redesain-navbar Portlet

null

Blog

7 Macam Industri Masa Depan – Salah Satunya Minatmu?

Sektor industri yang sedang berkembang dapat menjadi rujukan pilihan jurusan untuk kuliah.

Industri Masa Depan, image via minutes.co

Seberapa penting bagi Sobat untuk mengetahui perkembangan keadaan saat ini? Jikalau tak terkait dengan pemilihan jurusan kuliah, memahami perkembangan situasi terbaru dapat menambah wawasan kita. Lantas, sudahkah Sobat menyadari bahwa sektor-sektor industri berikut ini sedang dan akan terus berkembang di negara kita hingga beberapa tahun kedepan?

 

1. Manufaktur

Inti dari kegiatan manufaktur adalah mengubah bahan mentah menjadi barang yang memiliki nilai jual. Dalam kegiatan manufaktur, terdapat proses fisika dan kimia, perubahan nilai ekonomis, hingga manajemen orang dan barang. Pada seluruh bidang tersebut, masing-masing membutuhkan tenaga kerja.

Begitu beragamnya bidang-bidang industri manufaktur, sehingga alumni Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, maupun Farmasi dibutuhkan. Manajemen dan Akuntansi merupakan dua jurusan Soshum yang juga menawarkan alumni handal dalam indusktri manufaktur.

 

2. Distribusi dan Logistik

Agar barang-barang yang telah diproduksi sampai kepada konsumen, dibutuhkan distribusi dan pengendalian arus barang yang baik. Sesuai dengan barang, bahkan jasa, yang hendak didistribusikan dan dikendalikan, maka dibutuhkan manajemen yang tepat. Sarjana Ekonomi dan Bisnis merupakan tenaga kerja yang dibutuhkan pada sektor ini.

 

3. Konstruksi dan Arsitektur

Untuk memfasilitasi distribusi dan logistik, dibutuhkan pembangunan yang merata, khususnya infrastruktur. Bukan hanya fasilitas transportasi, tapi pembangunan perumahan dan pemukiman juga berkembang. Untuk itu, jasa Arsitektur dan Teknik Sipil adalah sebagian saja dari sekian banyak keahlian yang dibutuhkan dimasa depan.

 

4. E-market dan E-commerce

Seiring dengan perkembangan revolusi industri 4.0, distirbusi dan logistik semakin bergeser kearah e-commerce. Berkat kemajuan internet dan smartphone, proses jual beli dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Kehadiran e-market yang terus berkembang ini merupakan peluang kerja yang menggiurkan dimasa depan.

Karena keterkaitannya yang erat dengan penggunaan teknologi, bukan hanya orang-orang Ekonomi dan Bisnis yang dibutuhkan dibidang ini. Namun, mereka yang memiliki latarbelakang pendidikan komputer dan teknologi adalah bagian yang tak kalah penting dalam pengembangan e-market maupun e-commerce.

 

5. Komputer dan Informatika

Telah disinggung diatas bahwa e-market tak bisa lepas dari keterlibatan komputer didalamnya. Bagi konsumen, smartphone sudah mampu mendukung berbagai transaksi online-nya. Tapi bagaimana dengan transaksi yang jauh lebih besar? Tentunya dibutuhkan perangkat yang lebih canggih – komputer, misalnya.

Selain e-commerce, teknologi dan komputer semakin tak bisa lepas dari berbagai sisi kehidupan kita saat ini. Bukan lagi tentang bagaimana kita mengoperasikan atau menjalankannya, sekarang bahkan komputer itu sendirilah yang harus belajar agar dapat memenuhi keinginan kita. Untuk itu, dibutuhkan pengetahuan yang memadai, salah satunya Informatika.

 

6. Desain dan Media

Masih berkaitan dengan e-commerce dan komputer, dunia yang tengah berkembang saat ini adalah desain dan media. Latar belakang pendidikan desain, seperti DKV, dapat menyiapkan kita berkarya dengan lebih baik lagi. Ilmu Komunikasi juga membekali kita pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengembangkan diri dibidang media.

 

7. Pariwisata dan Perhotelan

Bukan hanya teknologi yang berkembang dan berubah, tapi gaya hidup juga mengalami pergeseran. Berwisata yang dulunya dianggap sebagai kebutuhan pelengkap, saat ini sudah menjadi kebutuhan utama. Kalau bisa menabung untuk pakaian atau tempat tinggal, kenapa kita tak menabung juga untuk traveling?

Perkembangan wisata juga berarti perkembangan sektor pendukungnya seperti perhotelan. Lapangan pekerjaan disektor perhotelan tak terbatas pada jasa saja, tapi termasuk manajemen pula. Sama halnya dengan pariwisata, tak harus kuliah Pariwisata untuk bekerja dibidang ini. Buktinya, banyak mahasiswa bahasa asing yang menjadi guide.

 

Bagaimana dengan minatmu sendiri, Sobat? Kalau kebetulan berada pada salah satu bidang diatas, boleh pertimbangkan jurusan kuliah yang sesuai. Apalagi, bila bakatmu juga ada disitu dan kemampuanmu juga mendukung.

Bagaimana bila ternyata tak ada satupun bidang diatas yang menarik buatmu? Tak perlu berkecil hati, Sobat. Tetaplah bersikap terbuka pada segala perubahan. Karena hanya ada satu yang abadi dalam hidup, yaitu perubahan.

190

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp