APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

6 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Kerja di Perusahaan Migas (Oil & Gas)

Kuliah di jurusan yang tepat dapat membuka peluang untuk bekerja di perusahaan yang tepat.

Photo by Robin Sommer on Unsplash

Pertambangan dan perminyakan adalah dua industri dengan profit yang cukup besar di Indonesia. PT Pertamina (Persero), PT Chevron Pacific Indonesia, PT ExxonMobil Indonesia, dan lain-lain adalah perusahaan-perusahaan migas yang dikenal dengan prospek kerja yang menjanjikan. Kamu juga pengin kerja di perusahaan-perusahaan migas seperti itu, Sobat Pintar? Terus, kamu sudah tau belum, untuk kerja di migas harus lulusan apa? Ini dia, beberapa rekomendasi jurusan pertambangan dan perminyakan yang wajib kamu tau.

jurusan pertambangan dan perminyakan
Photo by Christopher Burns on Unsplash

1. Teknik Pertambangan

Jika impianmu adalah menjadi mahasiswa teknik, pertimbangkan untuk kuliah teknik perminyakan dan pertambangan, Sobat. Ada beberapa univ jurusan pertambangan yang bisa kamu pilih, seperti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, ataupun Universitas Hasanuddin.

Menjadi mahasiswa Teknik Pertambangan di kampus-kampus tersebut bakal kasih kamu kesempatan buat belajar tentang proses pengambilan sumber daya mineral dari bumi dan pemanfaatannya secara efisien dan aman. Perkuliahan teknik perminyakan dan pertambangan di jurusan ini meliputi geologi, hidrologi, mekanika tanah, rekayasa mekanik, hingga rekayasa lingkungan. Setelah lulus kuliah, kamu bakal punya bekal pengetahuan tentang eksplorasi, perencanaan tambang, pengelolaan tambang, pengolahan mineral, reklamasi lahan, manajemen lingkungan, prinsip-prinsip keuangan, maupun manajemen.

teknik perminyakan dan pertambangan
Photo by Martin Damboldt on Pexels

2. Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan adalah salah satu jurusan migas yang membekalimu dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja di industri ini. Mau ngintip kuliah perminyakan kayak apa? Di jurusan ini kamu belajar tentang cara mengebor, mengeksplorasi, mengolah, dan mengeksploitasi minyak bumi dan gas alam. Namanya saja Jurusan Teknik Perminyakan, pastinya ada aspek-aspek teknis yang dipelajari, seperti geologi, geofisika, reservoir engineering, drilling, produksi, perencanaan, manajemen operasi lapangan, hingga pengelolaan aset minyak dan gas.

Terus, di mana kuliah perminyakan? Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta juga membuka Jurusan Teknik Perminyakan, Sobat. UKT atau biaya kuliah Teknik Perminyakan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta saat ini dimulai dari Rp500.000,00 untuk golongan I sampai Rp11.649.000,00 untuk golongan VIII.

Beberapa mata kuliah Teknik Perminyakan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta antara lain Mekanika Reservoir, Thermodinamika, Mekanika Fluida, Peralatan Pemboran, Praktikum Analisa Lumpur Pemboran, Praktikum Peragaan Peralatan Pemboran, Prinsip Sratigrafi, Operasi Pemboran Panas Bumi, Penilaian Formasi, Praktikum Penilaian Formasi, Praktikum Uji Sumur, Teknik Reservoir Migas, Uji Sumur, Evaluasi Logging Sumur, Metode Numerik, Peralatan Produksi, Praktikum Peragaan Peralatan Produksi, Teknik Eksploitasi Gas Bumi, Perilaku Reservoir, Praktikum Pemodelan Simulasi Reservoir, Ilmu Lingkungan, dan masih banyak lagi.

Dilihat dari daftar mata kuliah di atas, kita bisa tiba pada simpulan bahwa syarat masuk Teknik Perminyakan adalah kemampuan yang baik di mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia. Kuliah perminyakan juga membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris yang baik, Sobat, karena banyak materi kuliah Teknik Perminyakan yang harus kamu pelajari dalam bahasa asing ini.

Kerja di Migas Harus lulusan apa
Photo by Loic Manegarium on Pexels

3. Rekayasa Minyak dan Gas

Masih di bidang ilmu teknik, rekomendasi jurusan pertambangan dan perminyakan berikutnya adalah Rekayasa Minyak dan Gas (Oil and Gas Engineering). Apa itu Jurusan Rekayasa Minyak dan Gas?

Oil and Gas Engineering adalah bidang ilmu teknik yang menangani perencanaan, pembuatan, dan pemeliharaan sistem yang terlibat dalam produksi, pengolahan, transportasi, dan penyimpanan minyak dan gas bumi. Kuliah perminyakan di jurusan ini membuatmu belajar tentang pengeboran sumur, instalasi pipa, pengolahan minyak dan gas di pabrik, penyimpanan sementara di tangki-tangki sebelum dikirim ke pembeli, pemeliharaan dan perbaikan sistem, hingga pengelolaan aspek-aspek ekonomi dan lingkungan yang terkait dengan produksi minyak dan gas. Jurusan ini ada di Institut Teknologi Sumatera.

Perminyakan kuliah jurusan apa
Photo by Chris LeBoutillier on Unsplash

4. Teknik Geomatika

Teknik Geomatika memang tidak secara langsung terkategorikan sebagai jurusan pertambangan dan perminyakan. Namun di jurusan ini kamu belajar tentang teknologi informasi geografis (GIS), penginderaan jauh (remote sensing), dan sistem informasi geospasial (GIS) yang penting dalam pengelolaan sumber daya alam dan konservasi alam dalam industri pertambangan minyak dan gas. Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah salah satu kampus yang membuka Jurusan Teknik Geomatika.

Apa itu jurusan rekayasa minyak dan gas
Photo by Chris LeBoutillier on Unsplash

5. Teknik Geologi

Sebagai sebuah disiplin ilmu, Teknik Geologi menggabungkan antara pengetahuan geologi dengan teknik. Tujuan bidang ilmu ini adalah untuk menganalisis struktur bumi dan sumber daya alam yang terkandung di dalamnya, seperti mineral, batu bara, dan gas alam. Teknik geologi juga mencakup pengelolaan lingkungan dan dampak dari kegiatan eksplorasi sumber daya alam. Kalau begitu, Teknik Geologi juga bisa menjadi alternatif kuliah perminyakan kan, Sobat Pintar? Kamu bisa menjumpai jurusan ini di Universitas Padjadjaran.

S1 Teknik Perminyakan kerja apa
Photo by Kateryna Babaieva on Pexels

6. Teknik Geofisika

Teknik geofisika sendiri merupakan sebuah metode dalam pengukuran dan analisis sifat-sifat fisik bumi, seperti kepadatan ataupun magnetisasi, dan sifat elektrik bumi. Metode tersebut juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi sumber daya alam, seperti mineral, batu bara, dan gas alam. Kamu tentu sudah bisa menebak kan, Sobat, S1 Teknik Perminyakan kerja apa? Iya, pastinya peluang kerja lulusan jurusan ini enggak jauh-jauh dari bidang pertambangan dan perminyakan.

Sama seperti alumni Teknik Perminyakan, alumni Teknik Geofisika memang punya peluang kerja yang bagus di industri pertambangan dan perminyakan. Jika alternatif jurusan migas ini menarik, kamu bisa memilih kuliah di Universitas Syiah Kuala, Universitas Lampung, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, atau kampus-kampus yang lain.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan, untuk bekerja di industri pertambangan dan perminyakan kuliah jurusan apa? Apa pun jurusan yang kamu pilih, pertambangan dan perminyakan adalah bidang yang terus berkembang dan membutuhkan orang yang selalu siap belajar. Oleh sebab itu, kamu juga harus punya kemauan untuk belajar dan mengembangkan diri terus-menerus, Sobat Pintar.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog