redesain-navbar Portlet

null

Blog

7 Jurusan di UGM 2021/2021: Daya Tampung Terbesar, Peluang Lebih Besar?

Daya tampung jurusan menjadi salah satu faktor penentu peluang lolos seleksi.

Jurusan di UGM, photo by Lukas on Pexels

Sobat Pintar suka dibikin penasaran ngga sih, apa saja jurusan di UGM (Universitas Gadjah Mada) yang berpeluang lebih besar memberimu kesempatan lolos SNMPTN, SBMPTN, maupun Seleksi Mandiri? Ada dua faktor terkait yang mempengaruhi peluang kita lolos seleksi masuk sebuah universitas negeri, yaitu jumlah peminat dan daya tampung jurusan yang dipilih.

Sementara jumlah peminat lebih sulit kita prediksi, daya tampung jurusan biasanya tak berbeda terlampau jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Nah, berikut ini adalah beberapa jurusan yang ada di UGM (Universitas Gadjah Mada) dengan total daya tampung terbesar. Let's see. Apakah jurusan incaranmu adalah salah satunya, Sobat?

 

 

Photo by Mikhail Pavstyuk on Unsplash

1. Jurusan Hukum

Total daya tampung: 330

Fakultas di UGM (Universitas Gadjah Mada): Hukum

Meskipun menjadi bagian dari rumpun Soshum, Hukum adalah salah satu jurusan UGM (Universitas Gadjah Mada) yang terbuka bagi lulusan dari kelas IPA, IPS, maupun Bahasa. Bahkan, Sobat Pintar dari SMK dengan berbagai latar belakang program keahlian pun memiliki peluang yang sama untuk mengikuti seleksi masuk jurusan di UGM (Universitas Gadjah Mada) ini.

Ada banyak tokoh bangsa yang merupakan alumni Hukum, salah satu jurusan favorit di UGM (Universitas Gadjah Mada). Beberapa diantaranya yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ganjar Pranowo, Putu Wijaya, Moh. Mahfud MD, dan Refly Harun. If you're familiar with the names, it seems that you're obvioulsy interested in law study, Sobat.

 

 

Photo by @united_2208 on Unsplash

2. Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan

Total daya tampung: 300

Fakultas di UGM (Universitas Gadjah Mada): Peternakan

Hanya Sobat Pintar dari kelas IPA yang dapat mengikuti seleksi masuk jurusan kuliah di UGM (Universitas Gadjah Mada) ini. Bagaimana dengan Sobat-Sobat dari SMK? Sama halnya, hanya mereka dari program keahlian tertentu seperti teknik, kesehatan, agribisnis, pertanian, atau perikanan yang dapat mengikuti seleksi masuk prodi di UGM (Universitas Gadjah Mada) ini.

 

 

Photo by Sarah Brown on Unsplash

3. Jurusan Kehutanan

Total daya tampung: 275

Fakultas di UGM (Universitas Gadjah Mada): Kehutanan

Kehutanan juga merupakan salah satu jurusan UGM (Universitas Gadjah Mada) pada rumpun Saintek yang terbuka untuk anak IPA saja. Menariknya, selain program keahlian agribisnis, pertanian, maupun kehutanan, Sobat Pintar lulusan SMK bisnis dan teknik juga diperbolehkan memilih jurusan kuliah di UGM (Universitas Gadjah Mada) ini.

Siapa alumni Kehutanan Universitas Gadjah Mada? Sobat Pintar tentu tahu, Bapak Presiden Joko Widodo adalah salah satu alumnusnya.

 

 

Photo by RF._.studio on Pexels

4. Jurusan Farmasi

Total daya tampung: 240

Fakultas di UGM (Universitas Gadjah Mada): Farmasi

Sama seperti Hukum di rumpun Saintek, Farmasi adalah jurusan Saintek yang terbilang tinggi peminat di berbagai kampus. Termasuk juga Farmasi Universitas Gadjah Mada/UGM, Sobat. Tak perlu heran kalau salah satu jurusan favorit di UGM (Universitas Gadjah Mada) ini menerima ribuan pendaftar dari kelas IPA setiap tahunnya.

Sobat Pintar dari SMK juga boleh mendaftar prodi di UGM (Universitas Gadjah Mada) yang satu ini, lho. Selain dari program keahlian farmasi dan kesehatan, Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) juga menerima pedaftar alumni dari SMK teknik.

 

 

Photo by Artem Podrez on Pexels

5. Jurusan Biologi

Total daya tampung: 225

Fakultas di UGM (Universitas Gadjah Mada): Biologi

There's no other optios. Hanya Sobat Pintar dari kelas IPA saja yang dapat mengikuti seleksi masuk jurusan kuliah di UGM (Universitas Gadjah Mada) ini. Is that you, Sobat?

Psstt... Did you know? Jurusan di UGM (Universitas Gadjah Mada) ini menjadi yang terbaik se-Indonesia dalam pemeringkatan program studi versi QS World University Rankings 2021 pada rumpun Kedokteran dan Ilmu Hayat.

 

 

Photo by Carl Cervantes on Unsplash

6. Jurusan Psikologi

Total daya tampung: 225

Fakultas di UGM (Universitas Gadjah Mada): Psikologi

Bagaimana dengan Sobat Pintar dari kelas IPS dan Bahasa? Don't worry! Psikologi, salah satu jurusan favorit di UGM (Universitas Gadjah Mada), menerima calon mahasiswa dari semua kelas: IPA, IPS, dan Bahasa. Pantesan peminat jurusan UGM (Universitas Gadjah Mada) yang satu ini setiap tahunnya mencapai ribuan, ya! You bet it's going to be highly competitive, Sobat.

 

 

Photo by ID 13228026 on Pixabay

7. Jurusan Kedokteran Hewan

Total daya tampung: 200

Fakultas di UGM (Universitas Gadjah Mada): Kedokteran Hewan

Did you know, Sobat? Kedokteran Hewan memiliki daya tampung yang lebih besar ketimbang Kedokteran Universitas Gadjah Mada/UGM. Jumlah peminat Kedokteran Hewan pun lebih rendah dibanding peminat Kedokteran. Apakah artinya Kedokteran Hewan adalah salah satu jurusan Universitas Gadjah Mada/UGM yang mudah dimasuki?

Jika dibandingkan secara langsung dengan Kedokteran, Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM)  memang terhitung lebih mudah dimasuki. But then, of course, memilih jurusan kuliah tak bisa ditentukan sekedar dari peluang lolos seleksi, bukan? Pastikan jurusan kuliahmu dipilih melalui metode yang obyektif dan terukur ya, Sobat.

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Selain melihat daya tampung, trik lain memperbesar peluang lolos seleksi masuk universitas negeri adalah dengan mengincar jurusan-jurusan sepi peminat. Misalnya, Sastra Jawa terhitung sebagai jurusan yang sedikit peminatnya di UGM (Universitas Gadjah Mada).

Then again, we have the same old question, Sobat: apakah jurusan itu memang cocok buatmu? Selain daya tampung dan peluang lolos seleksi, perlu diingat bahwa kesesuaian pilihan jurusan dengan kemampuan, minat, dan bakat adalah faktor yang tak kalah penting.

260

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

CssBlog

metablog-web Portlet