APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

6 Prodi Soshum Favorit Pilihan Lintas Jurusan Anak IPA di SBMPTN

Beberapa jurusan IPS menjadi incaran untuk lintas jurusan anak IPA di SBMPTN.

Lintas Jurusan, photo by PhotoMIX-Company on pixabay

Adakah Sobat Pintar yang berencana linjur/ lintas jurusan pada SBMPTN tahun depan? Yes, lintas jurusan memang terkesan unfair karena anak IPA tampaknya memiliki jauh lebih banyak pilihan daripada anak IPS dan Bahasa. But let's put it aside for now.

Bukan hal yang baru bila anak IPA lintas jurusan. And if you're one of them, do you know your options, Sobat? For now, kita lihat yuk, apa saja pilihan jurusan anak IPA yang mau linjur.

 

1. Akuntansi

Did you think Accounting is about Economics? No, Sobat Pintar. It's more about Mathematics. Itulah sebabnya, tak heran bila Akuntansi menjadi pilihan favorit lintas jurusan anak IPA. Tapi perlu diingat, jurusan ini pun favoritnya anak IPS, jadi seleksi masuknya pasti cukup ketat.

How's your chance, then? Well, why don't you create yours? Jika Sobat Pintar berencana untuk mengikuti SBMPTN lintas jurusan ke Akuntansi, pastikan persiapan dan usahamu untuk lintas jurusan tak setengah-setengah.

 

2. Hubungan Internasional

Ada banyak faktor yang mempengaruhi peluang anak IPA masuk jurusan IPS. Selain keketatan persaingan masuk, minat dan kemampuanmu selama kuliah sama pentingnya. Di Jurusan Hubungan Internasional, misalnya, minatmu pada ilmu sosial boleh jadi dapat membantumu menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Bagi anak IPA, keadaan dan sistem ekonomi, interaksi budaya, tingkat kesejahteraan, konflik, situasi politik, hingga perdamaian wilayah dan krisis militer suatu negara bukan hal-hal yang familiar. Tapi prodi lintas jurusan anak IPA yang satu ini pasti menarik bagi Sobat Pintar yang memang memiliki minat pada ilmu sosial.

 

3. Psikologi

Psikologi cukup sering dipilih oleh anak IPA lintas jurusan. Sobat Pintar juga? But did you know? Psikologi ada yang termasuk ke dalam rumpun Saintek. Alih-alih lintas jurusan anak IPA bisa memilih Psikologi Saintek, Sobat!

Tentunya, Psikologi Saintek dan Psikologi Soshum berbeda. Psikologi Soshum bisa menjadi pilihan jurusan anak IPA yang lintas jurusan, tapi Psikologi Saintek juga patut dipertimbangkan lho, Sobat.

 

4. Ilmu Ekonomi

Surprise, surprise! Sama seperti Akuntansi, Ilmu Ekonomi juga sebenarnya "dekat" dengan IPA. Selain perhitungan matematis, kemampuan analitis anak IPA akan cukup bermanfaat di jurusan ini. Bahkan karena begitu advanced-nya Matematika di jurusan ini, anak IPA lintas jurusan mungkin tak merasa sedang lintas jurusan.

 

5. Ilmu Hukum

Anak IPA tertarik juga dengan Ilmu Hukum? Well, it turns out that Law School is interesting for many students. Bahkan, Ilmu Hukum menjadi prodi lintas jurusan anak IPA yang cukup difavoritkan. Kabar baiknya, banyak universitas yang membuka jurusan ini dengan daya tampung yang cukup besar, pula.

 

6. Ilmu Komunikasi

Sobat Pintar pernah merasa telah berada di kelas yang salah selama ini? Apakah moment lulus sekolah akan menjadi kesempatanmu untuk linjur/ lintas jurusan? And if the answer is yes, will you think about Communication Science?

Jurusan ilmu sosial yang satu ini mencakup Jurnalistik, Komunikasi Pemasaran, Penyiaran (Broadcasting), Periklanan (Advertising), Hubungan Masyarakat (Public Relation), hingga Desain Komunikasi Visual. Definitely, Ilmu Komunikasi memang jurusan anak IPA yang mau linjur ke ranah IPS.

 

Whether we like it or not, anak IPA terbilang berada di atas angin dalam hal linjur/ lintas jurusan. Secara umum, pilihan prodi lintas jurusan anak IPA jauh lebih banyak daripada pilihan anak IPS maupun Bahasa. Tapi perlu dicatat, tiap universitas punya kebijakan berbeda tentang linjur/ lintas jurusan.

UGM, ITB, dan UI, misalnya, membolehkan anak IPA lintas jurusan pada SBMPTN 2020. Sedangkan bagi anak IPS, hanya tiga jurusan Saintek yang bisa dipilih di UGM, yaitu Pembangunan Wilayah, Statistika, dan Aktuaria. Calon mahasiswa baru dari SMK di ITB, misalnya, hanya bisa memilih jurusan-jurusan di Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Universitas yang memperbolehkan lintas jurusan ke Soshum bagi anak IPA tak hanya tiga universitas di atas. Then again, setiap universitas dan jurusan punya kebijakan sendiri mengenai linjur/ lintas jurusan. Jangan ragu untuk memastikan dengan universitas dan jurusan incaranmu ya, Sobat.

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog