APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

6 Kampus Swasta di Kalimantan dengan Akreditasi B

Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Kalimantan saat ini punya lebih banyak pilihan kampus-kampus swasta terbaik.

kampus swasta di Kalimantan, Photo by Roni Darmanto on Unsplash

Kampus swasta di Kalimantan yang paling difavoritkan itu apa aja, sih? Nah, pertanyaan ini mungkin pernah, atau bahkan sering, ditanyakan oleh Sobat Pintar yang berpikir untuk kuliah di Kalimantan. Biar enggak kelamaan overthinking, skuy lihat sederet perguruan tinggi swasta di Kalimantan yang sudah mengantongi akreditasi B dari BAN PT di bawah ini.

perguruan tinggi swasta di Kalimantan
Photo by Lilly Rum on Unsplash

1. Universitas Balikpapan

Universitas di Kalimantan ini berdiri pada tahun 1981 dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur. Berlokasi di Jl.Pupuk Raya Gn. Bahagia Balikpapan, Universitas Balikpapan saat ini menaungi delapan fakultas. Apa saja pilihan prodi untuk calon mahasiswa dari lulusan SMA/sederajat?

Uniba, demikian universitas yang ada di balikpapan ini lebih dikenal, membuka Program D4 K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Pada Program S1-nya, Universitas Balikpapan membuka Jurusan Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Ekonomi, Ilmu Hukum, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, Akuntansi, Manajemen, dan Sastra Inggris.

universitas apa saja yang ada di Kalimantan?
Photo by Annie Spratt on Unsplash

2. Universitas Muhammadiyah Pontianak

Ada lagi sebuah universitas swasta di Pontianak nih, Sobat Pintar. Lebih dikenal dengan kependekannya, UM Pontianak, Universitas Muhammadiyah Pontianak resmi berdiri pada tahun 1990 dan kampusnya berlokasi di Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat.

Apa saja pilihan jurusan yang ada di Universitas Muhammadiyah Pontianak? Universitas swasta di Kalimantan ini membuka Program S1 Bisnis Digital, Budidaya Perairan, Ilmu Hukum, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Manajemen Bisnis Syariah, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Kimia, Psikologi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknik Mesin.

universitas yang ada di balikpapan
Photo by Thought Catalog on Unsplash

3. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Tentu saja, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda berlokasi di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda No. 80. Nama universitas di Kalimantan ini sama dengan nama yayasan pendirinya, Yayasan Pendidikan 17 Agustus 1945 Samarinda. Berdiri pada tahun 1963, kini Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda menaungi Program S1 Administrasi Publik, Agroteknologi, Akuntansi, Arsitektur, Hukum, Kehutanan, Manajemen, Psikologi, dan Teknik Sipil.

universitas swasta yang ada di Kalimantan
Photo by Cassidy Dickens on Unsplash

4. Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

Universitas di Kalimantan Tengah ini lahir dari Muktamar Muhammadiyah ke 41 di Surakarta. Diresmikan pada tahun 1987, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya saat ini berkampus di Jl. RTA. Milono KM 1.5 Palangka Raya. Di kampus inilah mahasiswa-mahasiswa Program D3 dan S1 berkuliah. Lantas apa saja jurusan yang ada pada kedua program tersebut?

Pada Program D3, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, atau lebih dikenal dengan UM Palangkaraya, membuka Jurusan Analis Kesehatan dan Farmasi. Untuk Program S1-nya, universitas swasta di Kalimantan ini menawarkan pilihan Jurusan Agroteknologi, Bimbingan dan Konseling, Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah), Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komputer, Ilmu Komunikasi, Kehutanan, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Teknik Lingkungan, dan Teknik Sipil.

universitas swasta yang ada di banjarmasin
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

5. IKIP PGRI Pontianak

PTS di Kalimantan ini lahir dari Pengurus Daerah PGRI Kalimantan Barat dan resmi berdiri pada tahun 1981. Kemudian, IKIP PGRI Pontianak dikelola di bawah Yayasan Pendidikan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia (YPT-PGRI) Pontianak. Kampusnya berlokasi di Jl.Ampera No.88 Pontianak, yang menjadi tempat kuliah di Kalimantan bagi mahasiswa Program S1 Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, dan Pendidikan Teknologi Informasi.

universitas swasta yang ada di pontianak
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

6. Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Universitas swasta di Banjarmasin ini dikenal dengan kependekan Uvaya. Universitas Achmad Yani didirikan pada tahun 1983 oleh Yayasan Pendidikan Universitas Achmad Yani Kalimantan Selatan. Universitas di Kalimantan ini memiliki dua lokasi kampus, yakni di Banjarmasin dan Banjarbaru.

Di Banjarmasin, alamat kampus Universitas Achmad Yani adalah di Jalan Ahmad Yani KM 5,5 Pemurus Baru. Sementara di Banjarbaru, alamat kampusnya di Jalan Ahmad Yani, KM. 32.5, Loktabat Selatan, Guntung Payung, Landasan Ulin. Kampus Banjarmasin menaungi empat fakultas, sedangkan kampus Banjarbaru menjadi tempat kuliah di Kalimantan bagi mahasiswa Fakultas Pertanian. Oleh karena itu, tak jarang Universitas Achmad Yani juga dikenal sebagai salah satu universitas swasta di Banjarbaru.

Lantas apa saja pilihan jurusan kuliah, baik di kampus Banjarmasin maupun Banjarbaru? Universitas Achmad Yani membuka Program S1 Administrasi Pendidikan, Agribisnis, Bimbingan dan Konseling, Budidaya Perairan, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Teknik Sipil. Pilihan jurusan yang cukup populer untuk kuliah di Kalimantan nih, Sobat.

 

Nah, sudah tahu kan, universitas apa saja yang ada di Kalimantan? Sekarang kamu punya lebih banyak referensi kampus dan jurusan untuk kuliah di Kalimantan. Udah punya jawaban dong, Sobat Pintar, kalau Mamak dan Abah nanyain kampus dan jurusan incaranmu.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog