redesain-navbar Portlet

null

Blog

6 Universitas di Bandung yang Terbaik: Negeri dan Swasta

Bandung memiliki sederet perguruan tinggi terbaik untuk menjadi pilihan tempat kuliah.

universitas di bandung, Photo by C D-X on Unsplash

Selain kafe atau distro, ternyata ada banyak universitas di Bandung loh, Sobat. Oke, meskipun enggak bisa dibandingkan, namun memang ada banyak tempat kuliah di Bandung. Sobat Pintar yang punya cita-cita kuliah di kota ini, wajib banget kepo dengan universitas yang ada di Bandung berikut ini.

universitas negeri di bandung
Photo by Teslariu Mihai on Unsplash

1. Institut Teknologi Bandung

Ini dia, seniornya pendidikan tinggi teknik di Indonesia. Dibilang senior karena Institut Teknologi Bandung adalah institusi khusus teknik yang pertama ada di negeri ini. Berdiri pada tahun 1959, perguruan tinggi di Bandung ini sekarang sudah berkembang pesat dan memiliki tiga kampus yaitu Ganesha, Kampus, dan Cirebon.

Khusus untuk kampus teknik ini, kita enggak ngepoin universitas di Bandung dan jurusannya ya, Sobat. Pasalnya, calon mahasiswa Institut Teknologi Bandung diharuskan memilih fakultas alih-alih jurusan, terutama di SBMPTN. Perkuliahan di Bandung bagi mahasiswa baru diselenggarakan per fakultas atau sekolah terlebih dulu. Loh, kok sekolah, sih? Perlu Sobat tahu, Institut Teknologi Bandung memiliki fakultas dan sekolah yang menanungi jurusannya masing-masing. Pembahasan fakultas selengkapnya dapat dibaca di sini dan sekolahnya di sini.

 

2. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas negeri di Bandung ini punya reputasi sebagai salah satu universitas keguruan terbaik di Indonesia. Catet ya, Sobat. Inilah tempat kuliah di Bandung buat Sobat Pintar yang bercita-cita menjadi guru. Ada delapan fakultas di Universitas Pendidikan Indonesia, selengkapnya dapat dibaca di sini.

 

3. Universitas Padjadjaran

Biarpun menjadi salah satu universitas yang ada di Bandung, sebenarnya kampus Bandung Universitas Padjadjaran hanya satu yaitu Kampus Dipati Ukur. Satu lagi kampusnya berada di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Bahkan, kampus utama Universitas Padjadjaran sebenarnya justru di Jatinangor. Mau tahu lebih banyak tentang universitas negeri di Bandung ini, Sobat? Selengkapnya dapat dibaca di sini.

 

4. Universitas Telkom

Lebih dikenal sebagai Telkom University, universitas swasta di Bandung ini sudah memiliki akreditasi institusi A dari BAN-PT. Prestasinya juga berjajar rapi, bahkan Telkom University pernah berada di peringkat pertama se-Asia, dan peringkat enam dunia, pada Global Cyberlimpics 2014 di Barcelona, Spanyol. Tak heran, Sobat. Salah satu universitas terbaik di Bandung ini banyak meluluskan pakar telekomunikasi dan IT di Indonesia. Cari tahu tentang fakultas dan jurusan kuliah Telkom University di sini, ya.

 

5. Universitas Komputer Indonesia

Kalau ada kategori kampus milenial, kayaknya universitas swasta di Bandung ini bakalan masuk di dalamnya, deh. Bukan apa sih, Sobat. Universitas Komputer Indonesia resmi berdiri pada tahun 2000. Walaupun masih terbilang muda bila dibandingkan kebanyakan perguruan tinggi yang lain, Universitas Komputer Indonesia nyatanya mampu melejit menjadi salah satu universitas terbaik di Bandung.

Jangan dipandang dari usia saja, Sobat. Universitas Komputer Indonesia saat ini sudah memiliki fakultas dan jurusan yang beragam. Universitas di Bandung ini menaungi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Desain, dan Sastra. Eh, ternyata enggak melulu kuliah komputer saja di kampus Bandung ini, ya!

 

6. Universitas Widyatama

Universitas Widyatama berdiri pada tahun 2001 sebagai penggabungan dari Sekolah Tinggi Disain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung. Itulah sebabnya, Universitas Widyatama masa kini menyelenggarakan perkuliahan di Bandung untuk jurusan-jurusan yang dulunya pernah ada pada sekolah tinggi tersebut.

Pada Program Sarjana dan D4, Universitas Widyatama menjadi tempat kuliah di Bandung untuk Jurusan Manajemen, Akuntansi, Perdagangan Internasional, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Perpustakaan dan Sains Informasi, Sarjana Terapan Desain Grafis, Sarjana Terapan Produksi Film dan Televisi, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang. Sedangkan untuk Program D3, Universitas Widyatama membuka Jurusan Manajemen, Akuntansi, Multimedia, dan Bahasa Jepang.

universitas swasta di bandung
Photo by Surface on Unsplash

Itulah tiga universitas swasta dan tiga universitas negeri di Bandung. Apakah cuma enam itu saja universitas yang ada di Bandung? Tentu tidak, Sobat. Masih banyak referensi universitas swasta di Bandung yang lain. Wajib banget dikepoin, tuh.

Sederet nama perguruan tinggi di Bandung yang telah disebutkan di atas menunjukkan bahwa kota ini memang punya reputasi sebagai kota pelajar. Tentu, boleh-boleh saja kok, mampir ke kafe atau distro selama menjalani perkuliahan di Bandung. Iya kan, Sobat?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet