APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Begini Cara agar Tidak Grogi saat Berbicara di Depan Banyak Orang

Merasa gugup itu wajar, tetapi harus diatasi.

Photo by Allef Vinicius on Unsplash

Berbicara di depan orang banyak itu enggak gampang. Saat semua mata tertuju kepada satu titik di depan, iya itu kamu, tiba-tiba dengkul gemetar, tangan terasa dingin, dan pita suara seketika mogok kerja! Pernah mengalaminya, Sobat Pintar?

Itu namanya grogi. Grogi adalah rasa canggung, bahkan gugup, saat berhadapan dengan orang banyak. Sebenarnya merasa grogi itu wajar banget. Hampir setiap orang pernah mengalaminya, jadi jangan sampai dibawa overthinking kalau kamu juga begitu, Sobat.

Sekarang yang menjadi "PR" kita adalah menemukan cara agar tidak grogi saat berbicara di depan orang banyak. Mau tau bagaimana caranya menghilangkan rasa gugup itu? Yuk sini, merapat!

 

1. Persiapan yang Matang

cara agar tidak grogi saat berbicara
Photo by Estée Janssens on Unsplash

Memang persiapan yang terbaik sekalipun enggak akan sepenuhnya dapat mengatasi grogi di depan umum. Namun dengan menyibukkan diri melakukan segala persiapan yang diperlukan, sebenarnya kita sedang membangun rasa percaya diri, Sobat. Tau sendiri kan, meningkatkan rasa percaya diri itu enggak bisa dilakukan dalam semalam? Makanya, sejak jauh hari siapkan materi yang akan kamu sampaikan. Semakin baik memahami materi tersebut, rasa percaya dirimu semakin meningkat, maka semakin berkurang juga rasa groginya.

 

2. Berlatih dan Berlatih

berani berbicara didepan banyak orang
Photo by Hulki Okan Tabak on Unsplash

Latihan adalah koentji! Coba berbicara di depan cermin atau bestie-mu. Kalau ada keponakan-keponakan, ajak mereka main peran menjadi audiensmu. Sama seperti siklus di atas, berlatih dapat meningkatkan rasa percaya diri dan, bila dilakukan dengan benar, bikin kamu tidak nervous saat tampil berbicara di depan banyak orang.

 

3. Bernapas Perlahan dan Teratur

cara agar tidak gugup
Photo by Jared Rice on Unsplash

Meski sudah menguasai materi dan tekun berlatih, bisa saja kita masih gugup saat menyadari bahwa semua mata audiens sedang memandang. Nah, cara agar tidak gugup di saat seperti ini adalah bernapas dengan perlahan dan teratur. Fokus dahulu pada napasmu, tarik dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan, bila perlu masing-masing dalam tiga hitungan. Ulangi sampai pikiran dan tubuhmu terasa lebih tenang. Trik ini dapat membantu menghilangkan gemetar saat grogi, baik sebelum maupun selama berbicara di depan orang banyak.

 

4. Fokus pada Pesan yang Ingin Disampaikan

berbicara di depan orang banyak
Photo by Brands&People on Unsplash

Betul, butuh nyali agar kita berani berbicara didepan banyak orang. Namun ada triknya, Sobat! Alih-alih sibuk dengan perasaan grogimu, fokuskan perhatianmu sepenuhnya pada pesan yang ingin disampaikan. Ingat-ingat bahwa pesan itulah yang terpenting. Curahkan energimu untuk menyampaikan pesan tersebut dalam susunan yang rapi agar dapat dipahami oleh audiens dengan mudah. Abaikan keributan di kepalamu yang sibuk menebak penilaian mereka itu, ya!

 

5. Menjadi Diri Sendiri

meningkatkan rasa percaya diri
Photo by Kaylah Matthews on Unsplash

Yang bisa memerankan dirimu, ya cuma kamu sendiri, Sobat! Enggak perlu menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri dan tunjukkan keunikanmu: gaya bicaramu, bahasa tubuhmu, bahkan leluconmu! Yakinlah bahwa orang akan menanggapi ketulusanmu dengan baik. Kamu juga bakal lebih nyaman dengan menjadi diri sendiri, sehingga dapat menghilangkan grogi yang berlebihan.

 

6. Gunakan Setiap Kesempatan yang Ada

cara berbicara di depan umum agar tidak grogi
Photo by MD Duran on Unsplash

Practice makes perfect. Berlatih berbicara di depan orang banyak enggak cuma dilakukan di depan kaca, seperti yang telah disebutkan di atas. Setiap kali kamu berani berbicara didepan banyak orang, setiap kali itu pula kamu berlatih. Semakin sering melakukannya, semakin sedikit pula rasa grogi yang akan kamu rasakan. Makanya, jangan pikir dua kali kalau ada kesempatan berbicara di depan orang banyak, ya!

Enggak perlu tunggu entar, kesempatannya sudah ada di depan mata! Kamu bisa ikutan event-nya Aku Pintar bersama Xtrakulikeren, Usir Grogi Biar Ngomong Makin Pede, yang akan diselenggarakan Sabtu, 4 November 2023 pukul 16.00 – 17.00 WIB.

Melalui event ini, kamu bakal belajar bagaimana memahami audiens dan mengatasi kesalahan saat tampil berbicara di depan orang banyak. Kamu juga bakal belajar mengenali kelebihan dan kemampuanmu, sehingga bisa tampil seutuhnya sebagai dirimu sendiri. Yang pasti, kamu akan mendapatkan tips dan trik cara berbicara di depan umum agar tidak grogi. Nah, kapan lagi ada event yang kamu butuhkan kayak gini? Makanya jangan sampai lepas, segera daftar di sini ya, Sobat Pintar!

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog