redesain-navbar Portlet

Blog

Beasiswa LPDP 2021-2022: Ketahui Syarat dan Tata Cara Pendaftaran

Menyiapkan diri mengikuti proses seleksi beasiswa LPDP.

Beasiswa LPDP, photo by Product School on Unsplash

Beasiswa LPDP merupakan salah satu beasiswa yang paling ditunggu-tunggu bagi kita yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3. Apakah Guru Pintar juga? Atau, masih ingin tahu lebih banyak tentang beasiswa LPDP? Nah, jangan lewatkan pembahasan tentang LPDP beasiswa dari Kementerian Keuangan berikut ini ya, Guru Pintar.

 

Apa itu LPDP?

Photo by ICSA on Pexels

LPDP adalah kependekan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, sebuah organisasi yang mengelola Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), didirikan pada akhir tahun 2011. Lembaga ini berada di bawah pengawasan Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Agama.

Seiring waktu, LPDP lebih umum digunakan untuk merujuk pada beasiswa pascasarjana (S2 dan S3). Masa studi beasiswa S2 LPDP dan beasiswa S3 LPDP masing-masing dua dan empat tahun, baik untuk studi di dalam negeri maupun di luar negeri.

 

Apa Saja Jenis Beasiswa LPDP?

Photo by Jake Ingle on Unsplash

Beasiswa LPDP, telah disebutkan di atas, ditujukan untuk studi S2 dan S3. Oleh karenanya, Guru Pintar dapat memilih LPDP beasiswa yang sesuai.

1. LPDP Beasiswa Reguler S2

Masa studi beasiswa S2 LPDP paling lama dua tahun atau 24 bulan. Peserta beasiswa pascasarjana ini dapat memilih prodi yang serumpun pada tiga universitas yang berbeda di dalam atau luar negeri. Nantinya, penerima beasiswa LPDP harus menyerahkan Letter of Acceptance (LoA) dari universitas tujuan. Selama studi, penerima beasiswa LPDP tidak dapat pindah prodi dan universitas.

2. LPDP Beasiswa Reguler S3

Masa studi beasiswa S3 LPDP paling lama empat tahun atau 48 bulan. Sama seperti peserta beasiswa S2 LPDP, peserta beasiswa S3 LPDP juga dapat memilih prodi yang serumpun pada tiga universitas yang berbeda di dalam atau luar negeri. Ketentuan Letter of Acceptance (LoA) dan perpindahan prodi pada kedua beasiswa pascasarjana ini juga sama.

LPDP beasiswa reguler, baik S2 maupun S3, tidak untuk perkuliahan kelas lain, seperti kelas eksekutif, karyawan, khusus, jarak jauh, ataupun internasional.

 

Apa Saja Syarat LPDP yang Wajib Dipenuhi?

Photo by Ahmad Ossayli on Unsplash

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi calon peserta beasiswa LPDP Reguler. Bagi Guru Pintar, kualifikasi berikut ini penting untuk diperhatikan jika ingin mengikuti LPDP Kemenkeu.

1. Warga Negara Indonesia

2. Telah menyelesaikan pendidikan S1 atau D4 untuk beasiswa S2 LPDP

3. Telah menyelesaikan pendidikan S2, atau S1/D4 disertai dengan LoA Unconditional, untuk beasiswa S3 LPDP

4. Memilih perguruan tinggi di dalam negeri Kedinasan atau terakreditasi BAN-PT

5. Memilih perguruan tinggi di luar negeri yang diakui oleh Kedutaan Besar RI di negara asal

6. Tidak sedang menempuh studi degree atau nondegree pada jenjang beasiswa yang diajukan (S2 atau S3), baik di dalam maupun di luar negeri

7. Melampirkan surat izin mengikuti seleksi dari unit yang membidangi SDM bagi yang sedang bekerja

8. Melampirkan rencana dan menulis proposal studi

9. Melampirkan proposal penelitian bagi peserta beasiswa S3 LPDP

Ketentuan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK):

1. Memiliki IPK minimal 3,00 (skala 4) untuk beasiswa S2 LPDP

2. Memiliki IPK minimal 3,25 (skala 4) untuk beasiswa S3 LPDP

3. Peserta beasiswa S3 LPDP lulusan Master by Research melampirkan ijazah, hasil sidang penelitian, transkrip nilai jika ada, mengisi IPK 3,25 saat mendaftar

4. Peserta lulusan luar negeri, IPK dikonversi melalui https://www.scholaro.com/gpa-calculator/

Calon peserta proses seleksi LPDP wajib memiliki sertifikat resmi kemampuan Bahasa Inggris yang diterbitkan oleh ETS atau IELTS, atau sertifikat TOAFL untuk kemampuan Bahasa Arab, yang masih berlaku saat ini. Ketentuannya:

- Pendaftaran beasiswa S2 dalam negeri: skor minimal TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, IELTS 6,0, TOEIC 630, atau TOAFL 500

- Pendaftaran beasiswa S2 luar negeri: skor minimal TOEFL iBT 80, IELTS 6,5, TOEIC 800, atau TOAFL 550

- Pendaftaran beasiswa S3 dalam negeri: skor minimal TOEFL ITP 530, TOEFL iBT 70, IELTS 6,0, TOEIC 700, atau TOAFL 530

- Pendaftaran beasiswa S3 luar negeri: skor minimal TOEFL iBT 94, IELTS 7,0, TOEIC 850, atau TOAFL 550

Persyaratan bahasa di atas tidak berlaku bagi peserta proses seleksi LPDP yang sebelumnya telah lulus dari negara berbahasa Inggris, Arab, dan Cina/Mandarin, dengan universitas tujuan saat ini berada di negara dengan bahasa resmi yang sama.

Ketentuan di atas juga tidak berlaku bagi peserta proses seleksi LPDP yang telah lulus dari Prancis, Rusia, dan Spanyol – jika universitas tujuan saat ini sama seperti sebelumnya, yaitu salah satu dari ketiga negara tersebut. Alih-alih sertifikat bahasa, lulusan dari Prancis, Rusia, dan Spanyol dapat melampirkan ijazah (berlaku dua tahun sejak diterbitkan).

 

Bagaimana Cara Daftar Beasiswa LPDP?

Photo by fotografierende on Pexels

Pendaftaran beasiswa LPDP 2021/2022 dapat dilakukan secara online melalui https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Untuk diketahui, pendaftaran beasiswa LPDP sempat ditiadakan pada tahun 2020 akibat Covid-19. Sejak itu, LPDP telah menyiapkan pendaftaran beasiswa dengan protokol yang sesuai dengan adaptasi kebiasaan baru.

 

Daftar Beasiswa LPDP Tahun 2021

Photo by Gaelle Marcel on Unsplash

Pendaftaran beasiswa LPDP terbagi ke dalam beberapa gelombang selama satu tahun. Diperkirakan, proses seleksi LPDP membutuhkan waktu lima bulan sejak pendaftaran sampai hasil akhir diumumkan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pendaftaran LPDP 2021/2022, Guru Pintar dapat mengakses laman https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet