APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Prospek Kerja bagi Alumni Jurusan Pariwisata

Sebelum kuliah Pariwisata, ketahui terlebih dahulu apa saja prospek kerja bagi lulusannya.

Lulusan Pariwisata bisa kerja apa aja, sih? Pertanyaan seperti ini pasti pernah mampir di kepala kalian yang lagi menimbang-nimbang buat kuliah Pariwisata. Tak jarang, kita juga mendapatkan pertanyaan serupa dari orang tua atau keluarga besar. Mereka kayak enggak percaya, "Kamu kuliah Jurusan Pariwisata kerja apa?" Begitu ga, Sobat Pintar?

Sebenarnya tak ada yang salah dengan pertanyaan seperti itu, Sobat. Adalah hal yang wajar untuk memikirkan dampak jangka panjang dari keputusan yang kita buat hari ini. Jika memutuskan untuk kuliah di Prodi Pariwisata, kamu harus tau dong, prospek kerja pariwisata setelah lulus kuliah itu seperti apa. Nah, sebagai gambaran, berikut beberapa peluang kerja yang biasanya laris manis diisi oleh lulusan Pariwisata.

 

1. Bisnis Perjalanan Wisata/Tour and Travel

prospek kerja jurusan pariwisata
Photo by Asad Photo Maldives on Pexels

Industri pariwisata yang masih terus berkembang, baik di Indonesia maupun global, berarti banyak orang yang melakukan perjalanan. Kebanyakan orang saat ini menggunakan jasa aplikasi perjalanan untuk merencanakan perjalanan mereka, baik untuk berlibur maupun bekerja. Selama kamu bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi, jasa tour and travel masih mampu menawarkan prospek kerja pariwisata yang menjanjikan.

Sebagai lulusan Pariwisata, kamu memiliki pemahaman yang mendalam tentang destinasi wisata, transportasi, akomodasi, budaya, dan berbagai aspek penting lainnya. Pemahaman teknologi dan keterampilan interpersonal adalah kompetensi yang dapat membantumu melayani pelanggan dalam merencanakan perjalanan wisata maupun kerja.

 

2. Travel Blogger atau Vlogger

jurusan pariwisata kerja apa
Photo by Josh Hild on Unsplash

Perkembangan teknologi dan popularitas media sosial menawarkan prospek kerja pariwisata yang pasti kalian sudah familiar banget: blogger dan vlogger. Tergantung kamunya sendiri, Sobat, lebih suka bikin konten dalam bentuk video atau tulisan. Melalui akun media sosial atau web, kamu bisa membagikan pengalaman perjalanan, memberikan tips perjalanan, menceritakan budaya lokal, atau merekomendasikan destinasi tertentu. Konten yang menarik, relevan, informatif, menginspirasi, dan berkualitas tinggi dapat menarik sponsor atau mitra, entah brand tertentu di industri pariwisata, maskapai penerbangan, atau hotel, yang tertarik untuk bekerja sama. Kamu bisa mendapatkan penghasilan melalui konten berbayar, promosi produk, program afiliasi, atau penjualan produk seperti buku panduan perjalanan dan merchandise.

Asyiknya, kamu enggak harus menunggu sampai menjadi Sarjana Pariwisata untuk menjadi seorang travel blogger atau vlogger. Kamu bisa menyesuaikan jadwal kerjamu dengan kuliah sambil terus meningkatkan keterampilan menulis, fotografi, pengeditan video, maupun pemasaran digital.

 

3. Event Organizer

universitas yang ada jurusan pariwisata
Image by AngieToh on Pixabay

Industri perhotelan dan pariwisata selalu dekat dengan perhelatan acara atau event. Bahkan, industri event sendiri terus berkembang. Tak sedikit acara perusahaan, konferensi, pameran, festival, atau acara pariwisata lainnya yang membutuhkan jasa event organizer. Nah, lulusan pariwisata tuh biasanya punya pengetahuan dan keterampilan untuk merencanakan dan melaksanakan acara-acara tersebut.

Untuk menjadi seorang event organizer yang handal, kamu perlu memiliki kreativitas dan kemampuan inovasi dalam menciptakan pengalaman yang unik dan menarik bagi peserta acara. Manfaatkan pengetahuan tentang destinasi wisata, budaya lokal, dan atraksi pariwisata yang kamu pelajari selama kuliah Pariwisata untuk mengembangkan konsep acara yang menarik. Sesuai dengan konsep acaranya, entah festival atau pameran, kamu dapat menggabungkan elemen pariwisata seperti kuliner, budaya, atau aktivitas petualangan agar acara tersebut semakin menarik.

 

4. Tour Guide

S1 pariwisata bisa kerja dimana saja
Photo by Oxana Melis on Unsplash

Kamu masih nanyea (atau ditanyea), S1 pariwisata bisa kerja dimana saja? Sekali lagi, enggak mesti menunggu sampai menjadi Sarjana Pariwisata untuk bekerja di industri ini, Sobat. Tour guide, misalnya, adalah salah satu prospek kerja Jurusan Pariwisata yang sudah dikenal menjanjikan bagi mahasiswa Pariwisata.

Tour guide atau pemandu wisata dibutuhkan karena memampuannya untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman yang mendalam tentang suatu tempat wisata. Lulusan pariwisata, dengan pengetahuan yang baik tentang sejarah, budaya, atraksi wisata, dan bahasa asing, tentu memiliki keunggulan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Agar dapat menjalani profesi ini dengan sukses, kamu membutuhkan kemampuan berkomunikasi dan interaksi sosial yang baik dengan berbagai jenis orang. Keahlianmu dalam menyampaikan informasi dengan jelas dan menarik amat diperlukan, sekaligus membuat wisatawan merasa nyaman saat kamu menjawab pertanyaan dan memberikan panduan yang dibutuhkan. Dengan begitu, wisatawan semakin mengapreasiasi dan memahami destinasi yang sedang dikunjungi.

 

5. Dosen atau Guru

Apa gelar sarjana pariwisata
Photo by Ariv Kurniawan on Unsplash

Kamu sudah tau kan, apa gelar Sarjana Pariwisata? Setelah lulus kuliah Jurusan Pariwisata, kamu berhak menyandang gelar S. Par, Sobat Pintar. Jika memiliki passion untuk mengajar di SMK, kamu bisa mengikuti program sertifikasi Pendidikan Profesi Guru (PPG). Untuk mengajar di politeknik, sekolah tinggi, atau universitas jurusan pariwisata, kamu harus melanjutkan kuliah lagi ke Program S2 Pariwisata.

Untuk mengembangkan sektor pariwisata yang berkualitas, dibutuhkan tenaga pendidik yang kompeten dan berpengalaman. Lulusan Pariwisata yang memiliki pengalaman praktis dan memahami tren terbaru dalam perkembangan industri pariwisata dapat memberikan kontribusi yang berharga sebagai dosen atau guru pariwisata. Menjadi tenaga pendidik adalah kesempatanmu untuk membimbing dan menginspirasi generasi berikutnya agar memahami dan mengembangkan potensi dalam industri pariwisata.

Makin tertarik kuliah Pariwisata ga, nih? Kamu pengin kuliah di kampus pariwisata terbaik di Indonesia? Sekarang sudah banyak universitas yang ada Jurusan Pariwisata di Indonesia, loh.

Akademi Pariwisata Nasional Indonesia salah satunya. AKPARINDO adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Bandung yang juga membuka Jurusan Perhotelan dan Pariwisata. Nah, siap kuliah dan menjadi mahasiswa Pariwisata, Sobat Pintar? Sekarang kamu sudah bisa melakukan pendaftaran mahasiswa baru AKPARINDO secara online melalui Aku Pintar. Pendaftaran secara online seperti ini bisa bikin kamu berhemat karena biayanya lebih bersahabat. Kamu juga enggak perlu mengeluarkan biaya akomodasi untuk datang langsung ke kampus, kan?

270

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog