redesain-navbar Portlet

Blog

Ayo Pelajari: 4 Contoh Soal TPS dan TKA UTBK-SBMPTN 2022 dari Aku Pintar

Belajar dari soal-soal sebelumnya untuk UTBK 2022.

Soal TPS UTBK, image credit Hope House Press - Leather Diary Studio

Soal TPS (Tes Potensi Skolastik) sebenarnya memang sudah menjadi bagian dari keseluruhan soal-soal UTBK – bersama dengan TKA (Tes Kemampuan Akademik). Namun seleksi masuk PTN di tahun 2020 berbeda, yang mengujikan materi TPS UTBK saja. Setelah UTBK 2021, kira-kira bakal seperti apakah soal-soal UTBK 2022 nanti? Yuk, kita pelajari dulu contoh soal UTBK Saintek dan Soshum di bawah ini, Sobat.

 

Materi TPS UTBK 2022

TPS UTBK adalah tes yang mengukur kemampuan dasar atau menguji kemampuan kognitif para peserta ujian. Materi TPS UTBK terdiri dari Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pengetahuan Kuantitatif. Khusus untuk TPS, materi UTBK Saintek dan Soshum tidak berbeda.

 

1. Soal TPS UTBK: Penalaran Umum

Soal TPS UTBK Penalaran Umum terdiri dari dua teks bacaan, 14 soal tentang teks, dan enam soal penalaran kuantitatif. Alokasi waktu untuk soal TPS Penalaran Umum ialah 35 menit.

Contoh soal TPS UTBK Penalaran Umum:

Tiga tahun berturut-turut, pola panen padi Januari-Desember 2015 relatif sama dengan pola panen padi yang terjadi pada 2014 dan 2013. Puncak panen padi terjadi setiap Maret. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada saat puncaknya di bulan Maret 2015 lalu, luas panen padi di Indonesia mencapai 2,34 juta hektare. Seperti dimuat dalam Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi September 2016, total luas panen padi di Indonesia pada 2015 mencapai 14,1 juta hektare. Angka ini mengalami peningkatan 2,31 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 13,8 juta hektare. Sedangkan untuk produktivitas panen padi pada 2015 tercatat sebesar 2,06 kuintal per hektare. Selain melaporkan luas panen tahunan yang meningkat, BPS juga mencatat produksi padi pada 2015 lalu mencapai 75,40 juta ton Gabah Kering Giling (GKG) atau naik 4,55 juta ton (6,42 persen) dibandingkan periode panen 2014. Peningkatan produksi padi terjadi di Pulau Jawa sebanyak 2,31 juta ton, dan di luar Pulau Jawa sebanyak 2,24 juta ton. Data luas panen padi pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2015 sesuai dengan gambar.

Berdasarkan teks di atas, berapakah jumlah total luas panen padi pada tahun 2014….

A. 14,1 juta hektare

B. 14,0 juta hektare

C. 13,8 juta hektare

D. 13,7 juta hektare

E. 13,6 juta hektare

Jawaban contoh soal UTBK ini: C. 13,8 juta hektare.*)

Apakah jawabanmu sama, Sobat? Tips menghadapi soal TPS UTBK Penalaran Umum adalah dengan (1) membaca teks secara cepat dan cermat, (2) teliti menganalisis tabel/ diagram/ grafik, (3) jeli dengan soal-soal kuantitatif, dan (4) memahami konsep soal.

 

2. Soal TPS UTBK: Pemahaman Bacaan dan Menulis

Soal TPS UTBK Pemahaman Bacaan dan Menulis terdiri dari tiga teks bacaan dan 20 soal seputar teks. Alokasi waktu untuk soal TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis ialah 25 menit.

Contoh soal TPS UTBK Penalaran Umum:

(1) Banjir rob yang terjadi selama 20 tahun terakhir telah [...] dua dusun di Demak, Jawa Tengah, membuat lebih dari 200 kepala keluarga terpaksa pindah. (2) Namun keluarga Pasijah memutuskan bertahan. (3) Perempuan paruh baya yang akrab disapa Pasijah itu mengayuhi dayung sampan yang selama beberapa tahun terakhir dipakainya untuk bepergian. (4) Air laut yang mengepung rumah membuatnya harus menggunakan sampan kemanapun, [...] ketika sekadar harus ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari, serta mengantar anaknya ke sekolah. (5) Keluarga Pasijah adalah satu-satunya keluarga yang bertahan di Dusun Rejosari Senik, Desa Bedono, Demak, Jawa Tengah.

Kalimat yang tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) adalah....

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

Jawaban contoh soal UTBK ini: D. 4. Partikel pun ditulis terpisah pada kata “apa pun” dan “kemana pun”. Partikel pun harus ditulis serangkai pada kata yang dianggap padu seperti sekalipun, kendatipun, dan biarpun.*)

Jawabanmu sudah tepat, Sobat? Tips menghadapi soal TPS UTBK Pemahaman Bacaan dan Menulis adalah dengan (1) memahami inti paragraf, pesan tersirat, dan kesimpulan teks. Berikutnya, (2) baca dengan cepat dan cermat. Tak lupa, (3) pelajari KKBI dan PUEBI.

 

3. Soal TPS UTBK: Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Soal TPS UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum terdiri dari tiga teks bacaan Bahasa Indonesia yang diikuti dengan 12 soal dan dua teks bacaan Bahasa Inggris yang diikuti dengan delapan soal. Alokasi waktu untuk soal TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis ialah 25 menit.

Contoh soal TPS UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum:

...

BI menyatakan sejalan dengan  penurunan tersebut, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada triwulan I-2020 tercatat lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya. Meskipun demikian, kondisi keuangan dunia usaha dari aspek likuiditas dan rentabilitas masih cukup baik dengan akses terhadap kredit perbankan yang relatif normal.

...

Maksud kata kapasitas dalam teks tersebut adalah....

A. muatan

B. keahlian

C. keterampilan

D. jumlah

E. kemampuan

Jawaban contoh soal UTBK ini: E. Dalam KBBI, kapasitas berarti daya/ kemampuan. Berdasarkan pilihan jawaban, maksud kata kapasitas yang sesuai dengan teks tersebut yakni kemampuan.*)

Bagaimana menghadapi soal TPS UTBK? Beberapa tips untukmu Sobat: (1) banyak-banyak baca untuk memperluas wawasan dan (2) familiar dengan penggunaan EYD. Dan seperti contoh soal UTBK ini, Sobat harus (3) menguasai idiom, antonim, serta sinonim.

 

4. Soal TPS UTBK: Pengetahuan Kuantitatif

Soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif terdiri dari 20 soal dengan alokasi waktu 25 menit. Seperti apa contoh soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif? Seperti berikut ini, Sobat

Contoh soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif:

Jika m = -3x2 + 5 dan n =  -4x2 + 1 maka ….

A. m > n

B. m < n

C. 3m = 4n

D. 4m = 3n

E. hubungan m dan n tidak dapat ditentukan

Cara menyelesaikan soal TPS UTBK ini adalah:

Kurangkan m dengan n sehingga

m - n = (-3x2 + 5) - (-4x2 + 1)

m - n = x2 + 4

m - n > 0

Karena m - n > 0 untuk x berapapun maka m > n *)

Jadi, jawaban contoh soal UTBK ini: A. Trik menguasai soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif adalah dengan banyak-banyak belajar dan berlatih, Sobat – terutama materi (1) aljabar, (2) logika, (3) peluang, (4) statistika, dan (5) geometri.

 

Materi TKA UTBK 2022

Berkaca pada soal SBMPTN Soshum dan Saintek pada UTBK 2021, kita dihadapkan pada materi TPS dan TKA. Perbedaan TPS dan TPA (TKA) terletak pada kemampuan yang diujinya. Materi TPS menguji kemampuan kognitif, sedangkan materi TKA mengukur kemampuan khusus di bidang Saintek atau Soshum.

Soal SBMPTN Saintek dan Soshum pada materi TKA merupakan soal-soal High Order Thinking Skills (HOTS). Alih-alih hafalan, persiapan materi UTBK Saintek dan Soshum lebih mengarah pada analisis dan pemahaman.

1. Materi UTBK Saintek TKA

Materi UTBK Saintek TKA terdiri dari Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. Contoh soal SBMPTN Saintek TKA dapat dipelajari di Tes Pintar dan AP Live.

2. Materi UTBK Soshum TKA

Materi UTBK Soshum TKA terdiri dari Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Contoh soal SBMPTN Soshum TKA dapat dipelajari di Tes Pintar dan AP Live.

 

At this point, perbedaan TPA dan TPS tak jadi soal kan, Sobat Pintar? Agar lebih baik lagi persiapanmu menghadapi UTBK-SBMPTN 2022, rajin-rajin ikutan Try Out, ya! FYI, Aku Pintar mengadakan TO UTBK III melalui aplikasi di ponselmu mulai hari ini hingga dua hari ke depan. Nantikan Try Out berikutnya dan update terus informasimu di @akupintar.id.

 

 

*) soal UTBK TPS 1 Aku Pintar

310

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet