CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

7 Jurusan Kuliah Saintek Favorit Anak IPA di SNMPTN 2021

Ada jurusan-jurusan tertentu yang lebih diminati di SNMPTN 2021.

Jurusan saintek terfavorit di SNMPTN 2021, Photo by Terry Vlisidis on Unsplash

Ada beberapa jurusan kuliah untuk anak IPA yang ternyata difavoritkan pada SNMPTN 2021, Sobat Pintar. Semakin favorit artinya semakin banyak peminat yang mendaftar ke jurusan-jurusan tersebut. Jika daya tampung suatu jurusan dan jumlah peminat berada di dua kutub yang berbeda, maka keketatan masuk jurusan tersebut berbanding lurus dengan rentang jarak keduanya.

Penting banget nih, buat kalian yang bakal ikutan SNMPTN 2022. Jangan sampai memilih jurusan kuliah "dalam karung," ya! Nah, apa saja jurusan Saintek terfavorit di SNMPTN 2021 itu?

 

1. Teknik Informatika


Photo by Clément Hélardot on Unsplash

Dari setiap 100 pendaftar, hanya ada satu calon mahasiswa yang diterima di jurusan Teknik Informatika Universitas Padjadjaran pada jalur SNMPTN 2021. Keketatan masuk ini menurun di Universitas Hasanuddin, dengan perbandingan 1:66. Teknik Informatika Politeknik Negeri Bandung memiliki keketatan masuk yang tak terlampau jauh, hanya 1:60. Tingginya keketatan masuk di jurusan ini sepertinya memang menunjukkan bahwa Teknik Informatika benar-benar favoritnya jurusan SNMPTN IPA ya, Sobat Pintar.

Bagaimana bisa jurusan IPA ini tak difavoritkan? Apa sih, yang enggak dipengaruhi oleh teknologi komputer saat ini? Di Teknik Informatika lah kamu bisa belajar tentang sistem operasi, kerja komputer, struktur dan fungsi instruksi bahasa pemrograman, dan masih banyak lagi.

 

2. Farmasi


Photo by Jakayla Toney on Unsplash

Jurusan farmasi di beberapa universitas negeri menjadi incaran banyak peserta SNMPTN 2021. Agar lolos seleksi masuk di Farmasi Universitas Sebelas Maret, misalnya, kamu harus menyingkirkan 91 peserta SNMPTN yang lain. Keketatan masuk Farmasi Universitas Syiah Kuala dan Universitas Diponegoro berada di angka 1:79, sedangkan di Universitas Padjadjaran di angka 1:77. Keketatan masuk jurusan Saintek ini di Universitas Negeri Semarang sedikit lebih rendah, yaitu 1:68. Di Universitas Hasanuddin, calon mahasiswa Farmasi harus berebut kursi dengan 61 pendaftar SNMPTN yang lain. Perjuangan masuk jurusan kuliah untuk anak IPA ini tak jauh beda di Universitas Sumatera Utara, dengan keketatan 1:59.

Tingginya peminat jurusan untuk anak IPA ini bukan fenomena baru. Menjadi mahasiswa Farmasi berarti kamu harus siap belajar berbagai mata kuliah tentang kesehatan, kimia, dan biologi – bidang-bidang ilmu yang akrab dengan keseharian anak IPA.

 

3. Keperawatan


Photo by Marcelo Leal on Unsplash

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menjadi idola peserta SNMPTN 2021 yang memilih jurusan Keperawatan. Keketatan masuk jurusan kuliah anak IPA ini mencapai 1:80.

Jika kamu ingin kuliah di jurusan untuk anak Saintek atau IPA ini, Sobat Pintar harus siap dengan ketatnya persaingan masuk. Selain itu, kamu juga harus siap dengan kuliah Keperawatan yang meliputi teori serta praktik tentang keperawatan.

 

4. Gizi


Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Salah satu jurusan Saintek terfavorit di SNMPTN 2021 ini memiliki keketatan masuk tertinggi di dua universitas negeri. Kedua universitas tersebut ialah Universitas Pendidikan Indonesia dan Univeresitas Sultan Ageng Tirtayasa. Keketatan masuk jurusan Gizi pada kedua universitas tersebut masing-masing adalah 1:70 dan 1:60.

Banyaknya pendaftar menjadikan Gizi favoritnya jurusan SNMPTN untuk anak IPA di tahun 2021. Mungkin memang banyak anak IPA yang berminat belajar tentang nutrisi, pola makan, gaya hidup dan kaitannya dengan kesehatan. Apakah Sobat Pintar juga?

 

5. Informatika


Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Ada jurusan Teknik Informatika, ada pula jurusan Informatika. Keduanya sama-sama termasuk jurusan Saintek. Keduanya juga sama-sama menjadi jurusan Saintek terfavorit di SNMPTN 2021 meskipun di universitas yang berbeda. Jurusan Informatika dengan keketatan masuk tertinggi di SNMPTN 2021 berada di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan Universitas Sebelas Maret. Keketatan masuk Informatika di dua universitas tersebut masing-masing sebesar 1:68 dan 1:64.

 

6. Psikologi


Photo by Alicia Christin Gerald on Unsplash

Tak sedikit peserta SNMPTN 2021 yang mendaftar ke jurusan Psikologi Saintek/IPA. Jurusan SNMPTN IPA dengan keketatan tertinggi berada di Universitas Padjadjaran dan Universitas Sebelas Maret, masing-masing di angka 1:67 dan 1:65.

Berbeda dari Psikologi Soshum/IPS, mata kuliah Psikologi di jurusan Saintek tidak berfokus pada ilmu sosial humaniora. Beberapa mata kuliah Psikologi Saintek/IPA misalnya Biospikologi, Pengantar Neuropsikologi, Konsep Teknologi, Psikodiagnostika, Psikologi Kesehatan, Psikologi Klinis, Psikologi Eksperimen, Psikiatri, dan lain-lain.

 

7. Ilmu Komputer

jurusan snmptn ipa
Photo by Sigmund on Unsplash

Ilmu Komputer tak kalah difavoritkannya pada SNMPTN 2021. Jurusan kuliah untuk anak IPA ini paling banyak diminati di Universitas Negeri Jakarta dengan keketatan mencapai 1:67.

Dalam Bahasa Inggris, Computer Science atau Ilmu Komputer dipahami sebagai ilmu tentang software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan komputasi. Dari yang konkret sampai abstrak, seperti bahasa pemrograman hingga algoritma, seluruhnya dipelajari di jurusan Saintek ini.

 

Itulah tujuh jurusan Saintek terfavorit di SNMPTN 2021. Hopefully, dari referensi jurusan kuliah untuk anak IPA ini, kamu enggak bertanya-tanya lagi jurusan IPA bisa masuk fakultas apa saja. So, sudah mantap dengan pilihanmu untuk mendaftar di SNMPTN 2022 nanti, Sobat Pintar?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog