APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

6 Jurusan Ilmu Komunikasi di Bandung

Bandung punya beberapa alternatif kampus tempat kuliah Ilmu Komunikasi.

Photo by freestocks on Unsplash

Universitas di Bandung yang ada Jurusan Ilmu Komunikasi sebenarnya ada banyak, Sobat Pintar. Hanya saja, terkadang kita terlalu fokus pada satu atau dua perguruan tinggi sampai-sampai lupa bahwa sebenarnya masih ada alternatif tempat kuliah lainnya. Apalagi kalau ngomongin Ilmu Komunikasi, kampus mana sih yang enggak punya jurusan ini?

Ilmu Komunikasi memang salah satu jurusan favorit, maka tak heran bila hampir semua perguruan tinggi membuka jurusan ini. Buat kalian yang pengin kuliah Ilmu Komunikasi di Bandung, berikut referensi kampus yang bisa dipertimbangkan.

jurusan ilmu komunikasi di bandung
Photo by Yan Krukov on Pexels

1. Universitas Islam Bandung (Unisba)

Unisba adalah salah satu alternatif universitas swasta jurusan Ilmu Komunikasi. Namun alih-alih jurusan, Ilmu Komunikasi di Universitas Islam Bandung adalah sebuah fakultas. Fikom Unisba membuka tiga Jurusan Ilmu Komunikasi di Bandung, masing-masing pada Program S1, S2, dan S3. Untuk Prodi S1 Ilmu Komunikasi, mata kuliah yang dipelajari antara lain Komunikasi Lintas Budaya, Komunikasi Politik, Teori Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, Sosiologi Komunikasi, Psikologi Komunikasi, Teknik-Teknik Komunikasi, Filsafat Komunikasi, Videografi, Komunikasi Bisnis, Media Literasi, Komunikasi Digital, Opini Publik, dan lain sebagainya. Ada tiga pilihan peminatan di Ilmu Komunikasi Unisba, yaitu Jurnalistik, Public Relations, dan Manajemen Komunikasi.

universitas di bandung yang ada jurusan ilmu komunikasi
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Sama halnya, Ilmu Komunikasi di Universitas Padjadjaran adalah sebuah fakultas. Namun ada lebih banyak program studi di Fikom Unpad, termasuk S1, S2, dan S3 Ilmu Komunikasi. Di Fikom Unpad, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, serta Televisi dan Film merupakan prodi-prodi S1 dan tak menjadi bagian dari Ilmu Komunikasi. Terus, kalau kamu menjadi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi harus bisa apa? Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unpad belajar Public Speaking, Komunikasi Visual, Statistika Sosial, Literasi Media, Komunikasi Politik, Komunikasi Kesehatan, Sosiologi Komunikasi, dan masih banyak lagi.

sekolah tinggi ilmu komunikasi bandung
Photo by cottonbro studio on Pexels

3. Universitas Telkom

Ini dia, salah satu universitas swasta Jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Bandung, Universitas Telkom. Prodi S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Telkom menjadi bagian dari Fakultas Komunikasi dan Bisnis. Ada dua peminatan yang ditawarkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi di Bandung ini, yaitu Broadcasting dan Marketing Communication. Mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Telkom antara lain Teori Ilmu Komunikasi, Sosiologi Komunikasi, Psikologi Komunitas, Public Speaking, Ekonomi Politik Media, Teknologi Komunikasi, Jurnalistik Online, Komunikasi Grafis, Fotografi, Kajian Iklan, Filsafat Komunikasi, Public Relations, Media Relations, Komunikasi Lintas Budaya, dan lain-lain.

daftar pts di bandung
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas di Bandung yang ada Jurusan Ilmu Komunikasi berikutnya adalah UPI. Jurusan Ilmu Komunikasi di Bandung ini menjadi bagian dari Fakultas Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial (FPIPS). Mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini antara lain Sosiologi Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Komunikasi Pendidikan, Komunikasi Politik, Psikologi Komunikasi, Aplikasi Komputer, Media Literasi, Statistika Sosial, Teknik Wawancara, Komunikasi Massa, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Lintas Budaya, Filsafat Ilmu, Teknik Menulis Berita, Penulisan Features, Public Speaking, Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat, Komunikasi Online, Opini Publik, dan lain-lain. Peminatan atau keahlian yang ditawarkan di Ilmu Komunikasi UPI meliputi Ilmu Jurnalistik, Ilmu Humas, Ilmu Penyiaran, serta Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat.

universitas swasta jurusan Ilmu Komunikasi
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

5. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati

Di UIN Sunan Gunung Djati, Ilmu Komunikasi menjadi bagian dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Ilmu Komunikasi di Bandung ini menawarkan fokus kajian Jurnalistik dan Hubungan Masyarakat. Untuk Jurnalistik, mata kuliahnya antara lain Bahasa Jurnalistik, Komunikasi Massa, Teori Komunikasi, Sejarah Media, Jurnalistik Profetik, dan lain-lain. Sementara peminatan Humas, mata kuliah yang dipelajari adalah Fotografi, Manajemen Public Relations, Sosiologi Antropologi Komunikasi, Sistem Politik Indonesia, Management Event, dan lain sebagainya.

universitas swasta jurusan ilmu komunikasi terbaik di bandung
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

6. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Bandung

Jurusan Ilmu Komunikasi di Bandung memang ada yang di kampus negeri, ada pula yang di kampus swasta. Namun dalam daftar PTS di Bandung, khususnya yang membuka Prodi Ilmu Komunikasi, tak lengkap tanpa menyebutkan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Bandung

Lebih dikenal dengan kependekan Stikom Bandung, perguruan tinggi ini membuka Prodi S1 Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Jurnalistik, Broadcasting, Public Relations, Multimedia, Komunikasi Bisnis, dan Manajemen Komunikasi. Sobat Pintar yang pengin daftar kuliah di Bandung dapat mengunjungi kampus Stikom yang berada di Jl. Bojong Koneng No.9.

Namun jika kamu pengin alternatif yang lebih cepat dan simpel, Aku Pintar menyediakan form pendaftaram STIKOM Bandung. Form pendaftaran kampus ini memungkinkan Sobat melakukan pendaftaran secara online.

Daftar kuliah online itu enggak cuma lebih cepat dan simpel, Sobat Pintar, tetapi biayanya juga lebih murah daripada mendaftar secara offline. Nah, kamu bisa langsung ke laman Pendaftaran Kampus untuk daftar online Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Bandung.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog