APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

7 Kampus Swasta di Jember dengan Akreditasi B

Ada beragam pilihan kampus untuk kuliah swasta di Jember.

kampus swasta di jember, Photo by Hargo Wicaksono on Unsplash

Kampus swasta di Jember itu ada banyak loh, Sobat Pintar. Bentuk institusinya pun beragam, mulai dari akademi, sekolah tinggi, hingga universitas. Biar enggak bingung saking banyaknya kampus, kita kepo-kepo dulu yuk, beberapa perguruan tinggi swasta di Jember yang saat ini punya status akreditasi B dari BAN PT.

perguruan tinggi swasta di Jember
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

1. Akademi Farmasi Jember

PTS di Jember ini berdiri pada tahun 2009 dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Tenaga Kesehatan (YPTK). Disamping telah mengantongi akreditasi BAN PT, Akademi Farmasi Jember juga telah terakreditasi Baik oleh Dinas Kesehatan. Hanya ada satu jurusan di Akfar, begitu kampus di Jember ini dikenal, yaitu Program D3 Farmasi. Alumninya bergelar Ahli Madya Farmasi dan merupakan tenaga profesional di bidang farmasi komunitas.

universitas jember negeri atau swasta
Photo by Jonathan Kemper on Unsplash

2. Universitas dr. Soebandi

Tempat kuliah di Jember ini secara resmi berbentuk universitas sejak tahun 2019. Sebelumnya, Universitas dr. Soebandi dikenal sebagai Stikes dr. Soebandi. Dengan perubahan bentuk institusi tersebut, maka Yayasan Pendidikan Jember International School menaungi lebih banyak program studi. Lantas apa saja prodi yang ada universitas swasta di Jember ini?

Universitas dr. Soebandi, yang sering disingkat UDS, membuka Program D3 Kebidanan dan Program D4 Teknologi Laboratorium Medis. Untuk Program S1-nya, salah satu universitas terbaik di Jember ini menawarkan pilihan Jurusan Ilmu Keperawatan, Kebidanan, Farmasi, Bisnis Digital, dan Kewirausahaan.

universitas yang ada di jember
Photo by Seema Miah on Unsplash

3. Universitas PGRI Argopuro

Tak lengkap menyebutkan universitas yang ada di Jember bila tanpa menyertakan Universitas PGRI Argopuro, atau yang lebih dikenal dengan Unipar. Universitas swasta di Jember ini berdiri pada tahun 1979 – usia yang cukup matang bila dibandingkan dengan dua perguruan tinggi di Jember yang telah disebutkan sebelumnya.

Dalam rentang waktu sekian lama di dunia pendidikan tinggi, pantas saja bila Universitas PGRI Argopuro membuka banyak jurusan kuliah. Program D3-nya hanya satu, yakni Akuntansi. Namun Program S1 yang ditawarkan untuk calon mahasiswa yang akan kuliah swasta di Jember ada beragam, yaitu PPKN, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Luar Biasa, PG PAUD, Bimbingan Konseling, Manajemen, Biologi, Statistika, dan Teknik Lingkungan.

kuliah politeknik swasta di Jember
Photo by Van Tay Media on Unsplash

4. Akademi Kebidanan Jember

Sama seperti Akfar Jember, Akademi Kebidanan Jember juga dikelola oleh Yayasan Pendidikan Tenaga Kesehatan Jember. Bahkan Akademi Kebidanan Jember lebih dahulu berdiri, yakni pada tahun 2006. Lebih dikenal dengan kependekannya, Akbid, perguruan tinggi swasta di Jember ini membuka satu saja jurusan, yaitu Program D3 Kebidanan.

kampus swasta yang ada di jember
Photo by Samuel Bourke on Unsplash

5.  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala, atau STIE Mandala, didirikan oleh Yayasan Mandala pada tahun 1978. PTS di Jember ini membuka Program D3 Keuangan dan Perbankan, sedangkan untuk Program S1-nya ada Jurusan Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, dan Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala tak jarang menjadi incaran calon mahasiswa yang ingin kuliah di Jember, khususnya di bidang ilmu ekonomi.

perguruan tinggi di jember
Photo by Alex Samuels on Unsplash

6. Universitas Mochammad Sroedji

Universitas yang ada di Jember ini berdiri pada tahun 1981 dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Moch. Sroedji Jember. Saat ini Universitas Mochammad Sroedji menaungi sembilan Program S1, yaitu Agribisnis, Agroteknologi, Bimbingan dan Konseling, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Manajemen, Pendidikan Luar Sekolah, dan Teknik Sipil.

universitas terbaik di jember
Photo by Dagny Reese on Unsplash

7. Universitas Muhammadiyah Jember

Universitas Muhammadiyah Jember, yang lebih sering disingkat UMJ, merupakan salah satu perguruan tinggi milik Persyarikatan Muhammadiyah. Pada awal berdirinya di tahun 1981, universitas swasta di Jember ini memiliki tiga fakultas saja. Kini Universitas Muhammadiyah Jember telah menaungi 10 fakultas.

Apa saja pilihan jurusan kuliah pada fakultas-fakultas tersebut? Untuk Program D3, Universitas Muhammadiyah Jember membuka Jurusan Manajemen Informatika, Keperawatan, dan Perhotelan. Pilihan jurusan kuliah pada Program S1-nya jauh lebih banyak lagi, yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, PG PAUD, Pendidikan Olahraga, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Keperawatan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Psikologi, Akuntansi, Manajemen, Agribisnis, Agroteknologi, Teknologi Ilmu Pertanian, Ilmu Hukum, Pendidikan Agama Islam, dan Ekonomi Syariah. Pesatnya pertambahan pilihan jurusan kuliah ini tentu mengukuhkan Universitas Muhammadiyah Jember sebagai salah satu universitas terbaik di Jember.

 

Bagaimana dengan Universitas Jember? Universitas Jember negeri atau swasta, sih? Universitas Jember adalah universitas negeri, Sobat Pintar. Sama halnya dengan Politeknik Negeri Jember. Bahkan, berdasarkan data master pendidikan Kemdikbud, Politeknik Negeri Jember adalah satu-satunya politeknik yang ada di Jember. Dengan kata lain, enggak ada politeknik swasta di Jember, Sobat. Alternatif buat kamu kuliah teknik di Jember saat ini adalah di universitas. Dari jurusan-jurusan teknik yang sudah disebutkan di atas, apakah kamu menemukan kampus incaranmu untuk kuliah di Jember?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog