redesain-navbar Portlet

Blog

7 Kampus Swasta di Jogja: Mulai Bidang Ekonomi sampai Teknik

Yogyakarta merupakan salah satu daerah dengan jumlah kampus swasta yang cukup banyak.

universitas swasta di jogja, photo by ICSA on Pexels

Ada berapa kampus swasta di Jogja? Nggak sampai ratusan sih, tapi puluhan saja sudah membuatmu bingung memilih, kan? Habisnya, kuliah di Jogja itu ibarat life goal buat sebagian orang. Pernah ketemu nggak, sama orang yang mau kuliah apapun asalkan di Jogja?

Terlepas dari alasan personal kenapa Jogja itu idaman buat kuliah, biaya hidup sepertinya menjadi alasan yang terhitung logis. Harga kosnya memang bervariasi, ada harga ada rupa sama seperti di kota-kota lain. Tapi kalau soal makanan, harganya bersaing ketat, dong! Anak kos mana yang tak jatuh hati dengan konsep harga murah perut kenyang?

Anyway, persoalannya tak berhenti di harga makanan. Bukankah kita merantau ke Jogja untuk menuntut ilmu? Lantas, apa saja universitas yang ada di Jogja, terutama universitas swastanya? Well, ternyata pilihanmu banyak, Sobat. Coba lihat daftar kampus swasta di Jogja berikut ini, deh.

Photo by Pixabay on Pexels

1. Universitas Atma Jaya Yogyajarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah universitas swasta di Jogja, tepatnya di wilayah Sleman, yang dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi. Berdiri pada tahun 1965, universitas di Jogja ini membuka Program Studi Arsitektur, Teknik Sipil, Manajemen, Akuntansi, Hukum, Teknik Industri, Informatika, Biologi, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ekonomi Pembangunan, dan Sistem Informasi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan satu dari sekian universitas swasta di Yogyakarta yang terakreditasi A BAN-PT.

 

2. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AKBIDYO

AKBIDYO adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dengan lokasi kampus di wilayah Bantul. Ada program D3, D4, dan S1 di PTS Jogja ini, berurutan yaitu Kebidanan, Manajemen Informasi Kesehatan/Rekam Medis, dan Farmasi. Dengan adanya program pendidikan S1 Profesi Kebidanan, alumni D3 Kebidanan AKBIDYO dapat melanjutkan studinya di kampus yang sama.

 

3. Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta

Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (STiMARYO) adalah lembaga pendidikan kemaritiman yang sudah ada sejak tahun 1964. Kampus yang berlokasi di kawasan Kota Yogyakarta ini membuka Program Studi S1 Transportasi, D3 Manajemen Transportasi Laut, D3 Studi Nautika, dan D3 Permesinan Kapal. PTS di Yogyakarta ini pun menawarkan beasiswa, salah satunya dari Yayasan Institut Pendidikan Maritim Yogyakarta (YIPMY), bagi taruna yang berprestasi.

 

4. Institut Pertanian Stiper

Berlokasi di wilayah Sleman, Institut Pertanian Stiper (INSTIPER) merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dengan orientasi pengembangan perkebunan. Ada tiga fakultas di PTS Jogja ini, yaitu:

1. Pertanian, Program Studi Agroteknologi, Agribisnis

2. Kehutanan, minat studi Hutam Tanaman Industri, Manajemen Hutan, Konservasi dan Restorasi, Teknologi dan Industri Kayu Ringan

3. Teknologi Pertanian, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian.

 

5. Institut Sains Dan Teknologi AKPRIND

AKPRIND adalah sebuah PTS di Yogyakarta, berlokasi di kawasan Kota Yogyakarta, yang berdiri pada tahun 1970. Pada awal berdirinya, AKPRIND merupakan Akademi Perindustrian dan Akademi Teknologi Industri di bawah Yayasan Pembina Potensi Pembangunan. Kini ada tiga fakultas di AKPRIND, yaitu:

1. Teknologi Industri, Program Studi S1 Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Informatika serta D3 Teknologi Industri, Teknologi Mesin, Teknik Elektro

2. Sains Terapan, Program Studi S1 Statistika, Rekayasa Sistem Komputer, Teknik Lingkungan

3. Teknologi Mineral, Program Studi S1 Teknik Geologi.

 

6. STIE Widya Wiwaha

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ini berlokasi di kawasan Kota Yogyakarta. Perguruan tinggi swasta di Yogyakarta ini berdiri pada tahun 1982 di bawah naungan Yayasan Widya Wiwaha. Saat ini ada dua program studi Sarjana di STIE Widya Wiwaha, yaitu Akuntansi dan Manajemen.

 

7. Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta 

Kiprah MMTC Yogyakarta di dunia pendidikan bermula pada tahun 1985. Kala itu namanya Diklat Ahli Multi Media, di bawah Departemen Penerangan. Sekarang PTS di Yogyakarta ini membuka Program Studi Manajemen Produksi Siaran, Teknik Studio Produksi Siaran, Produksi Berita, Manajemen Informasi dan Komunikasi, Animasi, dan Teknologi Permainan.

universitas di jogja

Photo by Pixabay on Pexels

Nah, dari daftar kampus swasta di Jogja di atas, adakah salah satunya yang membuka jurusan kuliah incaranmu, Sobat Pintar? Jangan lupa untuk memeriksa akreditasi kampus dan jurusan incaranmu di Kampus Pintar. Yang tak kalah penting, selalu diskusikan alternatif pilihanmu, manapun univ swasta di Jogja itu, dengan orang tua, ya.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet