APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Belajar Anti Ngantuk? Terapkan 5 Trik Ini

Dengan menerapkan beberap trik sederhana, belajar menjadi lebih menyenangkan.

Belajar Anti Ngantuk Terapkan Trik Ini, image via www.howpsychology.com

Siapa yang paling ogah belajar sendiri, nih? Belajar tanpa teman memang bisa menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi Sobat Pintar yang ekstrovert. Padahal, kita tak mungkin menginap di rumah orang lain setiap malam agar mendapat teman belajar.

Anggaplah kita berhasil mengatasi rasa enggan untuk belajar. So you're there, sitting on your desk and ready to study. But then, for how long can you make it? Tanpa teman, tumpukan buku bisa beralih fungsi menjadi bantal. Jadi, bagaimana mencegah rasa kantuk itu datang saat Sobat harus belajar sendirian?

 

1. Jangan Belajar Sambil Rebahan

Jujur, deh. Seberapa membosankannya buku teks pelajaran? Lebih banyak membosankannya ya, apalagi kalau dibandingkan dengan buku komik favoritmu – atau apapun bacaan hiburan yang lain. Maka, wajar bila harus ada usaha ekstra agar selama menghadapi buku pelajaran itu kita tidak tertidur.

Salah satu trik sederhana yang bisa dicoba adalah dengan duduk tegak di meja belajarmu. Eits, bukan di mejanya ya, Sobat. Ya pasti di kursi, tapi belajar di meja khusus dengan posisi badan yang tegak dapat membuatmu bertahan lebih lama menghadapi buku pelajaran.

Duduk tegak membuatmu capek? Sebenarnya justru dengan duduk tegak, badan kita merasa rileks. Kok bisa? Iya, karena dengan duduk tegak, posisi tulang punggung dalam keadaan netral. Otot-otot di sekitarnya juga menyangga punggung tanpa menjadi tegang. Maka, kita pun mampu bertahan dalam postur alami seperti ini dengan lebih lama.

 

2. Gunakan Lampu yang Terang

Penerangan yang baik juga menentukan daya tahan mata kita. Semakin redup atau remang pencahayaan, semakin mudah mengantuk pula kita dibuatnya. Apalagi kalau Sobat terbiasa tidur dengan keadaan lampu dimatikan, maka pencahayaan yang kurang terang seakan mengirim sinyal bahwa ini waktunya tidur.

Pencahayaan yang kurang baik dapat membuat mata kita bekerja lebih ekstra untuk membaca. It doesn't take too long to tire your eyes in such situation. Dan saat mata kita lelah, sensasi apa yang muncul? Iya, kantuk!

Jadi, gunakan bola lampu yang cukup terang di meja belajar agar Sobat Pintar betah duduk di situ. Lebih baik lagi bila posisi meja belajar berada di dekat jendela sehingga Sobat memperoleh pencahayaan alami saat belajar disiang hari.

 

3. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Ada lho, orang yang seketika bad tempered, atau lebih kita kenal sebagai bete, begitu memasuki sebuah ruangan yang berantakan. Sobat Pintar tipe seperti ini juga atau tidak?

If your answer is yes, cleaning and tidying up are immediate chores to do, then. Pasalnya, bagi orang-orang yang membutuhkan suasana bersih dan rapi, sulit bagi mereka untuk berkonsentrasi melakukan sesuatu – apalagi belajar, dalam keadaan yang berantakan. Bagi mereka, suasana yang menyenangkan berarti bersih dan rapi.

Lantas, suasana yang menyenangkan bagi Sobat itu yang seperti apa? Apakah udara segar di alam terbuka, ruangan yang penuh warna, lokasi dengan sedikit suara bising, atau yang lain? Find your mood booster to study.

 

4. Sesekali Pindah Tempat Belajar

Setelah menemukan suasana yang paling pas buatmu untuk belajar, sekarang kita dapat memperluas pilihan lokasi untuk belajar. Tak hanya di meja belajar, Sobat Pintar dapat belajar di tempat-tempat lain yang membuatmu merasa senang dan nyaman.

Jika udara segar membuatmu lebih mudah berkonsentrasi, halaman belakang dapat menjadi alternatif tempat belajar disiang hari. Jika ruangan dengan warna-warna mencolok membuatmu lebih bersemangat, cobalah kemungkinan untuk mengganti cat tembok kamar.

Bahkan, ruang tengah yang penuh dengan seluruh anggota keluarga pun bisa menjadi alternatif lokasi belajar bila Sobat membutuhkan sedikit suara bising. Or else, the background noise may come from the television in the room. Tapi ingat, trik ini tidak untuk semua orang, ya!

Pasalnya, lebih mudah untuk kemudian mengabaikan bukumu dan bergabung dalam percakapan seru atau menonton acara televisi. Tujuan pindah tempat belajar adalah menghilangkan kejenuhan, bukan untuk memangkas kebiasaan belajarmu ya, Sobat.

 

5. Ciptakan Rutinitas Belajar

Yes, it takes a routine to study. Misalnya, Sobat telah terbiasa belajar 15 menit dipagi hari sebelum mandi dan berangkat ke sekolah. Semakin rutin kebiasaan tersebut dikerjakan, semakin cepat Sobat fokus belajar dalam menit-menit pertama. Maka, tak banyak waktu terbuang diawal hanya untuk menggiring fokusmu.

Ingin mulai merutinkan belajarmu, Sobat? Ayo, belajar bersama AP Live! Meskipun tanpa teman di sisimu, belajar menjadi seru dan menyenangkan karena Sobat dapat berinteraksi dengan Sobat-Sobat Pintar yang lain. Selain itu, jadwal AP Live yang rutin dapat melatihmu untuk menciptakan kebiasaan yang baik. It's a lifelong benefit, isn't it?

580

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
Sangat bermanfaat
00
Arigatou gozaimasu
00
Gomawo kk:)
00
makasih ya kak
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog