APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Bahasa – Apa yang Sobat Pintar Ketahui Tentangnya?

Bahasa adalah bidang ilmu yang tak kalah penting dan rumit dibanding bidang ilmu lain.

Belajar Bahasa, photo credit Plume Creative/Getty Images

Sobat Pintar ada yang ingin sekolah dikelas Bahasa? Atau mungkin kuliah dijurusan Bahasa? Atau barangkali, sekarang Sobat memang sedang berstatus sebagai pelajar dikelas Bahasa – mahasiswa dijurusan Bahasa?

Sebagai pilihan jurusan, tak jarang Bahasa dipandang sebelah mata. Padahal sebagai produk budaya, bahasa merupakan salah satu wujud peradaban manusia yang tertua – dan hingga kini adalah yang terbanyak. Mau tahu lebih banyak tentang bahasa? Ayo, cari tahu bersama Aku Pintar.

 

Peradaban Manusia dan Bahasa

Sebagai seorang pakar bahasa, filsuf, dan ilmuwan Amerika, Noam Chomsky dikenal sebagai bapak linguistik modern dikelas Bahasa. Menurut Chomsky, bahasa muncul pertama kali di Afrika pada 100.000-60.000 SM dan hingga kini diperkirakan ada lebih dari 7.000 bahasa di dunia.

As you know it, today we have France, English, Spanish, Arabic, and all other languages around the globe. And it may stir your interest, which one is the oldest?

Masih dilansir dari Kokbisa.id, rekam jejak bahasa mulai ditemukan dalam budaya Sumeria dan Mesir sekitar 3.200 SM. Semakin mendekati keperadaban kita, peradaban berikutnya yang memiliki rekam bahasa adalah Tamil (2.500 SM), Sansekerta (2.000 SM), kemudian Yunani, dan yang terbaru pada masa kita adalah Cina.

Menurut teori Monogenesis, ragam bahasa kita saat ini berasal dari bahasa-bahasa peradaban tua tersebut. Lantas, bagaimana bahasa di Eropa bisa berbeda dari suatu bahasa di Asia, misalnya?

 

Lingkungan Geografis dan Bahasa

Coba Sobat bayangkan Bahasa Sunda dan Bahasa Madura – atau, Bahasa Minangkabau dan Bahasa Sumbawa. Tentu berbeda, bukan? Coba bandingkan letak geografisnya. Berbeda juga, kan?

Begitulah analoginya perbedaan bahasa yang terjadi di dunia. Setiap wilayah yang dihuni oleh sekelompok orang akan memiliki bahasa yang khas pada komunitas tersebut. Intonasi suara, bunyi, bahkan kosakata dipengaruhi oleh kondisi fisik hingga temperatur alam sekitar.

Kembali pada contoh bahasa daerah, Sobat Pintar bisa membayangkan perbedaan bahasa Minangkabau yang wilayahnya cenderung bergunung-gunung dibanding dengan bahasa Madura yang didominasi area pantai? Begitulah kira-kira analoginya kenapa Bahasa Jerman berbeda dari Bahasa Jepang.

Sebaliknya, kedekatan wilayah juga mempengaruhi kemiripan bahasa, Sobat. Misalnya, Bahasa Indonesia punya banyak kemiripan dengan Bahasa Melayu di Malaysia.

 

Ragam Bahasa, Beragam Faktor

Tak cukup pada keadaan geografi, ragam bahasa juga dipengaruhi oleh makanan dan makhluk hidup sekitar – begitulah menurut teori Kandelabra. As a part of our civilization, language is indeed intertwined with other aspects of our life. And the understanding brings us to the conclusion that the birth and development of a language are complicated.

Bagaimanapun, kita belum bisa benar-benar tahu dengan pasti tentang kapan dan bagaimana suatu bahasa ada dan digunakan. Masih banyak yang perlu kita pelajari lagi tentang bahasa – lebih dari sekedar tata bahasanya. Jadi, masih beranggapan bahasa itu lebih sederhana daripada ilmu-ilmu lain?

320

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog