APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Apakah Tryout Itu Penting? Stop Nanyea, Ini 4 Manfaat Ikut Try Out

Pastikan mengikuti try out menjadi bagian dari rutinitas persiapan mengikuti UTBK.

Photo by Mimi Thian on Unsplash

Try Out UTBK hingga saat ini masih bisa dihitung jari, apalagi dengan adanya perubahan materi ujian yang baru-baru kemarin dikeluarkan oleh Kemendikbud. Alhasil, kita-kita yang udah kelas XII lumayan dibuat gelagapan. Sudahlah materinya baru, tak banyak waktu pula untuk persiapannya.

Ada beberapa persoalan kita di sini. Dengan materi ujian yang baru, apa saja yang harus kita pelajari? Kira-kira materi yang telah kita pelajari kemarin-kemarin itu, bakal berguna ga, sih? Terus, dengan keterbatasan waktu yang ada, bagaimana cara kita mengejar penguasaan materi ujian? Nah, di situlah Try Out UTBK menjawab, Sobat Pintar.

Menurut pengertian bahasanya, try out adalah uji coba. Sama seperti uji coba lainnya, seperti kendaraan, vaksin, atau senjata, tujuan try out adalah untuk melakukan pengujian sebelum dipakai – atau dilaksanakan.

Begitu juga dengan Try Out UTBK, Sobat. Try Out UTBK dilaksanakan sebelum UTBK yang sesungguhnya agar kita sebagai calon peserta ujian (UTBK) dapat mengetahui seperti apa kira-kira nanti rasanya mengikuti ujian, materi ujiannya, bahkan soal-soal ujiannya.

Terus, apa pentingnya mengikuti tryout? Toh kita nanti juga bakal beneran mengikuti ujian, kan? Kenapa harus mengikuti Try Out UTBK? Apa kegunaan dari try out UTBK? Ini dia jawabannya, Sobat Pintar.

 

1. Mengukur Kemampuan Diri

try out menentukan kelulusan
Photo by Humble Lamb on Unsplash

Apakah tryout itu penting? Tentu saja, Sobat. Try Out UTBK dapat memberikan gambaran, memberimu "peta" yang menunjukkan di mana posisimu dibandingkan calon peserta UTBK lainnya yang jumlahnya ratusan ribu itu. Jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh, seolah-olah kamu benar-benar sedang mengikuti UTBK, try out dapat menumbuhkan dan mempertajam kesadaran diri terhadap materi dan soal ujian yang menjadi kekuatan dan kelemahanmu.

Misalnya setelah beberapa kali mengikuti Try Out UTBK, kamu merasa membutuhkan waktu terlalu banyak pada tes penalaran matematika. Berangkat dari kesadaran tersebut, kamu bisa belajar dan berlatih lebih banyak tentang materi yang masih dianggap sulit atau, sebaliknya, fokus pada materi lain yang diharapkan mampu menyelamatkan nilai UTBK-mu.

 

2. Manajemen Waktu Ujian

Apakah tryout itu penting
Photo by JESHOOTS.com on Pexels

Kamu pernah kehabisan waktu saat ujian, Sobat Pintar? Kalau kamu pernah, atau bahkan cukup sering mengalaminya, jangan lagi bertanya apa pentingnya mengikuti tryout UTBK.

Memangnya apa manfaat ikut try out? Khususnya buat kalian yang pernah kehabisan waktu ujian, mengikuti Try Out UTBK dapat melatih perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu butir soal ujian. Ingat, waktu yang disediakan untuk mengikuti ujian itu selalu terbatas. Dengan keterbatasan waktu tersebut, dan jumlah soal ujian yang cukup banyak, kita diharuskan untuk menjawab dengan tepat.

 

3. Practice Makes Perfect

Apa manfaat ikut try out
Photo by Aldrin Rachman Pradana on Unsplash

Kamu tentu tahu, semakin sering kita mengerjakan sesuatu maka semakin lancar atau mudah kita mengerjakannya. Itulah salah satu keuntungan ikut tryout berkali-kali, Sobat Pintar.

Semakin sering kamu bertemu dengan soal penalaran matematika dalam suasana ujian (Try Out UTBK), misalnya, semakin sering pula logika berpikirmu terasah sehingga kemungkinan besar semakin cepat kamu dapat menyelesaikan setiap butir soal ujian. Jadi saat ada kesempatan untuk mengikuti try out online maupun offline, jangan kebanyakan mikir – langsung embat!

 

4. Faktor Efisiensi

Apa arti tryout di sekolah
Photo by Nguyen Thu Hoai on Unsplash

Sebagaimana telah disebutkan di awal, Try Out UTBK dengan materi ujian terbaru yang sesuai dengan ketentuan Kemendikbud masih belum begitu banyak tersedia. Maka beruntung banget kalau kita bisa mendapatkan akses dan kesempatan untuk mencoba soal-soal UTBK yang baru itu.

Enggak perlu bertanyea-tanyea di mana bisa mengikuti Try Out UTBK karena Aku Pintar telah menyediakannya buat kamu, Sobat. Tryout di Aku Pintar dilaksanakan secara online sehingga kamu enggak perlu meluangkan waktu di perjalanan menuju tempat try out. Kamu juga bisa menyesuikan waktu pengerjaan try out dengan kesibukanmu, selama masih dikerjakan dalam kurun waktu yang dijadwalkan.


© Aku Pintar


© Aku Pintar

Udah gitu, tryout di Aku Pintar itu gratis! Artinya, kamu juga enggak perlu menyisihkan uang saku buat ikutan try out online ini. Sampai sini kamu masih nanyea lagi keuntungan ikut tryout di Aku Pintar?

 

5. Memilih Jurusan Kuliah

Apa kegunaan dari try out UTBK
Photo by Good Faces on Unsplash

Apakah try out menentukan kelulusan ujianmu nanti? Emang enggak, Sobat. Namun berdasarkan hasil Try Out UTBK, kita bisa mengevaluasi kembali pilihan jurusan kuliah.

Ada banyak insight yang bisa kita peroleh dari hasil tryout di Aku Pintar, bukan hanya nilai prediksi UTBK. Misalnya, apakah jurusan kuliah dan kampus yang kamu incar selama ini sudah sesuai dengan kemampuanmu? Terlebih lagi, apakah jurusan itu memang sudah sesuai dengan minat dan bakatmu? Apakah kamu punya passion yang besar, sebagai modal untuk kelak bekerja dan berkarier di bidang yang kamu incar itu?

Nah, kamu bisa mendiskusikan itu semua melalui konseling dengan psikolog – gratis! Caranya bagaimana? Kamu harus menjadi bagian dari 100 pendaftar pertama tryout di Aku Pintar untuk mendapatkan kode promonya.

Gimana, Sobat? Udah enggak lagi ngitung-ngitung keuntungan ikut tryout di Aku Pintar, kan? Kuy, buruan curi start Try Out UTBK!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog