APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

7 Hal yang Harus Dilakukan Menjelang Semester Baru oleh Mahasiswa Baru!

Awali semester kuliah dengan hal-hal yang mendukung pembelajaranmu

Foto oleh Armin Rimoldi dari Pexels

Apa saja yang harus dilakukan ketika pertama kali kuliah? Apa saja yang dibutuhkan mahasiswa? Pertanyaan ini pasti terngiang-ngiang bagi para mahasiswa baru. Yang harus dipersiapkan mahasiswa baru tentu banyak sekali mulai dari mempersiapkan segala materi yang yang dibutuhkan saat kuliah nanti, hingga mempersiapkan mental menghadapi lingkungan yang baru. Segala perubahan yang akan terjadi akan sangat berpengaruh pada kelancaran perkuliahan jika tidak dipersiapkan dengan baik.

Nah, tidak ada salahnya bagi Sobat Pintar untuk mulai mempersiapkan diri dan membuat resolusi dalam menyambut semester baru nanti? Apalagi di situasi pasca pandemi seperti sekarang ini, pasti ada hal-hal yang harus Sobat Pintar adaptasi terutama terkait kebijakan  baru di sekolah dan perguruan tinggi. Tidak perlu bingung, Sobat Pintar! Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu disiapkan saat semester baru. Apa sajakah itu? Simak dalam daftar berikut ini!

1. Pahami Tentang KRS

7 hal yang harus mahasiswa baru lakukan di semester baru
Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Sistem penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi tentu saja sangat berbeda dengan sistem pada jenjang sebelumnya. Jika pada saat SMA Sobat Pintar tinggal datang dan belajar karena semua jadwal pelajaran telah tersedia, saat kuliah tidak demikian. Di awal masuk kuliah, Sobat Pintar harus tahu tata cara mendaftar mata kuliah atau KRS. apa itu KRS?

KRS, yang merupakan kependekan dari Kartu Rencana Studi, adalah daftar mata kuliah yang akan diikuti atau diambil oleh mahasiswa dalam satu semester ke depan. Tanpa KRS ini, kita tidak akan bisa mengikuti perkuliahan. KRS ini ibaratnya seperti tiket sekaligus pedoman bagi Sobat Pintar untuk mengetahui apa saja mata kuliah yang akan dipelajari selama satu semester ke depan dan juga jadwal pelajaran selama satu semester. 

2. Perhatikan Tata Cara Mengisi KRS

Di dalam KRS atau Kartu Rencana Studi, biasanya tercantum nama dan nomor induk mahasiswa, angkatan, jurusan, fakultas, serta mata kuliah dan SKS-nya masing-masing. nah , apakah kita bisa mengisi KRS dengan mata kuliah apapun sesuka kita? Tentu saja tidak! Sobat Pintar harus tahu ketentuan-ketentuan yang diberikan oleh kampus. Ada mata kuliah wajib dan ada juga mata kuliah pilihan. Sobat Pintar juga harus memahami mata kuliah prasyarat yang harus diambil sebelum mengikuti mata kuliah tertentu.

But no worries, Sobat Pintar! Jika mengalami kebingungan, kita bisa berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik atau Dosen Wali. Pembimbing Akademik atau Dosen Wali adalah dosen yang ditunjuk untuk membimbing dan mengarahkan mahasiswa selama kuliah. Bisa dibilang, Dosen Wali ini seperti wali kelas saat kita bersekolah dulu.

3. Tumbuhkan Motivasi dan Semangat Baru

Mengawali semester baru dengan penuh semangat. Cara mempersiapkan diri untuk kuliah tidak hanya seputar perlengkapan dan buku-buku saja, lho! Sedini mungkin Sobat Pintar sudah harus mengibarkan semangat dan terus meningkatkan motivasi sehingga tidak akan gampang putus asa ketika mengalami masalah nanti. 

Supaya tetap termotivasi dan terus bersemangat belajar, Sobat Pintar wajib menemukan support system yang dapat memberikan dorongan dan juga dukungan positif. Support system bisa berasal dari keluarga, sahabat, dan juga teman-teman sekelas. 

4. Buat Target yang Ingin Dicapai


Foto oleh Polina Kovaleva dari Pexels

Membuat resolusi tidak perlu menunggu tahun baru ya, Sobat Pintar! Mengawali semester baru, Sobat Pintar dapat menuliskan daftar-daftar Do’s and Don’ts selama kuliah supaya target-target kuliah tercapai. 

Awali dengan menentukan target-target yang ingin kita capai serta strategi untuk mencapainya. Dengan memiliki target-target tertentu, Sobat Pintar akan tetap terarah dan tahu pasti apa saja yang harus dilakukan dalam satu semester ini.

5. Coba Kenali Dosen yang Mengajar

Setelah mengisi KRS, mendapatkan jadwal kuliah, dan menentukan target-target di semester satu, ada lagi hal yang perlu Sobat Pintar lakukan. Cobalah untuk mengenali karakteristik dosen-dosen yang mengajar kita nanti. Hal ini wajib diperhatikan di awal semester kamu karena dosen punya wewenang tersendiri ketika mengajar dan memberi nilai mahasiswa. 

Sobat Pintar dapat melakukan pengamatan atau mencari tahu dari kakak-kakak kelas sebelumnya tentang dosen tersebut. Dengan demikian Sobat Pintar dapat mengetahui apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan ketika belajar dengan dosen tersebut. 

6. Disiplin pada Jadwal dan Waktu

Memasuki semester baru harus dilakukan dengan penuh ketekunan dan kedisiplinan. Sikap disiplin dan menghargai waktu harus dilakukan supaya kita memperoleh nilai akademik yang  bagus di semester baru nanti. Bagaimana caranya? Tentu dengan memperhatikan jadwal kelas dan target-target yang ingin kita raih. 

Bagaimanapun bentuk kuliahnya nanti, apakah online maupun offline, semuanya harus dipersiapkan dengan baik. Pastikan semua kegiatan di semester kuliah barumu tetap terorganisir dan berjalan sesuai rencana.

7. Upgrade Skill 

Persiapan kuliah di semester baru, Sobat Pintar harus berusaha meningkatkan keterampilan baik keterampilan diri sendiri seperti mengelola waktu, juga skill-skill lainnya. Bagaimana caranya? Mudah sekali! Sobat Pintar dapat mengikuti kegiatan-kegiatan atau organisasi kemahasiswaan, pelatihan online, magang, dan masih banyak lagi. Jangan mau jadi mahasiswa “kupu-kupu” alias kuliah pulang -kuliah pulang.

Carilah kegiatan atau organisasi yang mendukung studimu. Segala pengalaman yang akan kamu dapatkan akan meningkatkan kualitas diri sehingga dapat menjadi bekal ketika sudah lulus nanti. 

Demikian Sobat Pintar 7 hal yang perlu kamu ketahui sebelum memasuki semester baru. Jangan kasih kendor, ya! Tetap semangat!

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog