redesain-navbar Portlet

null

Blog

6 Prospek Kerja Sistem Informasi: Berapa Perkiraan Penghasilannya?

Prospek kerja Sistem Informasi memberi peluang penghasilan yang memadai.

Prospek Kerja Sistem Informasi, image credit John Schnobrich

Semakin difavoritkan oleh para calon mahasiswa baru, prospek kerja Jurusan Sistem Informasi semakin mendapat sorotan. Apalagi, prospek penghasilan yang ditawarkan di bidang Sistem Informasi tak mengecewakan. Apakah Sistem Informasi sudah menarik minatmu selama ini, Sobat?

First thing first, sebenarnya Jurusan Sistem Informasi kerja apa, sih? Berapa kira-kira penghasilan yang bisa kita peroleh? Aren't you curious, Sobat? Nah, inilah prospek kerja Sistem Informasi dengan perkiraan gaji yang mungkin dibawa pulang setiap bulannya.

 

1. Programmer

Programmer adalah salah satu peluang kerja Jurusan Sistem Informasi yang cukup populer. Dengan bekal pengetahuannya di bidang IT, alumni Sistem Informasi dapat bekerja sebagai Programmer yang handal. Kisaran penghasilan profesi ini pada awalnya antara Rp4 hingga Rp6 juta per bulan. Pada perusahaan besar, bukan tidak mungkin gaji yang ditawarkan mencapai Rp10 juta.

 

2. Software Engineer

Pekerjaan Software Engineer biasanya seputar mengembangkan software, software maintenance, maupun manajemen organisasi. Dalam beberapa tahun belakangan, penghasilan prospek kerja Sistem Informasi ini berkisar antara Rp5 hingga Rp11 juta per bulan. Bahkan, bukan tidak mungkin angka ini meningkat sampai Rp19 juta.

 

3. IT Consultant

Seorang IT Consultant bertugas membantu klien tentang web development, elektronik, Sistem Informasi, software, dan hal-hal lain seputar IT. IT Consultant juga membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT-nya. Seberapa baik peluang kerja Jurusan Sistem Informasi yang satu ini?

Penghasilan awal seorang IT Consultant pada awalnya berada dalam kisaran Rp6 hingga Rp11 juta per bulan. Seiring dengan bertambahnya masa kerja dan pengalaman, harga jasa yang diberikan menghasilkan hingga Rp22 jutaan. Bukankah ini prospek Sistem Informasi yang membuatmu jadi semakin bersemangat belajar, Sobat?

 

4. Database Administrator

Sobat Pintar sering mendengar kata admin? Ternyata admin merupakan prospek Jurusan Sistem Informasi, Sobat! Nah, ini dia profesi admin yang sesungguhnya: si Database Administrator.

Admin yang satu ini pekerjaannya mengelola data perusahaan. Yang termasuk mengelola yaitu mendesain, mengembangkan, memantau, dan meningkatkan kapasitas maupun kinerja database perusahaan. Prospek kerja Sistem Informasi ini pun terkait dengan programming, seperti merancang, implementasi, maintenance, dan melakukan perbaikan program apabila diperlukan.

For such a broad range of work, how much will you make per month, Sobat? Rate awal gaji Database Administrator berkisar antara Rp4 hingga Rp8 juta.

 

5. System Analyst

Prospek kerja Sistem Informasi yang satu ini lebih terfokus pada sistem IT, seperti mengelola aplikasi, membuat spesifikasi yang digunakan oleh programmer, maupun mengidentifikasi apa saja kebutuhan user agar sistem yang dikembangkan nantinya sesuai dengan yang diharapkan.

Penghasilan seorang System Analyst pada awal kariernya berkisar antara Rp6 hingga Rp12 juta. Seiring waktu, gaji Rp20-an juta per bulan bukan tidak mungkin diperoleh.

 

6. Cyber Security Analyst

Dikenal juga dengan profesi network security, prospek kerja Sistem Informasi ini mencermati tentang keamanan jaringan. Pastinya, pekerjaan profesi ini mencakup pengujian sistem keamanan. Di negara-negara maju, network security merupakan peluang kerja Jurusan Sistem Informasi yang mampu memberikan penghasilan memuaskan. Di dalam negeri, gaji awal profesi ini berkisar antara Rp4 juta hingga Rp8 juta.

 

But, of course, ada berbagai hal yang mempengaruhi besaran gaji suatu profesi – apapun itu. It's wise to look at the amount of salary above as a mere prediction.

Last but not least, jangan menggunakan gaji prospek kerja Sistem Informasi sebagai satu-satunya alasan untuk kuliah di jurusan ini ya, Sobat. Lagipula, peluang kerja Jurusan Sistem Informasi jauh lebih beragam dari keenam profesi di atas. Maka, penghasilan yang mungkin kelak diperoleh pun tentu beragam pula.

90

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp