APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

6 Kampus Swasta di Palembang dengan Akreditasi B

Kota Palembang menawarkan beragam pilihan pendidikan tinggi.

kampus swasta di Palembang, Photo by Hadi Utama on Unsplash

Kuliah di Palembang, tetapi di kampus swasta, Sobat Pintar? Enggak apa-apa, dong. Ada banyak kampus swasta di Palembang, dan cukup banyak juga yang sudah terakreditasi B oleh BAN PT. Masih belum yakin? Yuk, kepoin enam perguruan tinggi swasta di Palembang yang sudah terakreditasi B di bawah ini.

perguruan tinggi swasta di Palembang
Photo by Amine rock hoovr on Unsplash

1. Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang

Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang berdiri pada tahun 2020. Namun sebenarnya cikal bakal PTS Palembang ini sudah ada sejak tahun 1984 dengan berdirinya Sekolah Perawatan (SPK) Muhammadiyah Palembang, yang kemudian terus berkembang dengan menjadi sebuah akademi, sekolah tinggi, hingga institut seperti sekarang.

Lebih sering disingkat IKesT MP, Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang berlokasi tak jauh dari Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang dan Universitas Muhammadiyah Palembang. PTS di Palembang ini membuka Program D3 Fisioterapi, Kebidanan, Keperawatan, dan Kesehatan Lingkungan. Ada pula satu Program D4, yaitu Teknologi Laboratorium Medis.

Bagaimana kalau kamu ingin kuliah swasta di Palembang pada Program S1? Tenang, Sobat. Kampus swasta di Palembang ini juga menyediakan Program S1, yang terdiri dari Jurusan Gizi, Ilmu Keperawatan, dan Sistem Informasi.

universitas swasta terbaik di palembang
Photo by Gaelle Marcel on Unsplash

2. Politeknik Akamigas Palembang

Berdiri pada tahun 2006, Politeknik Akamigas Palembang merupakan satu-satunya PTS di Palembang yang secara spesifik menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang eksplorasi, eksploitasi dan pengolahan migas dan batubara. Ada empat Program D3 yang dibuka di Politeknik Akamigas Palembang, yakni Teknik Analisis Lab Minyak dan Gas, Teknik Eksplorasi Produksi Minyak dan Gas, Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, serta Teknik Pertambangan Batubara.

universitas yang ada di palembang
Photo by LinkedIn Sales Solutions on Unsplash

3. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda

Perguruan tinggi swasta di Palembang ini lebih dikenal dengan kependekannya, Stihpada. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda didirikan pada tahun 1994 dan saat ini menaungi satu saja Program S1, yakni Ilmu Hukum. Tertarik dengan kampus ini untuk kuliah di Palembang, Sobat Pintar? Kamu bisa langsung lanjut kuliah S2-nya di sini, loh.

universitas swasta yang ada di Palembang
Photo by Hung Nguyen on Unsplash

4. Universitas Sjakhyakirti

Universitas Sjakhyakirti berdiri pada tahun 1953. Tak heran bila universitas swasta di Palembang ini dikenal sebagai pelopor pendidikan tinggi di Provinsi Sumatra Selatan. Universitas Sjakhyakirti saat ini menyediakan Program S1 saja bagi calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat. Jurusan-jurusan yang ditawarkan yaitu Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Informatika, Manajemen, Pendidikan Matematika, dan Sistem Informasi.

universitas swasta di kota palembang
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

5. Universitas PGRI Palembang

Sejak tahun 2000, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Palembang berganti nama menjadi Universitas PGRI Palembang. Lantaran perubahan tersebut, universitas di Palembang ini sekarang menaungi fakultas-fakultas nonkependidikan pula. Lantas apa saja pilihan jurusan kuliah yang disediakan di universitas swasta Palembang ini?

Universitas PGRI Palembang membuka Program D3 Budi Daya Ikan. Salah satu universitas swasta terbaik di Palembang ini juga menawarkan banyak pilihan jurusan kuliah pada Program S1, antara lain Akuntansi, Bimbingan dan Konseling, Biologi, Bisnis Digital, Fisika, Ilmu Perikanan, Manajemen, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Fisika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Seni Pertunjukan, Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif, Sains Lingkungan, Teknik Elektro, Teknik Kimia, dan Teknik Sipil.

PTS yang ada di Palembang
Photo by Emmanuel Ikwuegbu on Unsplash

6. Universitas Muhammadiyah Palembang

Berawal dari sebuah Fakultas Hukum dan Fakultas Filsafat Muhammadiyah (FHFM) pada tahun 1963, Universitas Muhammadiyah Palembang telah berkembang menjadi salah satu universitas yang ada di Palembang seperti sekarang. Dari tiga fakultas saja saat kampus swasta di Palembang ini resmi menyandang nama universitas, kini Universitas Muhammadiyah Palembang telah menaungi tujuh fakultas.

Apa saja pilihan jurusan kuliah pada fakultas-fakultas tersebut? Universitas swasta di Palembang ini menyelenggarakan perkuliahan Program S1 Administrasi Pendidikan, Agribisnis, Agroteknologi, Akuakultur, Akuntansi, Arsitektur, Bisnis Digital, Ekonomi Syari'ah, Hukum, Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah), Kedokteran, Kehutanan, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Sejarah, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknologi Informasi, dan Teknologi Pangan.

 

Dari daftar universitas di Palembang di atas, manakah kampus incaranmu, Sobat Pintar? Eitts, jangan cuma mengincar kampusnya, tetapi pastikan juga kamu juga sudah memilih jurusan kuliah yang cocok sama bakat, minat, dan kemampuanmu. Dengan begitu, entah nanti kuliah di Palembang atau di kota lain, kamu bakal tetap enjoy dan bersemangat menjalaninya.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog