APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Alami Rasa Jenuh Saat Mengajar? Guru Harus Segera Lakukan 5 Tips Berikut Ini!

Tips mengajar aktif dan Mengatasi rasa bosan saat mengajar

Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Rasa jenuh atau bosan sering kali dialami oleh guru saat mengajar. Hal ini sangatlah wajar. Rasa jenuh atau biasa biasanya muncul karena seseorang melakukan sesuatu yang sama secara terus menerus. Begitupun guru, jika seorang guru mengajar dengan cara yang sama selama bertahun-tahun, maka tidak heran jika dilanda rasa bosan.

Hal seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena akan mempengaruhi  kualitas proses belajar mengajar yang terjadi di kelas. Siswa akan merasa dirugikan dan tentu saja tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan tidak dapat dicapai dengan maksimal. Saat guru mengalami titik jenuh dalam mengajar, segera cari cara mengatasi kejenuhan dalam mengajar. Bagaimana caranya? Simak menghilangkan rasa jenuh pada guru berikut ini!

1. Gunakan metode mengajar yang bervariasi


Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Metode mengajar yang monoton tidak hanya membosankan bagi siswa. Hal ini juga dapat menyebabkan guru tidak bersemangat dalam mengerjakan tugas dan kewajibannya dalam mengajar. Mengajar dengan cara yang sama, dengan media yang sama selama terus menerus akan menurunkan gairah saat mengajar. Oleh karena itu, selalu gunakan metode yang berbeda saat mengajar. Gunakan kreativitas Guru Pintar untuk menciptakan hal-hal baru dalam melakukan pekerjaan, misalnya menciptakan media mengajar yang inovatif atau menerapkan kegiatan-kegiatan belajar yang menyenangkan. Hal yang perlu diingat, kreativitas dalam mengajar harus tetap mengutamakan kebutuhan siswa dan menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

2. Ciptakan suasana kelas 

Suasana kelas juga mempengaruhi mood guru dan juga siswa saat belajar. Cara menghilangkan rasa jenuh karena suasana kelas yang membosankan adalah dengan mengubah suasana kelas secara berkala. Sisihkan waktu untuk mendesain kelas dengan tema-tema yang menarik. Jika merasa berat melakukan hal ini sendiri karena tugas lain yang juga begitu banyak, Guru Pintar dapat melibatkan siswa dalam mendekorasi kelas. Siswa juga pasti senang jika suasana kelas selalu baru dan fresh. Hal ini menambah semangat siswa dalam belajar dan membuat mereka betah berada di ruang kelas.

Baca juga: 5 Faktor Penyebab Munculnya Rasa Bosan Pada Siswa Saat Belajar

3. Pelajari hal-hal baru


Foto oleh Vitaly Gariev dari Pexels

Tips anti jenuh mengajar selanjutnya adalah dengan mempelajari hal-hal baru. Mempelajari hal-hal baru akan dapat membuat rasa bosan yang melanda teralihkan. Hal yang dipelajari tidak harus seputar pendidikan. Misalnya Guru Pintar belajar menggambar, belajar memasak, atau keterampilan lainnya. Tidak jarang dengan mempelajari hal-hal baru di luar dunia pengajaran akan memunculkan ide-ide kreatif saat mengajar, lho! Bahkan tidak menutup kemungkinan juga hal-hal yang baru dipelajari ini akan membuka peluang-peluang baru bagi Guru Pintar untuk menambah penghasilan. Menarik bukan?

4. Lakukan hal yang disukai

Guru lemas saat mengajar atau tidak bersemangat saat mengajar akan dapat dirasakan oleh siswa. Siswa akan ikut terpengaruh dan menjadi tidak semangat mengikuti pembelajaran. Hal yang perlu dipahami adalah guru juga seorang manusia. Ada kalanya mengalami perubahan suasana hati. Akan tetapi, seorang guru yang profesional tidak akan membiarkan hal seperti ini mempengaruhi kualitas pengajarannya. Untuk itu kegiatan-kegiatan yang refreshing perlu dilakukan di waktu-waktu luang atau libur guru. Contoh hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan hobi atau kegiatan yang disukai seperti berolahraga, travelling, membaca buku, atau berkebun. Aktivitas-aktivitas yang disukai ini akan membuat guru merasa segar kembali dan siap untuk mendidik siswa-siswanya.

5. Ikuti kegiatan sosial

rasa jenuh mengajar pada guru harus segera diatasi supaya tidak mempengaruhi proses KBM
Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Mengikuti kegiatan sosial juga dapat memperbaiki mood dan menghilangkan rasa jenuh. Kegiatan sosial yang dapat Guru Pintar lakukan misalnya dengan menjadi relawan untuk membantu orang lain. Guru Pintar dapat mengagendakan kegiatan menjadi relawan setiap akhir pekan. Untuk itu, sangat baik jika Guru Pintar bergabung dengan sebuah komunitas sosial atau komunitas guru, atau komunitas lainnya yang dapat mewadahi untuk berbagi. Tidak perlu jauh-jauh kok. Silahkan mencari komunitas terdekat yang membutuhkan bantuan Guru Pintar. Bantuan tidak harus berupa materi ya. Guru Pintar dapat memanfaatkan kemampuan mengajar untuk membantu mengajar anak-anak kurang beruntung. Guru Pintar dapat mengajar membaca untuk anak-anak atau orang yang belum dapat membaca, menceritakan dongeng, membuat kerajinan tangan bersama kelompok ibu-ibu, dan lain sebagainya. Bila memungkinkan, Guru Pintar juga dapat mengajak siswa untuk melakukan hal ini. Selain dapat mengembalikan semangat mengajar, hal ini juga dapat membentuk karakter siswa dan membuat mereka terinspirasi untuk selalu berbagi.

Bagaimana seharusnya cara guru mengajar agar kamu tidak cepat lupa dan jenuh harus mendapat perhatian penuh. Segera lakukan kelima hal di atas jika tanda-tanda bosan tumbuh. Tetap semangat mengajar dan jangan bosan menebar manfaat ya, Guru Pintar!

Baca juga: Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar Mengajar di Masa Pandemi

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog