APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

7 Kampus Swasta di Balikpapan

Temukan tempat kuliah pilihanmu di Balikpapan.

kampus swasta di Balikpapan, Photo by Dony Wardhana on Unsplash

Kuliah di Balikpapan, Sobat Pintar? Disamping sebagai pusat industri dan bisnis, Balikpapan merupakan kota terbesar kedua di Kalimantan Timur. Tak heran bila kota ini menjadi incaran tempat kuliah bagi tak sedikit calon mahasiswa. Bagaimana denganmu, Sobat? Kamu juga tertarik untuk kuliah di Balikpapan?

Politeknik Negeri Balikpapan, misalnya, adalah salah satu kampus negeri di Balikpapan. Bagaimana dengan kampus swastanya? Ternyata pilihan kampus swasta di Balikpapan justru lebih banyak lagi, Sobat! Di bawah ini ada tujuh perguruan tinggi swasta di Balikpapan buat referensi tempatmu kuliah di Balikpapan.

perguruan tinggi swasta di Balikpapan
Photo by Lilly Rum on Unsplash

1. Sekolah Tinggi Teknologi Migas

PTS di Balikpapan ini lebih dikenal dengan nama pendeknya, STT Migas. Sobat Pintar tahu dong, kalau Balikpapan itu dikenal sebagai kota minyak. Nah, Sekolah Tinggi Teknologi Migas hadir dengan harapan agar masyarakat lokal memiliki peluang yang lebih besar untuk terlibat langsung dalam industri pertambangan, khususnya minyak dan gas.

Untuk itu, perguruan tinggi swasta di Kalimantan Timur ini membuka dua Program D3 dan dan tiga Program S1. Program D3 Sekolah Tinggi Teknologi Migas adalah Teknik Instrumentasi Elektronika Migas serta Teknik Pengolahan Minyak dan Gas. Kalau kamu mau kuliah S1, kampus di Balikpapan ini membuka Jurusan Teknik Geologi, Teknik Industri, dan Teknik Perminyakan. Sekolah Tinggi Teknologi Migas sekarang terakreditasi B.

perguruan tinggi swasta di Kalimantan Timur
Photo by Annie Spratt on Unsplash

2. Universitas Balikpapan

Universitas swasta di Balikpapan ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur. Saat ini Universitas Balikpapan menaungi delapan fakultas. Apa saja pilihan prodi untuk calon mahasiswa dari lulusan SMA/sederajat?

Uniba, demikian universitas di Balikpapan ini lebih dikenal, membuka Program D4 K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Pada Program S1-nya, Universitas Balikpapan membuka Jurusan Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Ekonomi, Ilmu Hukum, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, Akuntansi, Manajemen, dan Sastra Inggris. Universitas yang ada di Balikpapan ini sekarang terakreditasi B.

universitas yang ada di balikpapan
Photo by Mariana Vusiatytska on Unsplash

3. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan

Stiepan, begitu kampus di Kalimantan Timur ini lebih dikenal, berkeinginan agar masyarakat memiliki akses yang mudah terhadap pendidikan tinggi, khususnya di bidang ilmu ekonomi. Sejalan dengan tujuan tersebut, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan membuka dua jurusan favorit, yaitu Akuntansi dan Manajemen. Kampus swasta di Kaltim ini sekarang terakreditasi Baik Sekali oleh BAN PT.

kampus yang ada di balikpapan
Photo by Offscreen Magazine on Unsplash

4. Akademi Bahasa Asing Balikpapan

Kalau kamu punya keinginan untuk belajar Bahasa Inggris di perguruan tinggi, kampus swasta di Balikpapan ini tentu tak asing lagi. Lebih dikenal dengan nama pendeknya, ABA Balikpapan, perguruan tinggi swasta di Balikpapan ini memang membuka satu jurusan saja, yakni Program D3 Bahasa Inggris. Saat ini Akademi Bahasa Asing Balikpapan terakreditasi Baik oleh BAN PT.

universitas yang ada di Balikpapan
Photo by Melanie Deziel on Unsplash

5. Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan

Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan dikenal juga dengan kependekannya, AKBMB atau Akbid Borneo Medistra. PTS di Balikpapan ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Borneo Medistra. Sebagai sebuah tempat pendidikan tenaga bidan, Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan membuka satu jurusan saja, yaitu Program D3 Kebidanan. Perguruan tinggi swasta di Kalimantan Timur ini sekarang terakreditasi Baik.

kampus swasta di kalimantan timur
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

6. STMIK Borneo Internasional

Kampus di Balikpapan ini adalah salah satu incaran calon mahasiswa yang berminat pada bidang ilmu komputer. Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer Borneo Internasional, atau lebih sering disebut STMIK Borneo Internasional, dahulunya adalah Akademi Managemen Informatika dan Komputer (AMIK) Balikpapan.

Sebagai sebuah sekolah tinggi, STMIK Borneo Internasional saat ini membuka Program D3 Manajemen Informatika dan S1 Sistem Informasi. Dikelola oleh Yayasan Pendidikan Al-Kautsar, kampus di Kalimantan Timur ini sekarang terakreditasi Baik.

universitas yang ada di kaltim
Photo by Thought Catalog on Unsplash

7. Universitas Mulia

Universitas di Kaltim ini memiliki kampus utama di Kota Balikpapan dan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Kota Samarinda. Universitas Mulia, yang dikelola oleh Yayasan Airlangga Balikpapan, merupakan gabungan dari STMIK Balikpapan, STMIK Sentra Pendidikan Bisnis (SPB) Samarinda, dan ASMI Airlangga Balikpapan.

Dari ketiga perguruan tinggi swasta di Kalimantan Timur tersebut, kamu bisa menebak apa saja pilihan jurusan yang sekarang ada di Universitas Mulia, Sobat Pintar? Universitas swasta di Balikpapan ini sekarang membuka Program D3 Sistem Informasi, Manajemen Industri, dan Administrasi Perkantoran. Pilihan Program S1-nya lebih banyak lagi, yaitu Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Manajemen, Akuntansi, Hukum, PG PAUD, dan Farmasi. Universitas Mulia saat ini terakreditasi C.

 

Selain kampus negeri, ketujuh perguruan tinggi swasta di Balikpapan di atas bisa menjadi tambahan referensi untuk memilih tempat kuliah. Nah, sekarang kamu punya lebih banyak alternatif tempat kuliah di Balikpapan kan, Sobat Pintar?

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog