APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Akreditasi A: Psikologi di 6 PTS Ini

Memilih jurusan, khususnya Psikologi, dengan akreditasi A dapat membantu menjaga kualitas kuliah di PTS.

Akreditasi A Psikologi di PTS, photo via www.ui.ac.id

Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Jadi, apa yang dipelajari mahasiswa Psikologi juga takkan jauh-jauh dari kerangka alur pemikiran dan alasan dibalik perilaku manusia. Sobat Pintar memiliki minat pada bidang ini?

Bagi mereka yang sudah mantap memilih Psikologi, kuliah di PTN atau PTS takkan menjadi persoalan yang merisaukan. Apalagi, saat ini sudah banyak PTS yang memiliki kualitas bagus – tak kalah dengan PTN. Bila Sobat berpikir demikian, setidaknya pilihlah PTS dengan Jurusan Psikologi yang telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

Dan PTS-PTS mana sajakah itu? Berikut ini enam PTS yang boleh masuk dalam pertimbanganmu.

 

1. Unika Atma Jaya, Jakarta

Mahasiswa Psikologi Unika Atma Jaya menjalani perkuliahannya selama delapan hingga 10 semester. Pada semester ke-6, mahasiswa dapat memilih peminatannya dibidang psikologi: Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri/ Organisasi, atau Psikologi Sosial dan Komunitas.

Perkuliahan Psikologi Unika Atma Jaya dilakukan di dua kampusnya, yaitu Semanggi dan BSD. Fakultas Psikologi sendiri berdiri sejak 2005 dan telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas di Eropa, seperti Radboud University, Westminster University, dan University of Applied Sciences, serta berbagai yayasan dan LSM di dalam negeri.

 

2. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Fakultas Psikologi berada di Kampus III USD, di kawasan Sleman. Dengan prinsip integratifnya, kurikulum Psikologi USD menyiapkan Sarjana Psikologi yang berperan sekaligus sebagai ilmuwan dan praktisi.

Yang membedakan Psikologi USD dari kampus-kampus lain adalah adanya kegiatan pengembangan soft skills untuk mahasiswanya. Bahkan, setiap mahasiswa harus memenuhi poin minimal soft skills sebelum kelulusan. Untuk menjadi mahasiswa Psikologi USD, Sobat Pintar dapat menempuh salah satu seleksinya: Jalur Prestasi atau PMB.

 

3. Universitas Surabaya, Surabaya

Sobat Pintar sedang sekolah di SMK? Alumni SMK, apapun jurusannya, memiliki peluang yang sama dengan alumni SMA untuk masuk Psikologi Ubaya. Syaratnya hanya satu, yaitu lolos seleksi masuk melalui salah satu jalur: Tanpa Tes (JPMK) atau Tes (Umum).

Kampus Psikologi Ubaya berada di Trenggilis. Fasilitas-fasilitasnya antara lain Center for Lifelong Learning, laboratorium psikodiagnostik, laboratorium psikologi, serta pusat konsultasi dan layanan psikologi.

 

4. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Psikologi UII terbuka dan menerima calon mahasiswa dari kelas IPA maupun IPS. Bila Sobat Pintar memilih jalur PSB (Penelusuran Siswa Berprestasi), pastikan nilaimu minimal 7,5. Selain PSB, UII menerima mahasiswa barunya melalui jalur PBT, CBT, dan hafiz Al Qur'an.

Psikologi UII menjadi bagian dari Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Sejalan dengan nafas universitasnya, Psikologi UII lebih mendalami tentang Psikologi Islam. Kampus Jurusan atau Program Studi Psikologi UII sendiri berada di kawasan Kaliurang.

 

5. Universitas Gunadarma, Jakarta

Psikologi termasuk jurusan dengan peminat melimpah di UG. Untuk menjadi mahasiswa Psikologi UG, Sobat Pintar dapat mengikuti jalur PMDK yang ditujukan bagi pelajar berprestasi atau jalur reguler. Perkuliahan Psikologi UG didukung dengan fasilitas laboratorium dimana mahasiswanya mengenal alat tes, observasi, teknik wawancara, dan lain-lain.

 

6. Universitas Mercu Buana, Yogyakarta

Fakultas Psikologi UMB berdiri pada tahun 1993 sehingga Jurusan Psikologi sendiri termasuk program studi lama di PTS tersebut. Usia turut mempengaruhi kelengkapan fasilitas perkuliahan Psikologi UMB, seperti laboratorium psikodiagnostika, alat tes psikodiagnostik, biro layanan psikologi, bahkan ada ruang konseling.

 

Dengerin Podcast tentang Psikolog

Akreditasi A suatu jurusan menunjukkan kemampuannya dalam menyelenggarakan perkuliahan yang berkualitas, termasuk didalamnya berupa kelengkapan fasilitas. Jadi, baik di PTN maupun PTS, jangan berpikir dua kali untuk memilih Jurusan Psikologi yang telah mengantongi akreditasi A, ya!

240

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog