APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Bahasa Gaul Korea yang Sering Muncul

Kenali kata-kata dan ungkapan sederhana Bahasa Korea yang sering digunakan dalam pergaulan sehari-hari.

Photo by Small Town Korea on Unsplash

Bahasa gaul Korea yang sering muncul itu yang gimana, sih? Bahasa gaul Korea sehari-hari, yang besar kemungkinan digunakan dalam percakapan itu yang kayak apa? Kan pengin tuh, ikutan nimbrung di chat group, medsos, atau forum. Bukan cuma buat praktik Bahasa Korea yang sudah kita pelajari, tetapi juga saking gemesnya pengin ikutan komen!

Ya udah deh, langsung aja dicepuin. Bahasa gaul Korea yang sering muncul di drama dan medsos sebenarnya ada banyak banget. Disebut "gaul" karena kata-kata itu biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Nah, balik lagi ke pertanyaan di awal, bahasa gaul Korea sehari-hari itu yang kayak apa? Ini dia, beberapa istilah yang sering digunakan sebagai bahasa gaul Korea dan artinya.

 

1. Omo

bahasa gaul korea dan artinya
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Siapa nih, yang suka balas chat pakai bahasa chatting Korea, "Omo!" sehabis nonton drama Korea? Singkatnya, omo adalah Bahasa Korea ya ampun. Biasanya kita pakai "Omo!" saat merasa kaget.

 

2. Eotteoke

semangat dalam bahasa korea
Photo by cottonbro studio on Pexels

Omo cukup sering digunakan sebagai bahasa gaul Korea bersama dengan eotteoke. Eotteoke sendiri diterjemahkan menjadi "bagaimana" dalam Bahasa Indonesia. Kesan yang disampaikan dalam eotteoke bukan sekadar bertanya bagaimana, melainkan lebih kepada ungkapan bingung dan terkejut, "Aduh, bagaimana ini!" Dalam "Omo eotteoke!" ungkapan rasa bingung dan terkejut itu menjadi lebih kuat.

 

3. Kamjagiya

Bahasa Gaul Korea Sehari-hari
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Kamu pengin mengekspresikan rasa kaget dengan cara lain? Pakai kamjagiya, Sobat. Dalam bahasa gaul Korea sehari-hari, kamjagiya semakna dengan "Astaga!" atau "Bikin kaget aja!"

 

4. Heol

Apa saja bahasa gaul Korea
Photo by RODNAE Productions on Pexels

Heol punya kesan keterkejutan yang sama dengan omo. Heol juga cukup sering digunakan dalam bahasa chatting Korea. Kalau dalam Bahasa Inggris, ekspresi yang sama adalah OMG atau "Oh my God!" Siapa nih, yang sering pakai OMG sewaktu chatting? Entar coba pakai heol, deh.

 

5. Daebak

Apa arti HEOL daebak
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Ada lagi nih, ungkapan yang cukup sering digunakan dalam bahasa gaul Korea sehari-hari, daebak. Kalau sering nonton drama Korea, kamu pasti tau bagaimana mengucapkan daebak dengan rasa kagum atau puas, "Daebak!" Terjemahan Bahasa Indonesianya bisa berarti hebat, keren, luar biasa. Namun sekarang daebak juga bisa bermakna sarkastik.

Kamu bisa menggabungkan heol dengan daebak, Sobat. Apa arti heol daebak? Heol daebak digunakan untuk mengekspresikan rasa terkejut yang sangat kuat dan kekaguman yang sangat besar atas sesuatu yang luar biasa atau mengagumkan. Jadinya kayak, "Wah, luar biasa!"

 

6. Hwaiting

Apa itu namja chingu
Photo by Thirdman on Pexels

Kamu pasti udah kenal dengan hwaiting yang diserap dari kata fighting dalam Bahasa Inggris. Makna keduanya tidak sama persis, tetapi hwaiting sendiri digunakan sebagai ungkapan untuk memberi semangat dalam Bahasa Korea. "Hwaiting, Sobat Pintar!"

 

7. Chingu

bahasa korea ya ampun
Photo by Levi Guzman on Unsplash

Chingu berarti teman atau sahabat dalam Bahasa Indonesia. Chingu digunakan bila kita dan teman yang dimaksud sebaya atau hampir sama dalam berbagai hal, terutama umur. Chingu adalah salah satu kata yang wajib diingat biar kamu lancar menggunakan bahasa gaul Korea, Sobat.

Nah, kalau teman tapi "dekat," gimana bilangnya? Kamu bisa pakai namja chingu. Apa itu namja chingu? Namja sendiri berarti laki-laki. Jadi, namja chingu digunakan untuk menyebut teman sebaya atau teman dekat yang laki-laki. Kalau teman yang dimaksud itu perempuan, kamu bisa pakai yeoja chingu.

 

8. Naekkeoya


Photo by Mayur Gala on Unsplash

Enggak, kita ga lagi ngomongin single Nekkeoya (Pick Me). Jadi, apa arti naekkeoya? Naekkeoya berarti milikku. Dengan tambahan neo (kamu), neon naekkeoya menjadi berarti kamu milikku.

Nah, sampai sini kamu sudah bisa menggunakan bahasa gaul Korea sehari-hari yang cukup sering muncul di group chat, medsos, maupun forum-forum drama yang kamu ikuti. Namun sekadar tau bahasa chatting Korea saja kan enggak cukup, Sobat!

Mau tau lebih banyak, apa saja bahasa gaul Korea? Gampang, kamu bisa ikutan kursus Bahasa Korea. Dengan belajar Bahasa Korea secara klasikal, kamu punya kesempatan untuk meningkatkan kemampuanmu berbahasa Korea. Bakalan lebih banyak ungkapan sehari-hari yang kamu kuasai! Terus kalau udah gitu, jadi makin eksis dong, di semua forum ataupun komunitas yang kamu ikutin.

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog