redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia, image via www.kerjakuliah.com

6 Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia

Beberapa jurusan kuliah hanya ada di Indonesia karena keterikatannya dengan bidang ilmu terkait.

Kalau Sobat Pintar ingin memperdalam tentang Sastra Inggris diperguruan tinggi, apakah harus kuliah di Inggris? Bagaimana dengan Bahasa dan Sastra Jepang atau Korea, apa harus ke negara asalnya juga? No, you don't have to. Di Indonesia sudah ada jurusan-jurusan tersebut.

Tapi beberapa jurusan berikut ini hanya ada diperguruan tinggi di Indonesia. Kenapa bisa begitu? Salah satu sebabnya karena budaya yang menjadi bidang kajiannya memang berasal dari Indonesia. Lantas, apa saja jurusan-jurusan unik ini?

 

1. Sastra Jawa

Pastinya, jurusan ini hanya ada di Indonesia. Jurusan atau Program Studi Sastra Jawa dengan akreditasi A berada di Universitas Negeri Semarang, Universitas Indonesia, dan Universitas Gadjah Mada. Universitas Udayana juga memiliki akreditasi A pada Jurusan Sastra Jawa Kuna.

Selain kesusastraan Jawa, jurusan ini mengajarkan tentang berbagai aspek budaya Jawa. Jurusan Sastra Jawa sendiri lumayan jarang diminati oleh pelajar dalam negeri, tapi justru mahasiswa asing yang tertarik pada budaya Jawa ingin kuliah di Indonesia.

Ada pula Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa yang mempersiapkanmu dengan lebih baik untuk mengajar Bahasa Jawa di sekolah. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa dengan akreditasi A berada di Universitas Negeri Semarang. Jurusan yang sama di Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Muhammadiyah Purworejo memiliki akreditasi B.

 

2. Seni Pedalangan

Jurusan Seni Pedalangan dengan akreditasi A berada di Institut Seni Indonesia Surakarta dan Institut Seni Indonesia Denpasar. ISI Yogyakarta pun memiliki jurusan ini, namun dengan akreditasi B. Selain itu, Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta juga memiliki Jurusan Seni Pedalangan pada jenjang D3 dengan akreditasi C.

Dijurusan ini diajarkan tentang seni pertunjukan wayang tradisional, mulai dari musik pendamping pertunjukan wayang (pakeliran), alur cerita, hingga penyesuaian nilai yang ingin disampaikan agar sesuai dengan perkembangan zaman. Tapi tak harus menjadi pedalang, alumninya dapat pula berprofesi sebagai peneliti, pengamat seni, bahkan penulis naskah.

 

3. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pastinya, kalau ingin belajar bagaimana mengajar matapelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, kuliahnya harus di Indonesia. Kebutuhan guru Bahasa Indonesia cukup tinggi khususnya di daerah-daerah terpencil yang masih menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar sehari-hari. Jurusan ini pun ada di banyak kampus.

 

4. Teknologi Batik

Saat ini Jurusan Teknologi Batik masih tersedia pada jenjang D3. Teknologi Batik di Universitas Pekalongan memiliki akreditasi B serta Batik dan Fashion di Institut Seni Indonesia Yogyakarta juga memiliki akreditasi B. Sementara itu, Teknik Batik di Politeknik Pusmanu, Pekalongan, memiliki akreditasi C.

Dijurusan ini dipelajari tentang teknik pembatikan, termasuk pula sejarah hingga filosofi batik. Dengan gelar Ahli Madya (A.Md.), alumni Teknologi Batik tak hanya tahu tentang batik dan terampil dalam membatik, namun juga dapat mengembangkan teknologi batik dan menciptakan usaha batik secara mandiri.

 

5. Seni Karawitan

Jurusan Seni Karawitan dengan akreditasi A berada di Institut Seni Indonesia Denpasar dan Institut Seni Indonesia Surakarta. Jurusan ini memiliki akreditasi B di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta, Surabaya, ISI Yogyakarta, dan ISI Padang Panjang. Sementara itu, akreditasi C berada di Universitas Hindu Indonesia, Denpasar.

Mahasiswa Seni Karawitan belajar tentang seni musik dari berbagai daerah. Selain belajar tentang teknik vokal seperti menyinden, mahasiswa jurusan ini pun belajar memainkan alat musik tradisional seperti gendang, kecapi, gamelan, suling, dan lain-lain.

 

6. Tasawuf Psikoterapi

Ingin belajar Tasawuf Psikoterapi? Sobat dapat memilih kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, atau Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Tasawuf Psikoterapi pada kedua perguruan tinggi Islam ini memiliki akreditasi B.

Jurusan ini pada dasarnya menggabungkan dua disiplin ilmu, yaitu tasawuf atau sufisme dengan psikologi. Dalam tasawuf dipelajari tentang cara-cara menyucikan jiwa hingga mencapai kebahagiaan. Sedangkan dalam psikologi, yang dipelajari adalah terapi kesehatan mental yang terkait perasaan, pikiran, dan perilaku.

 

Are you familiar with all studies above, Sobat Pintar? Atau sebaliknya, seluruhnya masih terasa asing? Memang ada beragam jurusan atau program studi diperguruan tinggi. Wajar bila kita merasa belum mengenal beberapa jurusan.

Sobat ingin tahu lebih banyak? Lihat ragam jurusan pada fitur Kampus Pintar, ya!

Lebih masukan Blog

Sobat Mengalami 3 Kejadiaan Ini Saat Tidur?

Berapa kali kita merebahkan badan dimalam hari dan menganggapnya biasa-biasa saja?...

Berjiwa Pendidik? Lihat 7 Referensi Jurusan Ini

Adakah Sobat Pintar yang bercita-cita menjadi guru? Lebih dari sekedar mengajar suatu...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line