redesain-navbar Portlet

null

Blog

Apa Pertimbangan Pribadimu? 4 Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Pertimbagan eksternal dan internal sama-sama penting saat memilih kampus swasta.

Memilih Perguruan Tinggi Swasta, image by Andrea Piacquadio fro pexels

Tak ada yang salah dengan kuliah di kampus swasta – asalkan kita tetap memperhatikan bagaimana cara memilih PTS terbaik. Beberapa pertimbangan penting saat kita ingin menemukan universitas swasta terbaik antara lain akreditasi kampusnya, akreditasi jurusannya, hingga prestasi alumninya.

Namun selain pertimbangan tentang kampusnya, kita pun perlu melihat keadaan diri dan keluarga sendiri. Bagaimanapun juga, sebuah universitas swasta terbaik menurut si A belum tentu adalah yang terbaik bagi si B. Jadi, bagaimana cara memilih PTS yang lebih sesuai dengan keadaan kita?

 

Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta #1: Pilihan Terbaik untuk Jurusan Incaranmu

Kualitas pendidikan di banyak universitas swasta saat ini sudah dapat disandingkan dengan universitas-universitas negeri. Bahkan, beberapa kampus swasta justru lebih siap dengan penggunaan teknologi dalam perkuliahan – khususnya pada masa pembelajaran jarak jauh seperti sekarang.

Sebagai contoh, Sobat ingin kuliah tentang perfilman. Institut Seni Indonesia adalah pilihan kampus negeri yang baik, tapi kampus swasta seperti Institut Kesenian Jakarta ataupun Universitas Bina Nusantara juga bukan pilihan yang buruk.

Yang pasti, untuk pilihan jurusan ini, Universitas Airlangga atau IPB University sepertinya bukan pilihan yang tepat. Bukan begitu, Sobat? So, the first and foremost tips in finding the best private university is to look inward: what do you want to study? Then, find the best place for your study.

 

Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta #2: Lokasi yang Paling Sesuai dengan Keadaanmu

Setiap kita membuat suatu keputusan, apapun itu, karena faktor-faktor yang berbeda. Jika jarak tempatmu melanjutkan pendidikan menjadi salah satu batasan – for your own personal reasons, maka kuliah di universitas swasta bisa menjadi pilihan.

Sama seperti pada contoh di atas. Jika Sobat harus melanjutkan kuliah perfilman di wilayah Jakarta saja, IKJ dan Binus tentu lebih patut dipertimbangkan daripada ISI Yogyakarta. And again, masing-masing kita memiliki alasan pribadi sendiri kenapa membatasi pilihan kampus pada suatu wilayah tertentu – which is fine.

 

Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta #3: Biaya yang Lebih Terjangkau

Apapun keadaan yang melatarbelakangi pilihanmu untuk kuliah di perguruan tinggi swasta, biaya tetap menjadi pertimbangan penting – for the majority of us. Jadi, bijak-bijaklah memilih kampus swasta yang biaya kuliahnya lebih terjangkau atau lebih sesuai dengan keadaan ekonomi keluarga.

You'll be studying for about four years at university. And you don't want to just drop your study out for financial reasons during those years. Selain biaya kuliah, pertimbangkan pula biaya hidup sebagai anak kos bila kampus pilihanmu berada di kota lain.

Kembali pada contoh di atas. Sama-sama kuliah perfilman, biaya kuliah di IKJ dan Binus tentu berbeda. Out of the two universities, choose the one that best suits your financial situation. And again, it's fine. Setiap kita – setiap keluarga, berada pada situasi yang tak sama.

 

Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta #4: Fasilitas dan Sarana yang Mendukung

Let's just deal with it: we're all different – termasuk juga, apa saja yang kita butuhkan, yang ingin kita peroleh dari bangku perguruan tinggi. Adakah Sobat Pintar yang hanya ingin mengejar IPK 4.00? Adakah Sobat yang ingin memperbanyak teman saat kuliah? Atau, barangkali ada Sobat yang ingin mengeksplor berbagai kegiatan di luar kelas?

Nah, manakah universitas swasta yang sekiranya dapat memberimu kesempatan untuk meraih berbagai tujuan tersebut? Dalam hal akademis, akreditasi institusi dan jurusan bisa dijadikan acuan ukuran. Tapi bagaimana dalam hal lainnya?

Itulah sebabnya kenapa kita perlu mengetahui dan mengenal alumni universitas swasta incaran, Sobat. Bukan sekedar untuk mendapatkan cerminan prospek setelah lulus kuliah, tapi kita juga bisa memperoleh informasi tentang fasilitas dan sarana mahasiswa selama kuliah di kampus swasta tersebut.

 

Still, jika keempat faktor di atas tak jadi soal buatmu, Sobat, ada cara memilih PTS yang jauh lebih sederhana. Misalnya, salah satu tips memilih universitas swasta adalah dengan berpatokan pada akreditasi institusi dari BAN-PT saja. Cara ini dapat diterapkan khususnya bila pilihan jurusanmu cukup general, seperti Manajemen.

Selain akreditasi BAN-PT, and if you don't mind, kita bisa mengacu pada klasterisasi Kemenristekdikti 2019. Klasterisasi ini tidak memilah antara kampus negeri dan kampus swasta, melainkan menggabungkan seluruhnya ke dalam klaster-klaster sesuai skor yang diperoleh setiap kampus.

Jadi, manakah kampus pilihanmu, Sobat? Now, go and find your best place to study!

50

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp