APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

AIESEC Indonesia: Mau Menjadi Bagian dari Generasi Muda Dunia?

Bergabung dengan organisasi yang tepat berdampak positif bagi diri sendiri dan masa depan.

AIESEC Indonesia, image credit Jill Wellington

Apa itu AIESEC (biasa dibaca "aisek")? As you read the title, you must be wondering what it's all about. AIESEC kata yang cukup asing – kecuali buat Sobat Pintar yang sudah mengenalnya! Well, kali ini kita cari tahu lebih banyak tentang AIESEC, yuk? Jika Sobat sudah mengenalnya, tak ada salahnya mengenal AIESEC lebih baik lagi, bukan?

 

Apa Itu AIESEC?

Let's learn some basics, shall we Sobat? AIESEC adalah akronim dalam Bahasa Perancis, yaitu Association internationale des étudiants en sciences économiques et commerciales. Kalau dalam Bahasa Inggris, International Association of Students in Economic and Commercial Sciences.

Wah, panjang juga ya, Sobat? Then, what does it mean?

AIESEC adalah organisasi non-profit internasional yang bertujuan mengasah leadership skill (kemampuan kepemimpinan) anak muda – termasuk Sobat Pintar! Versi legal (dan panjang) dari tujuan AIESEC adalah empowering young people for peace and the fulfillment of humankind potential.

Dalam Bahasa Indonesia, kita memahami tujuan AIESEC adalah untuk memberdayakan para anak muda agar tercipta perdamaian dan pemenuhan potensi-potensinya sebagai manusia. Nah, tertarik dengan AIESEC, Sobat?

 

Keanggotaan AIESEC

Pada 1948, tepatnya setelah Perang Dunia ke-2, tujuh anak muda dari tujuh negara yang berbeda memiliki mimpi yang sama: ingin membangun pemahaman dan menjembatani kebudayaan antar negara. Harapannya, dengan satu orang yang menjalani satu masa internship (magang) saja, maka dalam akumulasinya dapat mengubah dunia.

Pada 1977, AIESEC sudah ada di 50 negara di enam benua. Pada waktu itu saja, sudah ada 40.000 anak muda yang mengikuti program leadership development dari AIESEC. Angka ini melonjak menjadi 230.000 orang pada 2010.

Saat ini sudah ada lebih dari 40.000 anggota AIESEC di lebih dari 120 negara dan wilayah di dunia. Kini, AIESEC juga sudah bekerja sama dengan lebih dari 5.000 organisasi dunia.

Dan sudahkah Sobat tahu berapa orang yang telah mengikuti kegiatan AIESEC? Ada lebih dari satu juta orang!

 

Skills yang Dikembangkan dalam Kegiatan AIESEC

Kenapa sampai ada sebegitu banyaknya anak muda yang tergabung dalam kegiatan AIESEC? Obviously because they get benefits, Sobat. Dan salah satu manfaat yang diperoleh adalah kita dapat mengembangkan soft skills yang kelak akan turut membentuk masa depan kita.

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari kegiatan-kegiatan AIESEC misalnya memperbaiki cara kita berkomunikasi dengan orang lain, melatih kita untuk fokus pada solusi dan berani mengambil risiko sambil tetap fleksibel, mengenal diri sendiri lebih baik, dan masih banyak lagi.

Dan pastinya, karena AIESEC adalah organisasi internasional, keterampilan kita dalam menggunakan Bahasa Inggris akan sangat terasah. Bahkan wawancara dengan AIESEC Indonesia pun dilakukan dalam Bahasa Inggris. Nah, tertarik untuk menjadi anggota AIESEC, Sobat?

 

Cara Menjadi Anggota AIESEC

Ada beberapa langkah mudah yang perlu kita ikuti untuk menjadi anggota AIESEC. First, sign up and connect. Sobat Pintar dapat langsung mengakses laman AIESEC Indonesia untuk mendaftar. Second, search. Pilih kegiatan AIESEC yang dirasa sesuai dengan minat dan keterampilan yang sudah dimiliki saat ini.

Then, the third is interview. AIESEC Indonesia akan mengatur internship-mu – dan langkah awal untuk melakukannya adalah dengan mewawancaraimu. At last, confirm and go!

 

Ciptakan Masa Depanmu Sedari Sekarang

Here is an old saying: experience is the best teacher. And it does, indeed. Jadi, kenapa kita tak menciptakan kesempatan-kesempatan seru dimasa depan bersama AIESEC? Selain melalui laman AIESEC Indonesia, Sobat Pintar bisa mendapat gambaran tentang kegiatan AIESEC melalui akun sosial medianya. Willing to try, Sobat?

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog