang lulus sekolah tahun 2021 dan 2020. Kamu pengin ikutan jalur pendaftaran kuliah ini, Sobat Pintar? Kalau begitu, nilai rata-rata rapormu tiap semester harus 70 (skala 100), enggak pernah tinggal kelas, dan pilihan program studi di Undip harus sesuai dengan jurusanmu di sekolah. Pendaftaran SBUB ditutup tanggal 20 Maret 2022.

 

3. IUP (International Undergraduate Program) Universitas Gadjah Mada


Photo by Jerry Wang on Unsplash

IUP adalah jalur penerimaan mahasiswa baru kelas internasional di UGM. Asal kamu tau, Sobat, tak semua jurusan di UGM membuka kelas internasional. Berikut ini fakultas dan program studi di UGM yang sedang membuka pendaftaran calon mahasiswa baru kelas internasional.

Fakultas Biologi

Biologi

II: 15 Maret – 12 April 2022

III: 23 Mei – 7 Juni 2022

FEB

Akuntansi

Manajemen

Ekonomi

II: 15 Maret – 12 April 2022

III: 23 Mei – 7 Juni 2022

Fakultas Hukum

Hukum

II: 23 Mei – 7 Juni 2022

FMIPA

Kimia

Ilmu Komputer

Elektronika dan Instrumentasi

II: 15 Maret – 12 April 2022

III: 23 Mei – 7 Juni 2022

FK-KMK

Kedokteran

III: 23 Mei – 7 Juni 2022

Fakultas Psikologi

Psikologi

II: 15 Maret – 12 April 2022

III: 23 Mei – 7 Juni 2022

FISIP

Ilmu Komunikasi

Hubungan Internasional

Manajemen dan Kebijakan Publik

II: 15 Maret – 12 April 2022

III: 23 Mei – 7 Juni 2022

 

4. Ketua OSIS IPB University


Photo by Chang Duong on Unsplash

Kalau kamu anak IPA yang pernah menjabat sebagai ketua OSIS, dan didukung oleh surat pernyataan dari Kepala Sekolah, Sobat Pintar bisa mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 di IPB. Persyaratan lainnya, rataan nilaimu di mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi selama lima semester sekurangnya 80. Pendaftaran Ketua OSIS ditutup tanggal 31 Maret 2022.

 

5. PMDK (Penelusuran Minat dan Keterampilan) Vokasi Universitas Sebelas Maret


Photo by Mohammad Shahhosseini on Unsplash

Jalur masuk PTN 2022 ini ditujukan buat Sobat Pintar yang akan segera lulus dan berprestasi di bidang akademik, olah raga, seni, maupun prestasi lainnya. Disamping pendaftaran sekolah, kamu sendiri juga harus melakukan pendaftaran PMDK yang akan ditutup tanggal 8 April 2022.

 

6. Vokasi Seleksi Prestasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember


Photo by Brett Andrei Martin on Unsplash

Program Vokasi ITS membuka penerimaan calon mahasiswa Sarjana Terapan untuk delapan program studi, yakni Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil (Teknik Sipil), Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Rekayasa Manufaktur, Teknologi Rekayasa Konversi Energi, Teknologi Rekayasa Otomasi, Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Rekayasa Teknologi Instrumentasi, dan Statistika Bisnis. Jalur pendaftaran kuliah ini menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan nilai rapor dan prestasi pendukung lainnya. Siswa lulusan SMK dan SMA/MA akan diseleksi dalam kelompok yang berbeda. Pendaftaran Seleksi Prestasi ditutup tanggal 7 April 2022.

 

Apakah kalian akan mengikuti salah satu jalur masuk perguruan tinggi selain SNMPTN dan SBMPTN di atas, Sobat Pintar? Masih banyak kok, jalur masuk PTN 2022 yang lain, baik yang sedang maupun yang akan berlangsung. Manapun jalur penerimaan mahasiswa baru yang kamu pilih, pastikan dahulu Sobat memenuhi setiap persyaratannya. Kemudian, pastikan kamu enggak melewati jadwal pendaftarannya. Selamat pilih-pilih jalur masuk kuliah!

0
30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog