APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Akreditasi A: Akuntansi pada 10 Universitas Ini

Akuntansi jurusan favorit, tapi tetap perhitungkan akreditasi jurusan dan universitasnya.

Akreditasi A Akuntansi, image via 1800accountant.com

Sudah memutuskan untuk kuliah Akuntansi, Sobat? Salah satu jurusan atau program studi favorit pada rumpun sosial ini terdapat di banyak perguruan tinggi. Tapi universitas mana saja yang memiliki Jurusan Akuntansi dengan akreditasi A? Berikut 10 diantaranya.

 

1. Universitas Gadjah Mada

Akuntansi UGM tersedia dalam dua program, yaitu internasional dan reguler. Pada program reguler, mahasiswa Akuntansi UGM dapat memilih penjurusan Keuangan, Audit, Sistem Informasi, Manajerial, Sektor Publik dan Perpajakan, serta Akuntansi Syariah.

 

2. Universitas Indonesia

Selain program internasional dan reguler, Akuntansi UI juga tersedia dalam program paralel. Spesialisasi karier pada Akuntansi UI yaitu Akuntan Publik, Internal Auditor, Akuntan Manajemen, Staf Keuangan, Analis Sistem Informasi, Manajer Perpajakan, Akuntan Syariah, dan Akuntan Sektor Publik.

 

3. Universitas Diponegoro

Akuntansi Undip menawarkan empat bidang konsentrasi, yaitu Akuntansi Keuangan (riset), Akuntansi Manajemen, Akuntansi Pemerintahan, dan Akuntansi Forensik. Profesi-profesi yang relevan dengan peminatan tersebut antara lain Akademisi, Praktisi Bisnis, dan Akuntan Publik.

 

4. Universitas Brawijaya

Bila UI memiliki predikat sebagai kampus dengan Jurusan atau Prodi Akuntansi terbaik se-Indonesia, Akuntansi UB meraih posisi runner up. Empat konsentrasi Akuntansi UB yaitu Akuntansi Perpajakan, Keuangan dan Sistem Informasi Sektor Publik, Akuntansi dan Keuangan Syariah, serta Akuntansi Bisnis.

 

5. Universitas Jember

Terdapat tiga pilihan peminatan pada Akuntansi Unej, yaitu Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, dan Akuntansi Manajemen. Alumni jurusan ini adalah para profesional yang banyak bekerja di lembaga perbankan, lembaga pendidikan, kantor pajak, kantor akuntan, dan masih banyak lagi.

 

6. Universitas Sebelas Maret

Banyak alumni Akuntansi UNS yang bekerja pada sektor Akuntansi Publik, Akuntansi Swasta, serta Akuntansi Pemerintahan dan Non-Profit. Jabatan yang diemban oleh alumni Akuntan antara lain sebagai Auditor, Supervisor, Manajer, Direktur Keuangan, Staf, Kepala Seksi Kepala Bagian, atau Kepala Dinas.

 

7. Universitas Hasanuddin

Pada SNMPTN 2019, Akuntansi Unhas menerima 40 mahasiswa baru. Pada tahun yang sama, jurusan ini membuka kuota 101 orang mahasiswa baru. Akuntansi merupakan salah satu dari lima jurusan favorit di Unhas.

 

8. Universitas Padjadjaran

Akuntansi Unpad memiliki beberapa sub-bidang, yaitu Akuntansi Syariah dan Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, Auditing, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Manajemen, dan Akuntansi Kauangan. Alumni Akuntansi Unpad bergelar Sarjana Ekonomi (S.E.).

 

9. Universitas Jenderal Soedirman

Akuntansi Unsoed merupakan sebuah jurusan yang lengkap dengan laboratorium akuntansi, perpajakan, komputasi, dan lain-lain. Alumninya memiliki peluang untuk berkarier sebagai Konsultan Pajak, Konsultan Sistem Informasi Akuntansi, Auditor, dan masih banyak lagi.

 

10. Universitas Halu Oleo

Akuntansi UHO menawarkan lima konsentrasi, yaitu Pajak, Auditing, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan Daerah, dan Akuntansi Syariah. UHO juga memiliki Jurusan Pendidikan Akuntansi, namun baru Jurusan atau Prodi Akuntansi yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

 

Memilih jurusan kuliah memang bukan keputusan yang serta-merta diambil. Tetapi perlu diingat, memperhatikan akreditasi jurusan yang dipilih juga penting. Pasalnya, akreditasi yang baik dapat menjadi acuan kualitas perkuliahan yang nantinya akan diperoleh.

Lantas, apakah hanya 10 universitas diatas yang memiliki Jurusan atau Program Studi Akuntansi dengan akreditasi A? Masih banyak, Sobat! Untuk lebih lengkapnya, segera periksa akreditasi jurusan dan kampus pilihanmu pada Kampus Pintar.

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog