APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

8 Tips Materi Belajar Fotografi untuk Pemula

Pelajari hal-hal penting dalam fotografi sejak sekarang.

Photo by Alexander Dummer on Unsplash

Cara belajar fotografi yang sat set wat wet itu gimana, sih? Kita kan "cuma" pengin bikin foto yang bagus, nih. Kalau belajar materi dasar fotografi yang bejibun, kayaknya bakal kelamaan, deh. Bisa ga, belajar materi fotografinya yang singkat padat jelas gitu, biar kita langsung praktik?

Tenang, Sobat Pintar. Ada kok, cara menjadi fotografer pemula tanpa harus ribet. Mau tau? Ini dia, delapan tips dasar fotografi yang harus kamu kuasai sebagai photografer pemula.

 

1. Mengenal Kamera, Lebih dari Mengenal Doi

belajar fotografi untuk pemula
Photo by Marco Xu on Unsplash

Jelas dong, seluk-beluk kamera adalah materi belajar fotografi untuk pemula. Bagi fotografer, kamera lebih dari sekadar alat yang dubutuhkan dalam bekerja. Kamera adalah penangkap kenangan yang menyimpan momen-momen penting. Kamera menjadi alat penghubung sang fotografer dengan dunia di sekitarnya, baik itu berupa keindahan alam, kehidupan manusia, ataupun peristiwa. Jangan heran kalau fotografer ke mana-mana suka bawa kameranya – doi pun belum tentu diajak.

Nah, apa aja nih, yang kudu dikenal dari alat pemotretan ini? Terkait dengan kamera, materi fotografi untuk pemula meliputi pengenalan komponen utama, mode pemotretan, pengaturan dasar, fokus, pengukuran cahaya, koneksi, aksesori, sampai penyimpanan dan perawatan. Materi pengenalan kamera untuk pemula fotografi ini terbilang penting. Sebab dengan menguasai kamera, kamu dapat mengoptimalkan pengaturan dan punya kontrol penuh atas foto yang dihasilkan.

 

2. Sebelum Memahami Doi, Pahami Dahulu Komposisi Foto

materi fotografi untuk pemula
Photo by Jimmy Chang on Unsplash

Siapa sih, yang ga pengin dimengerti dan dipahami? Bukan cuma doi, foto yang kamu hasilkan juga pengin dimengerti. Eh, gimana, gimana? Maksudnya begini, Sobat. Memahami komposisi atau visual foto itu penting, dan memang merupakan materi belajar fotografer pemula yang harus kita kuasai.

Asal kamu tau, Sobat Pintar. Ada prinsip-prinsip komposisi atau pedoman tertentu yang digunakan untuk mengatur elemen-elemen visual dalam sebuah foto sehingga tampak harmonis. Teknik fotografi pemula ini wajib dikuasai agar kamu dapat menciptakan komposisi yang seimbang, menarik, dan efektif secara visual. Materi belajar fotografi untuk pemula ini meliputi posisi dan keseimbangan objek utama dalam frame, garis dan bentuk yang menarik, ruang negatif atau area kosong di sekitar objek utama, ukuran/skala/proporsi objek dengan elemen lain dalam frame, warna dan kontras untuk menonjolkan objek, dan teknik dalam memandu mata pemirsa ke objek utama.

 

3. "Curi Pandang" Objek Fotomu, Jangan Doi Melulu

teknik dasar fotografi untuk pemula
Photo by Jamie Street on Unsplash

Oke, doi tuh objek utamamu. Kamu suka diam-diam liat doi. Emangnya doi keliatan paling cakep kalau dilihat dari sebelah mana, sih? Nah, angle dalam fotografi ada mirip-miripnya kayak gitu, deh. Angle atau sudut dalam materi fotografi untuk pemula adalah posisi dan perspektif dari mana fotografer mengambil foto.

Angle atau sudut pengambilan foto berdampak besar terhadap tampilan dan kesan visual sebuah foto. Ngomongin soal angle, ada beberapa angle yang umumnya diterapkan sebagai teknik dasar fotografi untuk pemula, yakni eye-level, high angle, low angle, bird's-eye view, dan worm's-eye view.

Meskipun sebenarnya tidak secara eksklusif dikategorikan sebagai materi dasar fotografi, angle adalah salah satu aspek dalam praktik fotografi yang memengaruhi komposisi, perspektif, dan cara kita menyampaikan pesan melalui foto. Nah, penting banget kan, materi angle ini?

Untungnya sekarang kamu bisa mengikuti Kelas Angle bersama KAHHA Photoghraphy di Kursus Pintar. Bakalan banyak banget tips fotografi untuk pemula yang bisa kamu dapatkan dari kelas ini, terutama mengenai angle. Psstt... biar kamu juga menemukan angle yang sempurna juga buat curi-curi pandang doi!

 

4. Enggak Harus Glowing, yang Penting Pencahayaan

tips fotografi untuk pemula
Photo by Ljubomir Žarković on Unsplash

Tolong ya, bedakan antara efek glowing dan faktor pencahayaan yang tepat. Se-glowing-glowing-nya doi, kalau kamu curi foto dalam kondisi pencahayaan yang buruk, hasil fotonya bakal tetap sesuram harapanmu nembak doi. Pahami dahulu konsep eksposur, seperti aperture, kecepatan rana, dan ISO. Pahami juga cara mengatur pencahayaan, baik pencahayaan alami maupun buatan, sesuai dengan subjeknya. Jelas ya, pencahayaan menjadi salah satu materi dasar fotografi yang wajib kamu khatamkan.

 

5. Teknik Pemotretan, Lebih Penting daripada Teknik PDKT

kamera untuk pemula fotografi
Photo by Alif Ngoylung on Unsplash

Udah dengerin saran dari berapa orang buat ngedeketin doi? Ribet ga teknik-teknik PDKT yang udah kamu dengar itu? Kalau teknik pemotretan sih, sebenarnya lebih simple, Sobat Pintar. Fokus yang tepat, penggunaan depth of field (kedalaman lapangan), penggunaan shutter speed (kecepatan rana) untuk menghasilkan efek yang diinginkan, maupun penggunaan tripod untuk menjaga kestabilan kamera adalah beberapa teknik dasar fotografi untuk pemula, yang mungkin sebagian sudah terasa familier buat kamu.

 

6. Ga Cuma Hati, Cara Mengolah Foto Juga Penting

cara menjadi fotografer pemula
Photo by Soragrit Wongsa on Unsplash

Udah deh, daripada galau gegara doi, mending kamu mulai belajar menggunakan perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Photoshop atau Lightroom. Edit foto sudah menjadi bagian dari materi dasar fotografi loh, Sobat. Penting banget buat setiap photografer pemula untuk memahami konsep dasar pengaturan warna, kecerahan, kontras, dan ketajaman gambar.

 

7. Dari Sekian Pilihan, Kunci Targetmu


Photo by Wouter de Jong on Pexels

Punya beberapa gebetan sekaligus emang seru, (katanya) sih. Namun pada suatu titik, kamu harus bisa memutuskan mau komit dengan siapa. Begitu juga dengan fotografi. Sebagai photografer pemula, boleh-boleh saja kamu mengeksplorasi berbagai jenis fotografi, seperti potret, lanskap, makro, street photography, fashion, wildlife, atau yang lainnya. Namun bila saatnya tiba, sebaiknya kamu pilih jenis fotografi yang paling kamu minati, kemudian fokus untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang tersebut.

 

8. Selain Doi, Pahami Juga Lensa


Photo by Dan Gold on Unsplash

Ponselmu punya berapa kamera, sih? Kalau kamera ponselmu ada lebih dari satu, berarti kamu sudah belajar menggunakan beberapa lensa yang berbeda. Nah, macam-macam lensa juga merupakan materi fotografi untuk pemula yang harus kita pahami betul. Apakah lensa standar, wide-angle, telephoto, zoom, makro, atau fish-eye, masing-masing memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda.

Itulah sebagian materi fotografi untuk pemula yang mesti segera kamu pelajari sekarang juga, Sobat Pintar. Jangan lupa, berlatih fotografinya yang konsisten dan rajin-rajin bereksperimen, ya! Bisa juga loh, bergabung dengan komunitas atau klub fotografi agar kamu dapat berinteraksi dengan fotografer lain buat berbagi pengalaman dan belajar hal-hal baru. Atau, jangan-jangan kamu malah pengin kuliah Fotografi, nih?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog