APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

9 Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE 2021

Sesuai dengan skor yang diperolehnya, ada sembilan universitas negeri dan swasta terbaik di Indonesia.

universitas terbaik versi THE, photo by Anthony Chiado on Unsplash

Sobat Pintar sudah tahu universitas terbaik di Indonesia 2021? Ada berbagai versi pemeringkatan universitas, masing-masing dengan kriteria yang berbeda. Salah satunya adalah pemeringkatan universitas oleh Times Higher Education (THE).

Dalam Asia University Rankings 2021, Times Higher Education (THE) menetapkan sejumlah kriteria pemeringkatan yaitu citations, industry income, international outlook, research, dan teaching. Dalam pemeringkatan tersebut, ada sembilan universitas di Indonesia yang meraih skor terbaik. Apa saja universitas terbaik di Indonesia versi THE 2021?

universitas terbaik di indonesia 2021

Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu universitas negeri tertua di Indonesia. Lokasi kampus UI berada di Depok, Jawa Barat, dan Jakarta. Dengan total skor Times Higher Education (THE) mencapai 32,9, UI menjadi universitas terbaik di Indonesia 2021.

 

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu kampus di bidang teknologi pertama di Indonesia. Meskipun fokus bidang akademiknya berada pada sains dan teknik, ITB tetap membuka jurusan-jurusan sosial. Pada daftar peringkat perguruan tinggi versi Times Higher Education (THE), ITB berada di posisi kedua di Indonesia dengan skor 24,6 – 26,8.

 

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki predikat sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang tertua dan terbesar di Indonesia. Selain reputasinya yang tak tertandingi, UGM memberi peluang bagi mahasiswanya untuk kuliah di lingkungan yang kaya akan budaya di Yogyakarta. Berada di urutan ketiga sebagai universitas terbaik versi THE di Indonesia, UGM mengumpulkan skor sebanyak 21,7 – 24,4.

 

4. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB) semakin dikenal dengan nama barunya, IPB University. Kampus negeri ini fokus pada bidang pertanian, khususnya dalam hal penguatan ketahanan pangan, pemajuan bioenergi, pelestarian lingkungan, dan pengentasan kemiskinan. Berada di urutan ke 351 – 400 peringkat universitas terbaik di Asia, IPB menduduki urutan terbaik keempat di Indonesia versi THE edisi 2021 dengan skor 21,7 – 24,4.

 

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga merupakan kampus di bidang teknologi dan sains. Cakupan area risetnya sangat luas, seperti manufaktur, transportasi, logistik, energi terbarukan, artificial intelligence, teknologi biomedik, nanoteknologi, internet of things, teknologi pertahanan, bioteknologi, perubahan iklim, ilmu dan teknologi kemaritiman, dan lain sebagainya. Tak heran bila ITS menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia 2021 versi Times Higher Education dengan skor 21,7 – 24,4.

 

6. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) memiliki dua kampus di Kota Malang, satu di Kediri, dan satu kampus lagi di Jakarta. Mahasiswa UB terkenal dengan prestasinya yang kerap menjuarai berbagai kompetisi nasional. Prestasi-prestasi tersebut tak lepas dari kualitas perkuliahan UB, sehingga mengantarkannya sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia versi THE 2021 dengan skor 12,9 – 21,6.

 

7. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) pada awalnya berdiri sebagai sebuah universitas swasta. Kini, universitas negeri ini memiliki empat kampus lain di Tembalang, Plemburan, Gunung Brintik, dan Teluk Awur, selain kampus utama di Semarang. Berpredikat sebagai salah satu universitas terbaik versi THE, Undip meraih skor 12,9 – 21,6.

 

8. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran (Unpad) yang semula berdiri dengan empat departemen saja, kini telah memiliki 16 fakultas. Selain di Bandung, Unpad memiliki satu lagi kampus di Jatinangor. Menjadi bagian dari universitas terbaik di Indonesia 2021, Unpad mencetak skor 12,9 – 21,6 pada urutan kedelapan dalam daftar peringkat perguruan tinggi versi Times Higher Education (THE).

 

9. Telkom University

Telkom University atau Universitas Telkom saat ini merupakan gabungan dari Institut Teknologi Telkom, STISI Telkom, Sekolah Manajemen Bandung, dan Politeknik Telkom Bandung. Dalam daftar peringkat perguruan tinggi versi THE edisi 2021, Telkom University berada di urutan kesembilan, yang berarti pula sebagai satu-satunya universitas swasta dalam daftar tersebut. Untuk meraih posisinya, Telkom University mengumpulkan skor 12,9 – 21,6.

daftar peringkat perguruan tinggi

Photo by Dakota Coleman on Unsplash

Itulah sembilan universitas terbaik di Indonesia 2021 versi Times Higher Education (THE). Perlu diingat, Sobat. Bukan berarti universitas-universitas lain yang tidak termasuk ke dalam daftar ini kurang baik, ya. Hanya saja, pemeringkatan ini dibuat berdasarkan penilaian Times Higher Education (THE) atas kelima kriteria yang telah disebutkan di awal.

Nah, apakah kampus incaranmu turut berada dalam daftar peringkat perguruan tinggi ini, Sobat?

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog