APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

7 Prospek Profesi Alumni Manajemen

Alumni Manajemen memiliki peluang untuk bekerja diberbagai bidang manajerial.

Prospek Profesi Alumni Manajemen, photo via smktelkomdu.sch.id

Peluang kerja itu salah satu poin penting yang enggak boleh kita abaikan ketika memilih jurusan kuliah, Sobat Pintar. Manajemen, misalnya, adalah satu dari sekian jurusan kuliah dengan banyak peminat lantaran peluang kerja yang ditawarkan di bidang ini terbilang cukup baik. Bahkan tak sedikit calon mahasiswa yang meyakini bahwa alasan memilih Jurusan Manajemen adalah peluang kerjanya.

Kalau kamu sendiri gimana, Sobat? Apakah kamu tertarik dengan disiplin ilmu ini? Mau kuliah Manajemen juga? Eitts, jangan buru-buru memutuskan sebelum kamu tau apa saja prospek kerja Jurusan Manajemen.

 

1. Social Media Manager

prospek kerja jurusan manajemen
Photo by Austin Distel on Unsplash

Social media manager bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan brand awareness perusahaan secara online melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, ataupun LinkedIn. Social media manager merupakan prospek kerja Jurusan Manajemen dengan peluang yang cukup diminati saat ini. Untuk menjadi seorang social media manager, kamu harus memahami tren terkini permedsosan dan terus mengembangkan keahlian di bidang tersebut. Kamu juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kreativitas, dan pemahaman yang baik tentang brand. Di samping itu, kemampuan menjalin relasi dan berkolaborasi dengan anggota tim lain juga cukup penting agar kamu dapat bekerja dengan baik.

 

2. Marketing Manager

alasan memilih jurusan manajemen
Photo by Windows on Unsplash

Kuliah di Jurusan Manajemen belajar apa saja? Banyak banget, Sobat. Sebagian yang kamu pelajari saat kuliah nanti antara lain pemasaran produk, target market, hingga advertising. Pastinya, semua itu relate dengan tanggung jawab seorang marketing manager. Tau ga, tugas utama marketing manager itu apa?

Seorang marketing manager bertugas mengembangkan strategi pemasaran, melakukan riset pasar, merancang kampanye iklan, serta mengawasi kinerja tim pemasaran. Eitts, jangan cuma nanyea lulusan Jurusan Manajemen kerja apa, tetapi kamu juga perlu tau kecakapan apa yang dibutuhkan. Adapun bidang marketing, salah satu kemampuan yang wajib kamu miliki adalah komunikasi. Dengan komunikasi yang baik, kamu dapat meyakinkan banyak orang agar membeli dan mulai menggunakan produk atau jasa yang kamu jual.

 

3. Manajer SDM/HRD

prospek kerja jurusan manajemen dan gajinya
Photo by Jonathan Borba on Pexels

SDM dan HRD saat ini sering digunakan secara bergantian. Pada intinya, departemen ini bertanggung jawab atas pengelolaan karyawan dan kebijakan-kebijakan terkait karyawan. Nah, prospek kerja lulusan Manajemen enggak jauh-jauh dari departemen ini, Sobat Pintar. Setelah menjabat sebagai manajer, tugasmu nanti adalah mengelola kegiatan rekrutmen, seleksi, pelatihan, serta pengembangan karyawan di perusahaan.

 

4. Sales Manager

Universitas Siber Asia (UNSIA)
Photo by Artem Beliaikin on Unsplash

Sales atau penjualan adalah salah satu bahasan kuliah Jurusan Manajemen. Sebagai bagian dari marketing, sales merupakan salah satu aspek bisnis yang penting. Adalah tugas sales manager untuk memastikan bahwa tim sales mencapai target penjualan perusahaan dan dapat menciptakan relasi bisnis yang baik dengan pelanggan. Seorang sales manager harus dapat bekerja dengan tekanan yang tinggi serta mampu menyelesaikan konflik dengan efektif. Sales manager juga dituntut untuk dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan tren bisnis.

 

5. Manajer Operasional

jurusan manajemen belajar apa saja
Photo by Alphabag on Unsplash

Ada macam-macam bidang Jurusan Manajemen yang dipelajari selama kuliah, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan lain sebagainya. Nah, untuk menjadi seorang manajer operasional, kira-kira bidang ilmu manajemen yang manakah yang harus kamu kuasai? Jawabannya terkait juga dengan lingkup tanggung jawab profesi, Sobat.

Prospek kerja Jurusan Manajemen yang satu ini punya peranan taktis yang cukup penting dalam pengelolaan harian perusahaan. Manajer operasional bertugas memastikan bahwa proses operasional berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien. Perencanaan produksi, manajemen persediaan, pengiriman, dan layanan pelanggan menjadi bagian dari tanggung jawab manajer operasional, termasuk kerja yang baik dengan departemen-departemen lain agar operasi perusahaan terintegrasi dengan baik.

 

6. Market Researcher

jurusan manajemen kerja apa
Photo by RDNE Stock project on Pexels

Alumni Manajemen juga bisa bekerja sebagai market researcher. Lingkup tugasnya antara lain mengumpulkan dan menganalisis data tentang pasar, termasuk perilaku konsumen, tren, preferensi, dan kebutuhan pelanggan, serta informasi tentang pesaing dan industri. Peranan market researcher sangat penting dalam membantu perusahaan memahami pasar dan persaingan sehingga dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Untuk peranan sepenting ini, seorang market researcher yang berpengalaman dapat berpenghasilan antara Rp15 hingga Rp25 juta per bulan. Nah, sekarang kamu punya alasan memilih Jurusan Manajemen ga, tuh?

 

7. Business Manager

prospek kerja lulusan manajemen
Photo by CoWomen on Unsplash

Gimana, masih belum tertarik dengan prospek kerja Jurusan Manajemen dan gajinya di atas? Bagaimana dengan business manager, Sobat Pintar? Tugas seorang business manager adalah memimpin, mengembangkan, dan memastikan kesuksesan bisnis dalam jangka panjang. Kelangsungan hidup dan keberhasilan jangka panjang perusahaan berada di pundaknya. Untuk itu dibutuhkan kemampuan kepemimpinan yang kuat, keterampilan bisnis yang baik, serta kemampuan untuk mengambil keputusan strategis yang cerdas dan tepat waktu.

Tentu saja, masih banyak peluang kerja lainnya buat lulusan Manajemen. Kamu bisa menjadi entrepreneur, misalnya. Bahkan, alumni jurusan ini juga bisa menjalani profesi sebagai Logisctic Operations Officer yang bertanggung jawab dalam bidang manajemen logistik dan supply chain.

Kamu bisa mempelajari semua yang dibutuhkan untuk melakoni berbagai profesi tersebut di Jurusan Manajemen, Sobat. Jurusan Manajemen UNSIA, misalnya, sudah menerapkan kurikulum berbasis KPT-KKNI level 6, sehingga mahasiswa mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan untuk menjadi ahli di bidangnya dan memiliki keterampilan yang mumpuni untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks.

Nah, pas banget, nih. Kamu bisa mendaftar ke Universitas Siber Asia (UNSIA) secara online melalui Aku Pintar dengan harga form pendaftaran yang lebih bersahabat. Pendaftaran online UNSIA itu enggak ribet loh, Sobat Pintar. Cobain, deh!

480

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog