CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Apa Tujuan Hidupmu?

Empat Kebenaran yang dapat memberi arti dan tujuan hidup?

tujuan hidup, Photo by Fuu j on Unsplash

Seringkali kita mendapatkan pertanyaan tentang tujuan hidup yang kita miliki. Dan banyak pendapat yang menyatakan bahwa tujuan hidup itu adalah menemukan kebahagiaan. Ada juga anggapan bahwa tujun hidup itu adalah untuk mencintai orang lain, menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri, atau mengikuti apa yang diberikan tuhan untuk kita…mengalir aja gitu kalo kata anak yang menjalani hidup dengan “santuy” dan “Enjoy life”. Tapi ada juga sih yang masih kebingungan dengan tujuan hidupnya dan mengatakan bahwa tidak ada tujuan hidup sama sekali..hmm mengsedih sih kalo ini ya sobat…

Nah sobat pintar, ada cara yang simple untuk menemukan tujuan hidup?kira-kira apa ya sobat? Menurut suatu penelitian, dalam mencari tujuan hidup adalah dengan hidup seperti seorang pahlawan. Wah keren dong ya kalau gitu....

Jadi ada 4 kebenaran yang bisa kita tiru dari seorang pahlawan dalam menemukan tujuan hidupnya :

1. Melakukan suatu perjalanan.

Dalam hidup ini, kita akan berada disatu titik tertentu dimana kita harus melakukan suatu perjalanan yang jauh dari kenyamanan hidup kita. Kalau kita liat dalam sebuah serial atau tontonan yang ada di TV, atau dari buku-buku sejarah itu perjalanan seorang pahlawan itu bisa nyata atau hanya metaforis. Terkadang pahlawan bisa memilih perjalanan, terkadang juga perjalanan dipilih untuk mereka. Jadi persiapkan lah diri sobat, karena dalam hidup sobat pintar akan melewati beberapa jenis perjalanan seperti penuh dengan ketidaknyamanan akan tetapi hal tersebut justru penting dalam mengungkapkan tujuan hidup sobat pintar.

2. Bangkit dari masa sulit.

Melewati suatu rintangan dan kegagalan adalah bagian penting dari perjalanan hidup sobat pintar. Biasanya, dongeng yang diberikan saat anak-anak itu justru mempersiapkan kita untuk menghadapi kesulitan dengan menampilkan pahlawan yang tumbuh dari kesulitan yang mereka lewati. Hal tersebut sejalan dengan pendapat ahli mitologi Joseph Campbell yaitu “Di mana Anda tersandung, di situlah letak harta Anda,”. Pahlawan menggunakan kesulitan untuk memperbaiki diri. Ketika sobat pintar ditantang oleh keadaan hidup yang paling sulit, ketahuilah bahwa perjalanan sobat pintar akan membentuk diri menjadi individu yang lebih bijaksana dan lebih tangguh.

3. Mengumpulkan orang-orang yang tepat.

Dalam mencari tujuan hidup, sobat pintar seharusnya tidak pernah melakukan perjalanan sendirian. Ibarat pahlawan menemukan cara untuk mencari sahabat, teman, dan mentor untuk membantu mereka mengatasi rintangan dan kegagalan. Seringkali orang-orang yang membantu sobat pintar adalah orang yang paling bukan sobat harapkan. Ingatlah bahwa tujuan dari perjalanan ini adalah untuk mengubah sobat pintar menjadi orang yang lebih kuat dan lebih baik. Dengan mengumpulkan orang-orang yang tepat dan tepercaya akan bisa membantu sobat pintar dalam melalui kesulitan dan akan membantu sobat untuk konsisten untuk melakukan perjalanan tersebut.

4. Memberikan kebermanfaatan bagi orang disekitar.

Perjalanan seorang pahlawan jauh lebih dari sekadar transformasi pribadi atau untuk perubahan diri sendiri. Setelah sobat kembali dari perjalanan dalam mencari tujuan hidup, Sobat akan menggunakan hadiah yang baru ditemukan untuk membuat dunia sebagai tempat yang lebih baik. Contohnya : Dalam 12 tahun perbudakan, pahlawan Salomo selamat dari cobaan sebagai budak dan kemudian bekerja untuk mengakhiri perbudakan.

Nah sobat, dari 4 kebenaran tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa tujuan hidup adalah menggunakan transformasi pribadi pada diri sendiri untuk membantu mengubah masyarakat menjadi lebih baik. Kalau sobat amati bahwa perjalanan sang pahlawan tidak hanya digambarkan dalam fiksi tetapi dalam kehidupan nyata para pahlawan terbesar dunia, seperti Mahatma Gandhi, Nelson Mandela, dan Martin Luther King, Jr. Ketiga legenda ini menghayati empat kebenaran kepahlawanan yang diuraikan di atas:

  1. Mereka semua berani memulai perjalanan yang selamanya mengubah hidup mereka
  2. Mereka pernah melewati masa sulit
  3. Mereka mendapat manfaat dari orang-orang tepat yang memungkinkan kemenangan mereka dalam meraih perjalanan hidup
  4. Mereka semua menggunakan karunia mereka untuk selamanya mengubah dunia.

Sobat mungkin tidak berada di jalur kehidupan seorang Gandhi atau Mandela, tetapi yakinlah bahwa sobat pintar berada dalam perjalanan pahlawan yang memiliki implikasi penting bagi diri sendiri dan dunia. Mungkin sobat pintar sedang dalam proses mengatasi masalah pencarian jati diri, karir, masa kanak-kanak yang sulit, kesulitan dalam finansial, dan permasalahan lainnya. Akan tetapi yang perlu diingat adalah ketika sobat pintar berjuang, ingatlah bahwa terlepas dari hasilnya, sobat pintar akan berproses dalam memenuhi tujuan hidup. Karena setiap kehidupan manusia punya makna hidup dan perjalanan tersendiri untuk memiliki kehidupan layaknya seorang pahlawan.

Jika sobat pintar masih bingung mencari tujuan hidup, jangan ragu untuk mengatur jadwal konseling dengan seorang psikolog. Hal ini agar memudahkan sobat pintar untuk mendapatkan gambaran terkait diri sendiri sehingga bisa memaksimalkan dan tau cara mengenali potensi diri yang ada dalam diri kita.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog